PENGERTIAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI

PENGERTIAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI

 PENGERTIAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI

 PENGERTIAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI
PENGERTIAN GEOPOLITIK DAN GEOSTRATEGI

Geopolitik berasal dari dua kata yaitu,”geo” dan “ politik”. ”geo” artinya

Bumi/Planet bumi Menurut Preston E.james,geografi mensoalkan tentang tata ruang,yaitu sistem dalam hal menempati suatu ruang di permukaan bumi.sedangkan politik yaitu,berhubungan dengan kekuasaan dan pemerintahan.

Pengertian geopolitik dapat  disederhanakan Sebagai Berikut :

Geopolitik adalah suatu studi yang mengkaji masalah-masalah geografi, sejarah dan ilmu sosial, dengan merujuk kepada politik internasional. Geopolitik mengkaji makna strategis dan politis suatu wilayah geografi, yang mencakup lokasi, luas serta sumber daya alam wilayah tersebut, Geopolitik juga mempunyai 4 unsur yang pembangun, yaitu keadaan geografis, politik dan strategi, hubungan timbal balik antara geografi dan politik, serta unsur kebijaksanaan.
Geopolitik, dibutuhkan oleh setiap negara di dunia, untuk memperkuat posisinya terhadap negara lain, untuk memperoleh kedudukan yang penting di antara masyarakat bangsa-bangsa, atau secara lebih tegas lagi untuk menempatkan diri pada posisi yang sejajar di antara negara-negara raksasa.

 

Hal ini berkaitan langsung dengan peranan-peranan geopolitik

Adapun peranan-peranan tersebut adalah:

1.Berusaha menghubungkan kekuasaan negara dengan potensi alam yang tersedia;
2.Menghubungkan kebijaksanaan suatu pemerintahan dengan situasi dan kondisi alam;
3.Menentukan bentuk dan corak politik luar dan dalam negeri;
4.Menggariskan pokok-pokok haluan negara, misalnya pembangunan.

Ada banyak teori dalam bidang geopolitik. Teori yang paling berpengaruh adalah teori Lebensraum, yang melahirkan teori Autarkis. Penggabungan dari kedua teori tersebut menghasilkan teori Pan Regionalisme. Teori ini berpandangan bahwa negara merupakan suatu organisme, yang memiliki kecerdasan intelektual serta memerlukan ruang hidup.

Ada beberapa jenis kondisi geografis bangsa Indonesia. Yaitu kondisi fisis, serta kondisi Indonesia ditinjau dari lokasinya.
1. Kondisi fisis Indonesia,
a. Letak geografis;
b. Posisi Silang;
c. Iklim;
d. Sumber-Sumber Alam;
e. Faktor-Faktor Sosial Politik.
2. Lokasi Fisikal Indonesia. Keberadaan pada lokasi ini adalah faktor utama yang mempengaruhi politik di Indonesia. Indonesia berada pada dua benua, yaitu Asia dan Australia. Indonesia pun berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Hindia.

 

Konsep Geostrategi Indonesia

Geostrategi adalah suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi geografi negara dalam menentukan kebijakan, tujuan, dan sarana sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. (pemanfaatan kondisi lingkungan dalam mewujudkan tujuan politik).  Selain itu, Geostrategi juga untuk mewujudkan, mempertahankan integrasi bangsa dalam masyarakat majemuk dan heterogin.

Geostrategi Indonesia dirumuskan dalam wujud Ketahanan Nasional dan geostrategi Indonesia tiada lain adalah ketahan nasional.


Ketahanan Nasional

1 Konsep Ketahanan Nasional

Ketahanan nasional pertama kali diperkenalkan oleh Bung Karno pada tahun 1960-1n. Ketahanan Nasional merupakan kondisi dinamik suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional.

 2 Hakikat Ketahanan Nasional

Kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan Negara. Ketahanan Nasional tergantung pada kemampuan bagus dan seluruh warga Negara dalam membina dan mengembangkan aspek alamiah serta aspek social.Ketahanan nasional berinteraksi positif dengan segenap unsur kehidupan nasional.

 

Konsep Dasar Ketahanan Nasional

Terdapat 4 konsep dasar ketahanan  nasional yaitu,
    a). Model Astagatra

Model Astagatra merupakan perangkat hubungan bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung diatas bumi degan memanfaatkan segala kekayaan alam. Terdiri 8 aspek kehidupan nasional :
1).tiga aspek (tri gatra) kehidupan alamiah,yaitu ;
a. Gatra letak dan kedudukan geografi
b. gatra keadaan dan kekayaan alam
c. Gatra keadaan dan kemampuan penduduk
2).lima aspek (panca gatra) kehidupan sosial,yaitu ;
a.Gatra ideology
b.Gatra politik
c.Gatra ekonomi
d.Gatra social budaya
e.Gatra pertahanan dan keamanan

Terdapat hubungan korelatif dan interdependency diantara ke-8 gatra secara komprehensif dan integral.

  b). Model Morgenthau
   Model Morgenthau bersifat deskriptif kualitatif diturunkan secara analitis atas tata kehidupan nasional secara makro sehingga ketahanan masyarakat bangsa terwujud sebagai kekuatan.

  c). Model AT Mahan
   Model AT Mahan merupakan kekuatan nasional yang meliputi :
a. Letak geografi
b. Bentuk dan wujud bumi
c. Luas wilayah
d. jumlah penduduk
e. watak nasional dan bangsa
f. sifat pemerintahan

Hubungan geopolitik dan geostrategi

Sebagai satu kesatuan Negara kepulauan,secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.Selain itu hubungan geopolitik dan geostrategi terdapat dalam astra gatra.

Baca Juga