Peran Anak Pekerja Selaku Anggota Masyarakat

Peran Anak Pekerja Selaku Anggota Masyarakat

Peran Anak Pekerja Selaku Anggota Masyarakat 

Peran Anak Pekerja Selaku Anggota Masyarakat
Peran Anak Pekerja Selaku Anggota Masyarakat

 

Dalam kehidupan anak pekerja mempunyai beberapa peranan, yang salah satunya yaitu peran yang dimainkan sebagai anggota masyarakat. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa peranan anak pekerja sebagai anggota masyarakat.
  1. Anak pekerja sebagai seorang agen intelektual
  2. Peranan Anak pekerja di bidang politik
  3. Peranan Anak pekerja di bidang keterampilan
  4. Peranan Anak pekerja di bidang militer
  5. Peran Anak pekerja dalam hukum
  6. Peranan Anak pekerja di bidang ekonomi[15]

a. Peranan Anak pekerja sebagai seorang agen intelektual

Agar dapat memainkan peranannya yang benar sebagai anggota masyarakat yang berguna dan produktif, pertama Peranan Anak harus memperoleh suatu pendidikan. Di dalam Islam mencari pengetahuan merupakan suatu kewajiban, baik bagi kaum laki-laki maupun kaum anak pekerja . Pada kenyataannya, sepanjang sejarah Islam banyak orang selaku individu atau kelompok yang menjadi terkenal karena Ilmu pengetahuannya.

b. Peranan Anak pekerja di bidang keterampilan

Setiap pribadi anak pekerja harus melatih kemampuannya khususnya yang diberikan Tuhan kepadanya, sehingga akan melahirkan suatu keterampilan tertentu yang nantinya akan mendatangkan uang. Yang mana dengan uang tersebut dapat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

c. Peranan anak pekerja di bidang politik

Masyarakat Islam memberikan kebebasan nilai yang besar untuk belajar dan menganjurkan anggotanya untuk dapat aktif berpartisipasi dalam kehidupan politik. Merupakan suatu catatan bahwa pada masa awal pertumbuhan sebuah bangsa, anak bangsa selaku pekerja secara keseluruhan mempunyai pengaruh besar atas persoalan-persoalan politik dalam masyarakatnya.
d. Peran anak pekerja dalam hukum
Dalam bidang hukum, anak pekerja juga bertanggung jawab menjalankan semua peraturan-peraturan yang sudah menjadi ketetapan hukum. Jadi apabila anak pekerja melanggar peraturan hukum yang telah ditetapkan, maka juga harus ditindak sesuai hukum seperti juga kaum laki-laki dewasa selaku pekerja profesional.
f. Peranan anak pekerja di bidang ekonomi
Dalam masyarakat Islam anak pekerja sama-sama menikmati kebebasan penuh dalam kegiatan ekonomi. Anak pekerja tersebut memiliki hak untuk mendapatkan hak milik melalui berbagai cara yang sah.