Anatomi Daun Adalah

Anatomi Daun Adalah

Anatomi Daun Adalah

Anatomi Daun Adalah
Anatomi Daun Adalah

Anatomi merupakan

salah satu ilmu cabang dari biologi yang mempelajari tentang struktur dalam suatu makhluk hidup. Dalam hal ini ialah anatomi tumbuhan. Ilmuanatomi tumbuhan ini sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana struktur penyusun tubuh tumbuhan yang sering kita jumpai di lingkungan hidup kita.

Namun dalam makalah ini penulis ingin menjelaskan gambaran umum tentang anatomi salah satu organ terpenting pada tumbuhan yaitu daun. Daun merupakan salah satu organ pada tumbuhan yang mengandung klorofil yang berfungsi dalam proses fotosintesis sehingga menghasilkan oksigen yang kita hirup untuk beraktivitas dan senyawa karbohidrat. Secara umum anatomi daun terbagi menjadi 3 jaringan yang akan dijelaskan secara terperinci dalam makalah ini. Struktur anatomi pada tumbuhan sangat berkaitan dengan bentuk morfologi tumbuhan itu dan juga fisiologinya. Sehingga dapat diketahui bahwa antara anatomi, fisiologi, dan morfologi tumbuhan itu saling berkaitan.

Makalah ini dapat menjadi pegangan ataupun referensi untuk memahami struktur dan anatomi tumbuhan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. Akhir kata Tiada Gading yang tak retak; tiada sesuatu yang sempurn adi dunia ini. Karena itu demi perbaikan makalah ini, penulis sangat terbuka terhadap segala masukan yang membangun dari para pembaca.
Semoga Bermanfaat

Anatomi Tumbuhan

(DAUN)

Baik dari segi morfologi maupun anatomi, daun merupakan organ pada tumbuhan yang memiliki keberagaman. Sangat sukar untuk membedakan dengan jelas baik secara teoritis maupun secara praktis antara jaringan daun dan batang. Struktur jaringan pengangkut dalam tangkai dan ibu tulang daun biasanya sama dengan pada batang. Namun, ciri terpenting pada daun adalah bahwa pertumbuhan apikalnya cepat terhenti. Pada Spermatophyta, aktivitas meristem apeks daun segera terhenti, sementara bentuk dan ukuran daun ditentukan oleh pertumbuhan

Interkalar dan marginal

Terdapat bebrapa istilah-istilah menyangkut daun. Seluruh daun pada sebuah tumbuhan disebut dengan Phyllom. Namun dikenal juga dengan beberapa istilah seperti daun hijau, katafil, hipsofil,kotiledon, profil,dll. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut;

1) Daun hijau
Daun hijau (foliage leaves) berfungsi khusus untuk fotosintesis dan biasanya berbentukpipih mendatar sehingga mudah memperoleh sinar matahari dan gas Co2.
2) Katafil
Katafil adalah sisik yang tampak pada kuncup dan batang di bawah tanah, yang fungsinya sebagai pelindung atau penyimpan bahan cadangan makanan.
3) Hipsofil
Hipsofil merupakan berbagai tipe braktea yang mengiringi bunga dan berfungsi sebagai pelindung.
4) Kotiledon
Kotiledon adalah daun pertama dari tumbuhan.
5) Profil (Prophyl)

Daun pertama pada cabang lateral.

Berikut merupakan anatomi secara umum pada daun:
Secara histologi, daun tersusun dari tiga tipe jaringan, yaitu epidermis, mesofil, dan jaringan pembuluh.

Epidermis

Epidermis daun dari tumbuhan yang berbeda beragam dalam hal jumlah lapisan, bentuk, struktur, susunan stomata, penampilan, dan susunan trikoma, serta adanya sel khusus. Struktur dalamnya biasanya berbentuk pipih. Daun memiliki dua jenis jaringan epidermis yaitu permukaan atas daun disebut permukaan adaksial dan permukaan bawah disebut permukaan abaksial.

Pada lapisan ini tidak ada ruang antar sel. Di antara sel epidermis terdapat sel penjaga yang membentuk stomata. Struktur stomata yang dapat membuka dan menutup ini berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran gas dan air. Sifat terpenting pada jaringan daun ini adalah susunan selnya yang kompak dan adanya kutikula serta stomata.
Berikut merupakan contoh jaringan epidermis selapis;

Mesofil (Jaringan Dasar)

Mesofil terdiri atas jaringan parenkim yang terdapat di sebelah dalam epidermis. Mesofil mengalami diferensiasi membentuk jaringan fotosintetik yang berisi kloroplas. Pada kebanyakan tumbuhan terdapat dua jenis parenkim dalam mesofil, yaitu parenkim palisade dan parenkim spons.

Sumber : https://dosen.co.id/