Tips Mendidik Anak Hiperaktif yang Benar

Siapa yang bilang jika mendidik anak hiperaktif tersebut susah. Malahan mendidik anak hiperaktif ini jauh lebih mudah lho dibandingkan mendidik anak pendiam. Anak yang hiperaktif ini sangat mudah diketahui apa yang dia mau, sementara itu anak yang pendiam umumnya suka buat bingung Anda untuk tahu dia maunya apa, sebab dia lebih suka diam atau pun malu untuk ungkapkan apa yang dia mau.

Tips Mendidik Anak Hiperaktif yang Benar
Tips Mendidik Anak Hiperaktif yang Benar

Nah, berikut ini kami informasikan beberapa cara atau tip mudahnya mendidik anak hiperaktif yang nantinya bisa membantu anak Anda untuk jadi cerdas dan berkarakter.

Tips mendidik anak hiperaktif

  • Pastikan anak Anda mendapat kegiatan tambahan. Dengan cara satu ini, maka anak memiliki tempat yang dapat dia gunakan untuk lapiaskan hiperaktifnya. Umumnya tempat yang paling pas untuk lakukan hal ini adalah karate, olahraga ola, atau renang. Beberapa kegiatan tambahan iu butuh kerja keras dan juga tantangan yang luar biasa, sehingga Anda dapat menjadikan anak lebih percaya diri lagi dan semakin baik prestasinya.
  • Jangan lupa juga untuk mengajarkan atau mendidik anak Anda untuk bisa duduk diam sewaktu makan. Walaupun anak Anda banyak tingkat, Anda juga harus bisa membuatnya mengerti bahasannya ada saatnya dimana dia tak boleh hiperaktif, yakni pada saat makan. Tak hanya makan, akan tetapi juga pada saat lakukan beberapa hal lainnya yang normalnya butuh ketenangan. Dengan mendidik anak untuk sikap baik seperti ini, maka mereka nantinya juga bisa jadi anak yang tahu sopan santun dan juga tahu kapan harus bersikap hiperaktif serta kapan harus bersikap yang normal atau pun tenang.
  • Jangan segan-segan untuk buat anak Anda jadi gembira di setiap mereka menginginkan. Pastikan anak Anda diberi beberapa fasilitas yang menyenangkan di dalam rumah. Hal yang demikian ini dapat Anda lakukan dengan cara membelikan anak mainan yang bermanfaat yang bisa bantu proses tumbuh kembangnya yang baik. Anda bisa memberi fasilitas internet untuk anak Anda, supaya dia juga bisa bermain sembari belajar. Cara tersebut juga bisa menjadikan anak Anda kenali sisi lain dari dunia teknologi dan juga membuat hiperaktifnya lebih terarahkan ke hal positif.
  • Sebaiknya Anda hati-hati saat memasukkan anak ke sekolah. Pilih sekolah yang akan menentukan perkembangan sifatnya yang lebih baik di kemudian hari. Kesalahan Anda di dalam memilihkan sekolah nantinya akan berakibat fatal dengan rusaknya moral anak Anda sendiri.

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya tentang tips mendidik anak hiperaktif yang benar, yang bisa kami bagikan. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : www.dosenpendidikan.com