Maknai Hari Pahlawan dengan Semangat Kreativitas, Inovasi, dan Optimisme

Maknai Hari Pahlawan dengan Semangat Kreativitas, Inovasi, dan Optimisme

Maknai Hari Pahlawan dengan Semangat Kreativitas, Inovasi, dan Optimisme

 

Maknai Hari Pahlawan dengan Semangat Kreativitas, Inovasi, dan Optimisme

 

Tugas generasi muda saat ini adalah memajukan bangsa

Hal itu disampaikan Presiden RI, Joko Widodo dalam peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2018, di Bandung. Semangat untuk memajukan bangsa, ujar Presiden, bisa dilakukan dengan beragam cara. Seperti dikutip dari Harian Kompas, Presiden mencontohkan semangat itu dengan memupuk kreativitas, berinovasi, dan menanamkan optimisme.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Jakarta mengatakan, kepahlawanan saat ini berbeda dengan bentuk kepahlawanan pada masa lalu. Kepahlawanan pada masa lalu adalah perjuangan membebaskan bangsa Indonesia dari cengkraman penjajah. Sementara kepahlawanan pada saat ini adalah berjuang memajukan bangsa.

Terkait hal itu

Wapres mengajak semua elemen bangsa bersama-sama berjuang mewujudkan bangsa Indonesia yang maju, adil, dan makmur. Wapres juga meminta akademisi dapat meningkatkan martabat bangsa lewat pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat

Ahmad Hadadi mengatakan dengan peringatan Hari Pahlawan pada setiap 10 November, maka masyarakat akan diingatkan dengan jasa para pahlawan. Sehingga, nilai-nilai kebaikan dari para pahlawan akan senantiasa tumbuh di dalam hati rakyat Indonesia.

“Tentu yang paling penting adalah semangat kepahlawanan ini harus ada di dalam dada pada warga negara,” ujar Hadadi saat ditemui seusai apel pagi di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Dr. Radjiman, Kota Bandung, Senin, 12 November 2018.

Selain itu Hadadi mengatakan

pentingnya mengingatat jasa para pahlawan yang telah berjuang sepenuh hati. Mereka rela berjuang jiwa dan raga, sehingga hal tersebut harus menjadi penyemangat bangsa Indonesia untuk lebih mencintai tanah air.

“Para pahlawan telah berkorban segalanya demi masa-masa depan bangsa. Sekarang kembali pada kita, bagaimana menjadikan bangsa ini harus lebih jaya dan kita selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan,” ujar Hadadi.

 

Sumber : https://pengajar.co.id/