Masih Banyak Bangku Kosong, Belum Semua Calon Siswa Baru Daftar Ulang

Masih Banyak Bangku Kosong, Belum Semua Calon Siswa Baru Daftar Ulang

Masih Banyak Bangku Kosong, Belum Semua Calon Siswa Baru Daftar Ulang

Masih Banyak Bangku Kosong, Belum Semua Calon Siswa Baru Daftar Ulang
Masih Banyak Bangku Kosong, Belum Semua Calon Siswa Baru Daftar Ulang

Pelaksanaan daftar ulang penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahap 2 sejatinya

berakhir Rabu (21/6). Namun, ternyata banyak calon siswa baru yang belum melakukan daftar ulang. Di beberapa SMPN, cukup banyak bangku yang masih kosong. Karena itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo memperpanjang jadwal daftar ulang tahap 2 hingga hari ini.

Di SMPN 1 Sedati, misalnya. Hingga pukul 13.30 pada Rabu itu, ada 41 siswa yang belum daftar ulang. ”Ada 54 siswa yang diterima tahap 2 ini. Tapi, ada yang belum daftar ulang. Kami sudah tunggu lama,” ujar Kepala SMPN 1 Sedati Retno Untari.

Lantaran daftar ulang diperpanjang sampai hari ini, pihak sekolah tetap melayani jika ada yang daftar ulang sesuai instruksi dikbud. ”Semoga segera beres semua. Apalagi, ini sudah mau Lebaran,” imbuhnya.

Sekretaris Dikbud Sidoarjo Tirto Adi menyatakan, pihaknya terus menunggu laporan dari seluruh SMPN

. Hasil sementara, ada beberapa calon murid baru di sejumlah sekolah yang belum melakukan daftar ulang tahap 2. ”Belum 100 persen tuntas. Belum semua sekolah melapor ke dikbud,” katanya.

Menurut dia, dikbud menambah satu hari pelaksanaan daftar ulang tahap 2. Kebijakan itu dibuat lantaran ada keterlambatan pengumuman PPDB tahap 2 pada Senin (19/6). Sekolah yang memiliki calon murid baru yang belum melakukan daftar ulang diberi kesempatan hingga hari ini. Dia kembali meminta sekolah wajib aktif menghubungi calon murid bersangkutan. Pelaksanaan daftar ulang tahap 2 dibuka hingga pukul 13.30.

Sementara itu, sekolah yang tuntas daftar ulang tahap 2 segera diproses dikbud

untuk pembuatan surat keputusan (SK) tentang nama-nama murid yang resmi diterima. Tirto menjelaskan, pengumuman PPDB tahap 2 harus molor lantaran murni ada trouble dari pihak Telkom. Meski begitu, dikbud tetap berusaha agar proses PPDB tetap berlangsung baik. ”Alasannya, ya seperti yang saya sampaikan. Karena itu, kami beri tambahan waktu,” lanjutnya.

Hasil pengumuman PPDB tahap 2 kini dapat dilihat langsung di website https://sidoarjo.siap-ppdb.com/. Namun, berbeda dengan pengumuman PPDB tahap 1, pengumuman tahap 2 langsung berbentuk PDF. Beberapa pihak khawatir proses seleksi pengisian bangkus kosong itu dilakukan melalui offline, bukan online. Para pendaftar PPDB online tahap 1 pun tidak bisa melihat ranking nilai akhir (NA) masing-masing.

Namun, Tirto menegaskan, tidak ada rekayasa dalam seleksi pengisian bangku kosong untuk pengumuman PPDB tahap 2. Menurut dia, setiap siswa tetap bisa melihat rangking NA saat pendaftaran dengan menggunakan PIN masing-masing. ”Kami tetap transparan,” ucapnya.

 

Sumber :

How Some Informational Websites Helping People Garner Information at One Place?