Penerapan Telematika Pada Pendidikan

Penerapan Telematika Pada Pendidikan

Penerapan Telematika Pada Pendidikan

Penerapan Telematika Pada Pendidikan
Penerapan Telematika Pada Pendidikan

E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning

merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai system pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Menurut Jaya Kumar C.Koran (2002)

e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.

E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal.

 

E-learning merupakan contoh

 

dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik. Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya website bernuansa pendidikan yang dibangun sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun yang ingin belajar tanpa dibatasi oleh umur dan gender.

 

Adapun keuntungan dari e-learning

  1. Kita tak perlu lagi bertatap muka dengan dosen atau pengajar yg bersangkutan, kita hanya cukup mengakases dengan internet.
  2. Hemat biaya dan waktu
  3. Tidak terbatas ruang dan waktu
  4. Standarisasi materi
  5. Otomatisasi administrasi

Sumber : http://orej.net/tips-cepat-belajar-bahasa-indonesia/