Mengenal Tentang Amphineura

Mengenal Tentang Amphineura

Mengenal Tentang Amphineura

Mengenal Tentang Amphineura
Mengenal Tentang Amphineura

Amphineura

adalah kelompok hewan yang masuk dalam fillum Mollusca. Hewan kelas Amphineura ini hidup di dasar perairan lautan, di laut dekat pantai atau di pantai. Hewan ini jarang terlihat karena hewan jenis Mollusca ini masih termasuk hewan primitif, yang diperkirakan telah ada 450 juta tahun yang lalu.

Contohnya Cryptochiton sp atau Chilton dan Neopilina.

Bentuk tubuhnya pipih, tidak terlihat bagian kepala, memiliki punggung yang dilindungi cangkang, yang tersusun seperti genting.

Chilton

mirip siput tak bercangkang yang hidup di daerah pantai. Cangkangnya terdiri dari bebarapa lapisan (biasanya delapan lempengan yang tersusun secara tumpang tindih). Meskipun kelihatannya beruas-ruas tetapi organ dalamnya tidak.

Neopilina

disebut fosil hidup, karena sebelum ditemukan lagi pada tahun 1957, hewan ini dianggap sudah punah, sejak jutaan tahun yang lalu. Moluska ini sangat menarik perhatian karena di samping memiliki sifat-sifat mollusca, bagian dalamnya beruas-ruas. Karena susunan yang beruas-ruas seperti Annelida maka Neopilina dianggap mempunyai kerabat yang dekat dengan mollusca.

Hewan ini juga mempunyai fase larva trokoper.Tubuhnya bilateral simetri, dengan kaki di bagian perut (ventral) memanjang. Ruang mantel dengan permukaan dorsal, tertutup oleh 8 lapisan berkapur, sedangkan permukaan lateral mengandung banyak insang.

Hewan ini bersifat hermafrodit (berkelamin dua), dan fertilisasi terjadi secara eksternal (pertemuan sel teur dan sperma terjadi di luar tubuh).

 

(Sumber: https://pengajar.co.id/)