Cara Mengatasi Cemas dan Panik di Tempat Kerja

Cara Mengatasi Cemas dan Panik di Tempat Kerja

Rasa khawatir dan panik terlampau lazim untuk dialami semua Rekan Kerja. Apalagi kalau Anda udah bekerja, perasaan takut, grogi atau takut kerap berlangsung di kantor. Rasa itu keluar kebanyakan kala Anda laksanakan pekerjaan yang tidak cocok bersama permohonan atasan atau kala menjadi tidak dapat hadapi masalah. Rasa khawatir terhitung dapat semakin kronis kala kamu membiarkan diri dipengaruhi pada penilaian dan persepsi orang.

Rasa khawatir atau panik yang terlalu berlebih di tempat kerja dapat mengarah kepada stres yang pada akhirnya bakal mengganggu produktifitas Anda. Sayangnya, tetap banyak orang yang belum jelas perlu berbuat apa kala mereka dilanda panik dan khawatir yang kerap datang secara mendadak. Nah, supaya Anda dapat terhindar berasal dari perasaan tersebut, cobalah cara-cara sederhana tersebut ini.

1. Tarik napas yang panjang dan dalam

Menurut psikolog bernama Marla Deibler berasal dari The Center for Emotional Health of Greater Philadelphia, bernapas bersama diafragma bakal secara alami mendukung Anda menjadi lebih rileks. Latihan pernapasan bakal kurangi rasa khawatir yang keluar bersama cepat. Ketika Anda mendadak menjadi khawatir atau panik, tenangkan diri Anda bersama menarik napas panjang dan dalam.

Caranya, tarik napas dalam-dalam sepanjang 4 detik dan rasakan aliran udara menjadi berasal dari perut sampai melewati dada. Kemudian, tahan napas sepanjang 4 detik dan hembuskan perlahan dalam tempo yang sama. Pasti Anda bakal langsung menjadi lebih tenang.

2. Menghirup udara segar

Manfaatkanlah kala istirahat makan siang Anda sebaik mungkin, bersama pergi keluar kantor untuk menghirup udara fresh sejenak. Dengan menghirup udara fresh dan memandang pemandangan lain tidak cuman komputer bakal menyebabkan Anda jauh lebih tenang. Cara ini merupakan tehnik manajemen stres yang patut dicoba dan terhitung dapat mendukung Anda untuk membuka pikiran.

3. Tenangkan diri bersama kata-kata penyemangat

Apa yang kebanyakan Anda laksanakan kala ada teman yang tengah stres? Tentu Anda bakal memberikan kata-kata penyemangat untuk mereka. Nah, cobalah untuk laksanakan hal yang mirip pada diri Anda sendiri. Karena pada dasarnya, khawatir sebatas sebatas perasaan, mirip layaknya sedih atau bahagia. Anda dapat menangkal ketakutan melalui pikiran. Katakan, “Anda bisa”, “Anda udah memiliki pengalaman dalam hal ini”, atau “Tidak ada alasan untuk khawatir sebab aku udah berupaya bersama maksimal”.

4. Tidur yang cukup

Seorang peneliti berasal dari University of California di Berkeley, Andrea Goldstein, menyebutkan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur bakal mengalami peningkatan kegiatan pada amygdala dan insular cortex pada otak. Nah, sebab itu rasa khawatir pun dapat keluar tanpa sebab eksternal tertentu. Saat tubuh dalam suasana tidak cukup tidur, barangkali Anda untuk menjadi khawatir dan panik kala mendapat banyak tugas jadi lebih besar. Akibatnya, Anda bakal susah sesuaikan ritme kerja dan pekerjaan jadi terbengkalai.

Gangguan tidur dapat diatasi bersama langkah yang sederhana kok layaknya mendengarkan musik, minum susu hangat, yoga, pijat relaksasi, atau mandi air panas.

5. Hubungi teman terdekat atau keluarga

Tekanan berasal dari atasan, pekerjaan yang tidak pernah habis atau kolega yang tidak cukup baik bakal menyebabkan munculnya rasa khawatir terlalu berlebih pada diri Anda. Di kala inilah Anda membutuhkan bantuan orang lain yang dapat mendukung Anda menenangkan diri. Mulailah untuk berkata bersama teman atau keluarga yang dapat mendengarkan dan jelas Anda. Keluarga dan sobat terdekat pasti dapat memberikan wejangan terbaik untuk Anda. Selain itu, terlampau mutlak berada di sekeliling orang yang dapat memberikan energi positif sekaligus menginspirasi Anda.

6. Jangan minum kopi berlebihan

Rasa khawatir yang terlalu berlebih kerap kali identik bersama kafein. Pada umumnya, orang yang mengonsumsi lebih berasal dari 300 mg kafein perhari bakal mengalami persoalan ketakutan yang tinggi, lho. Gejala yang ditimbulkan layaknya sesak nafas, jantung berdegup kencang, gemetar, pusing, sampai mual. Walaupun tidak gampang membiarkan ketergantungan pada kafein, Anda disarankan untuk kurangi kuantitas asupan kopi secara perlahan dan tidak langsung berhenti. Langsung berhenti mengonsumsi kafein justru bakal menyebabkan rasa khawatir semakin parah.

7. Mengubah atmosfer tempat kerja

Mengubah suasana atau suasana di sekitar Anda dapat menahan munculnya rasa khawatir dan panik. Anda dapat coba meminum segelas air dingin, berkata bersama teman kerja, melontarkan sedikit lelucon, atau menyanyikan lagu favorit untuk mengusir rasa khawatir dan panik. Hindari overthinking yang menyebabkan Anda semakin khawatir dan buatlah suasana di sekitar Anda lebih rileks dan menyenangkan.

Rasa khawatir dan panik adalah keliru satu berasal dari sekian banyak type perasaan yang wajar dialami manusia. Jika rasa puas saja dapat kita usahakan sendiri, maka rasa khawatir terhitung dapat kita atasi. Cobalah sebagian tips sederhana di atas untuk mengatasi rasa khawatir yang datang.

Selengkapnya : biologi.co.id