Dua BTS Combat Dukung Kesiapan Asian Games 2018

Dua BTS Combat Dukung Kesiapan Asian Games 2018

Dua BTS Combat Dukung Kesiapan Asian Games 2018
Dua BTS Combat Dukung Kesiapan Asian Games 2018

BANDUNG- Telkomsel menyiapkan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT)

guna mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta.

General Manager Network Engineering and Project Jabotabek Jabar Telkomsel Nugroho Adi Wibowo mengatakan pihaknya juga telah mengoperasikan fasilitas terbaru BTS Lampsite di lebih dari 120 titik untuk memastikan kualitas jaringan prima tetap terjaga untuk cakupan indoor di setiap venue pertandingan, khususnya di Stadion Utama GBK, Stadion Istora Senayan, serta Lapangan Tenis Indoor Senayan.

“Upaya mengamankan jaringan untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018

di Jakarta kini hampir selesai dan diharapkan akan beroperasi secara menyeluruh bersamaan dengan rampungnya renovasi seluruh venue pertandingan, khususnya di kawasan GBK,” kata Nugroho kepada wartawan di Bandung, Senin (12/2/2018).

Nugroho menjelaskan, dalam upaya pengamanan kualitas dan kapasitas jaringan Telkomsel di kawasan GBK, Telkomsel sudah mengoperasikan fasilitas jaringan BTS berteknologi 3G dengan frekuensi FDD 1,8 MHz serta jaringan 4G LTE terdepan dengan frekuensi TDD 2,3 MHz yang juga telah dilengkapi teknologi Massive MIMO (Massive Multiple Input Multiple Output) yang akan menjadi solusi pengamanan akses broadband berkecepatan tinggi dengan tingkat traffick yang tinggi di saat yang bersamaan.

Pengamanan kualitas jaringan juga telah dilakukan Telkomsel untuk sejumlah BTS Macro

yang memang telah beroperasi sebelum proses renovasi kawasan komplek olahraga GBK.

“Peningkatan kapasitas layanan serta perluasan cakupan jangkauan telah dimaksimalkan untuk menjaga kepastian akses seluler yang prima, terutama dalam pemanfaatan layanan berbasis broadband,” jelas Nugroho.

Telkomsel sebagai official mobile partner perhelatan olah raga terbesar tingkat Asia tersebut memastikan pengamanan kualitas dan kapasitas layanan seluler di seluruh venue pertandingan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Telkomsel juga memanfaatkan momen ini untuk menguji kehandalan sejumlah teknologi jaringan terdepan yang secara khusus telah disiapkan guna menghadirkan kenyamanan komunikasi serta memastikan pengalaman koneksi jaringan broadband para pengunjung Asian Games nantinya tetap terjaga.

“Kami berharap pada saat berlangsungnya Asian Games 2018 di bulan Agustus, atlet dan pengunjung dapat menikmati akses broadband berkecepatan tinggi untuk mengabadikan momen keseruan gelaran tingkat Asia itu,” pungkasnya.

 

Baca Juga :

 

 

MPR: Penyerangan Ulama Dilakukan Sistematis

MPR Penyerangan Ulama Dilakukan Sistematis

MPR: Penyerangan Ulama Dilakukan Sistematis

MPR Penyerangan Ulama Dilakukan Sistematis
MPR Penyerangan Ulama Dilakukan Sistematis

BANDUNG,-Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan

menduga serangan terhadap beberapa tokoh agama dilakukan secara sistematis. Pasalnya, ia melihat pola gerakan serangan itu ada skenario yang dilakukan.

Hal itu dikatakan Zulhas sapaan akrabnya disela Roadshow Seminar Motivasi yang bertajuk “Spirit of Indonesia” di Gedung Achmad Sanusi (BPU UPI), Bandung, Selasa (13/2/2018)

Zulhas mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap upaya

adu domba antar umat beragama yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sepertinya dilakukan secara sistematis. Harus diwaspadai adalah upaya adu domba antar umat beragama,” ungkap Zulhas Selain itu, menyikap insiden yang terjadi, Zulhas juga menduga ada motif tertentu di balik kasus penyerangan terhadap pemuka agama.

Maka dari itu, ia mengimbau polisi bukan sekedar mengungkap pelakuny

a. Tapi mengungkap juga motif di balik penyerangan itu. “Serahkan sepenuhnya kepada polisi. Saya yakin polisi sangat profesional,”pungkasnya

 

Sumber :

http://softwarelivre.org/ojelhtc88/blog/examples-of-power-of-attorney-various-right-purposes

 

Libur Imlek Pengelola Bonbin Bandung Gelar Barongsai

Libur Imlek Pengelola Bonbin Bandung Gelar Barongsai

Libur Imlek Pengelola Bonbin Bandung Gelar Barongsai

Libur Imlek Pengelola Bonbin Bandung Gelar Barongsai
Libur Imlek Pengelola Bonbin Bandung Gelar Barongsai

BANDUNG- Hari Raya Imlek yang jatuh pada Jumat (15/02) lusa masuk

dalam kalender sebagai libur nasional dan menjadi momen pas untuk mewujudkan indahnya kebersamaan dalam kebhinekaan yang di isi dengan kegiatan positif dalam kehidupan berbangsa dan berbudaya atas dasar Pancasila.

Atas dasar itulah Pengelola Kebun Binatang Bandung, akan menggelar berbagai kegiatan yang diharapkan  menjadi ajang pembelajaran bagi generasi muda dan anak-anak sebagai penerus bangsa dengan tema ‘Berbeda Tapi Satu Indonesia”.

Manager Komunikasi Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi’i

mengatakan, pihaknya akan membuat berbagai kegiatan  melalui
Apresiasi Budaya Kolaborasi berbagai kebudayaan yang  ada di Indonesia, diantara pertunjukan atraksi Barongsai,  pahelaran budaya tradisional  hingga parade satwa.

“Kegiatan akan kita laksanakan, pada tanggal 17 dan 24 Februari 2018, waktu kegiatan pukul 10.00 WIB,” ucap Sulhan, kepada www.jabarprov.go.id, di Kebun Binatang Bandung, Rabu (14/02).

Sulhan berharap, kegiatan yang didukung oleh sejumlah lembaga

ini mampu menjadi momentum bagi masyarakat khususnya anak-anak khususnya pengunjung dalam memahami berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia.

“Kita juga memperkenalkan kepada pengunjung khususnya anak-anak tentang kebudayaan yang ada di Indonesia yang sangat beragam,” katanya

 

 

Sumber :

http://softwarelivre.org/ojelhtc88/blog/periodic-table-of-chemical-elements

Muspida dan Bobats Ditantang Lomba Masak

Muspida dan Bobats Ditantang Lomba Masak

Muspida dan Bobats Ditantang Lomba Masak

 

Muspida dan Bobats Ditantang Lomba Masak

Hari Ulang Tahun

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-72 yang juga masih rangkaian Festival Merah Putih, Kodim 0606 Kota Bogor menggelar lomba masak antar Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) dan Bogor Sahabats di halaman Makodim, jalan Jendral Sudirman, Kota Bogor, Minggu (20/08/2017) pagi.

Dandim 0606 Kota Bogor

Masing-masing peserta yang hadir diantaranya Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm. Doddy Suhadiman, Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kapolsek Bogor Tengah Kompol Syaifuddin Gayo, dan dari Bogor Sahabats (Bobats) Hazairin Sitepu yang ditantang memasak (Battle Challange) dengan bahan-bahan masakan yang dirahasiakan.

Dibukanya penutup meja yang berisi bahan-bahan masakan oleh Cheff Hendro dari Komunitas Tukang Masak Bogor (KTMB) sebagai tanda dimulainya lomba masak dengan waktu selama 30 menit.

Dipandu Cheff Hendro para peserta dengan pakaian koki pada umumnya langsung mengambil bahan-bahan masakan, baik bumbu mentah ataupun bumbu yang sudah matang. “Nantinya hasil masakan peserta akan dinilai mulai dari kreativitas, tekstur, rasa dan presentasi menu yang disajikan,” kata Hendro.

Kompor gas yang sudah disiapkan pun dinyalakan dan wajan pun diletakkan diatasnya. Mereka meracik sendiri bumbu-bumbu yang sudah diambil dan disiapkan. Rupanya seluruh peserta memasak menu Nasi Goreng.

Car Free Day

Warga yang berada di area Car Free Day (CFD) pun terlihat mendatangi lokasi lomba yang mayoritas ibu-ibu karena ingin melihat aksi memasakan para peserta.

30 menit pun berlalu dan panitia menghentikan lomba, setelah dicicipi dan dinilai oleh tim juri akhirnya lomba masak nasi goreng ini dimenangkan Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm. Doddy Suhadiman.

Festival Merah Putih

Doddy mengatakan lomba masak ini merupakan  salah satu rangkaian Festival Merah Putih. Selain itu, ada juga lomba kuliner membuat lapis talas khas kota Bogor terpanjang 17 meter dan lomba menghias tumpeng dengan tema kemerdekaan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini,” katanya.

Lomba kuliner

Menurutnya, lomba kuliner membuat lapis talas terpanjang 17 meter ini baru pertama kali di Kota Bogor dengan tujuan mengenalkan kuliner asli Kota Bogor kepada masyarakat. “Kami berharap melalui acara ini kuliner kota Bogor semakin dikenal dan digemari masyarakat,” jelasnya.

 

Artikel terkait :

Semakin Banyak Komunitas Peduli Masalah Sosial

Semakin Banyak Komunitas Peduli Masalah Sosial

Semakin Banyak Komunitas Peduli Masalah Sosial

Semakin Banyak Komunitas Peduli Masalah Sosial

Komunitas Bogor Peduli

Sebanyak 18 anak dari keluarga tidak mampu mengikuti sunatan massal yang digelar Komunitas Bogor Peduli. Kegiatan berlangsung di Sekretariat KBP jalan Gunung Gede I, Kelurahan Babakan, KecamatanBogor Tengah dan dihadiri Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Minggu (20/08/2017).

Usmar mengatakan

kegiatan sosial sosial yang digelar KPB ini sangat bagus. Mereka memiliki kepekaan terhadap masalah sosial dan lingkungan untuk membantu warga yang tidak mampu. “Dengan kegiatan ini masyarakat yang tidak mampu menjadi terbantu,” kata Usmar.

Selain sunatan masal, mereka juga akan mengadakan kegiatan peduli terhadap lansia.  Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pekan depan. “Kami berharap kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan bisa berjalan lancar,” ungkap Usmar.

Ia menambahkan

Kota Bogor ini unik karena memiliki banyak komunitas-komunitas yang tumbuh dan berkembang dengan pesat, tinggal bagaimana pemerintah daerah mewadahi, mengarahkan agar mereka bisa berkontribusi terhadap program-program pemerintah yang ada. “Kita tinggal mensinergikan saja karena tidak semua tugas pemerintah bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Masalah sosial

Semakin banyak komunitas-komunitas yang peduli terhadap masalah sosial, lingkungan dan hal yang positif maka semakin banyak masyarakat yang terberdayakan.

Sumber : https://dogetek.co/

Gelar Pelatihan Media Online dan Medsos

Gelar Pelatihan Media Online dan Medsos

Gelar Pelatihan Media Online dan Medsos

Gelar Pelatihan Media Online dan Medsos

Media online dan media sosial

Untuk menyikapi perkembangan media online dan media sosial (Medsos) dalam mengoptimalkan peran humas, Perhumas Kota Bogor menggelar pelatihan yang diikuti puluhan peserta. Kegiatan berlangsung di Hotel Permata, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Senin (21/08/2017).

Organisasi Perangkat Daerah

Para peserta ini berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) serta jajaran samping seperti dari TNI/Polri hingga kalangan swasta yang memang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di bidang kehumasan. Dengan menghadirkan tiga narasumber dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Bogor, Arif Mustofa Budiman.

Dikatakan Arif

saat ini masyarakat lebih dapat dengan mudah memperoleh informasi meski belum tentu kebenarannya. Baik itu melalui media online maupun media sosial. Meski demikian, diperlukan kejelian dari para peran humas tersebut.

“Karena di dalam mengelola informasi ini sangat diperlukan kejelian. Selain tentunya peran dari humas khususnya yang ada di OPD maupun BUMD ini pasti akan berhubungan dengan media massa, baik dalam penyampaian informasi ataupun kerja sama,” papar Arif.

Selain informasi ini harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan lanjutnya, regulasi mengenai media massa terutama media online ini harus dapat diketahui dan dipahami dengan baik. “Nanti soal regulasi dan hal-hal teknis lainnya itulah yang akan disampaikan narasumber kepada para peserta,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut

dihadirkan sebanyak tiga narasumber dimana dua diantaranya dari Dewan Pers. Yaitu Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Bayu Sugarda serta satu orang lainnya dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sumber : https://symbiantweet.com/

SBY Sebut Nama Mega, Tepuk Tangan Membahana

SBY Sebut Nama Mega, Tepuk Tangan Membahana

SBY Sebut Nama Mega, Tepuk Tangan Membahana

SBY Sebut Nama Mega, Tepuk Tangan Membahana
SBY Sebut Nama Mega, Tepuk Tangan Membahana

Presiden SBY akan menghadiri peringatan pidato Bung Karno soal Pancasila 1 Juni di gedung DPR.

Seteru politik SBY, Megawati Soekarnoputri, juga hadir.Megawati tiba di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/6/2010) pukul 09.35 WIB. Ketua Umum DPP PDIP ini mengenakan kebaya warna putih dan merah dengan rambut disanggul. Megawati didampingi Wakil Pimpinan DPR Pramono Anung dan Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo.

Sedangkan Wapres Boediono tiba pukul 09.29 WIB.

Boediono yang mengenakan baju batik warna hijau didampingi sang istri, Herawati. Boediono lalu masuk ke dalam Gedung Nusantara IV.

Beberapa pejabat yang hadir Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, dan Sukmawati Soekarnoputri. Telah hadir juga mantan Wapres Jusuf Kalla.

Baca Juga : 

Ponsel Terpuruk, Sony Bergantung pada Xperia

Ponsel Terpuruk, Sony Bergantung pada Xperia

Ponsel Terpuruk, Sony Bergantung pada Xperia

Ponsel Terpuruk, Sony Bergantung pada Xperia
Ponsel Terpuruk, Sony Bergantung pada Xperia

Melihat pasar ponsel saat ini, brand seperti Samsung, Xiaomi

Apple, Huawei dan lain-lain tampak berkibar. Saat ini nama-nama produsen ponsel seperti HTC, LG, BlackBerry, bahkan Sony tampaknya sudah meredup.

Persaingan ponsel dari tahun ke tahun terus terjadi, di mana perusahaan berlomba-lomba mengusung inovasi terkini. Perusahaan yang terlambat menyesuaikan kondisi di pasar atau kurang memenuhi kebutuhan konsumen, boleh jadi akan kalah di dalam pertempuran penjualan

 

Terkini, Sony cukup menjadi sorotan karena disebut-sebut akan menutup unit bisnis

yang memproduksi ponsel cerdas atau smartphone. Antaranews melaporkan, data penjualan ponsel Sony turun dari tahun ke tahun, tepatnya dari 2015 hingga 2018.

Pada 2015, perusahaan mencapai penjualan ponsel sekira 24,9 juta, turun menjadi 14,6 juta di 2016, kemudian anjlok kembali menjadi 13,5 juta di 2017. Pada 2018, perusahaan mencapai penjualan sebanyak 2 juta.

 

Faktor yang menyebabkan penjualan smartphone Sony

menurun ialah munculnya pesaing dengan spesifikasi hardware yang bagus dan berharga murah. Selain itu, Sony dinilai terlalu fokus di produk smartphone flagship, yang sudah dikuasai oleh Samsung dan Apple.

Tidak hanya itu, Sony juga mengeluarkan dana besar dan sumber daya di R&D (research and development) serta terlambat dalam berinovasi.

Di tengah kabar tentang keterpurukan ponsel Sony, perusahaan asal Jepang itu mungkin masih memiliki harapan pada ponsel terbaru yang mereka ciptakan. Ponsel tersebut dinamakan Xperia 1.

 

Dilansir Express, Sony mengumumkan ponsel baru Xperia 1 di Mobile World

Congress pada Februari. Spesifikasi yang diusung ponsel ini ialah layar 6,5 inci CinemaWide 4K HDR OLED yang diklaim menampilkan fitur reproduksi warna yang akurat.

Ada juga triple camera di bagian belakang yang menawarkan salah satu pengalaman fotografi terbaik di ponsel Xperia. Selain itu, fitur Dolby Atmos akan membantu meningkatkan kualitas audio ke level baru. Belum diketahui kapan ponsel ini akan tiba di pasaran.

Kabarnya, Sony menawarkan penawaran menarik untuk siapa saja yang senang melakukan trade-in dengan ponsel yang lebih tua.

Sumber : https://ngelag.com/

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan
Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.

Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

 

Menurut Andreas Eppink

kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai

 

kebudayaan adalah

sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Kepribadian Bangsa Timur

Saat pertama kali kita mendengar bangsa timur, maka yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah orang yang memiliki kulit sawo matang, atau berkulit putih, bermata sipit dan juga ciri-ciri fisik lain yang merupakan ciri khas dari bangsa timur/orang-orang asia pada umumnya. Namun sebenarnya banyak sekali hal-hal lain dari bangsa timur yang menarik diulas lebih mendalam. Contohnya saja kepribadiannya. Bangsa timur terkenal dengan sifatnya yang ramah, bersahabat, tidak individualis, dan saling tolong menolong satu sama lain. Bangsa timur pun umumnya memiliki sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur pun identik dengan tutur kata yang lembut dan sopan dalam berpakaian. Terdapat ciri khas dalam berbagai negara yang memiliki kepribadian yang unik. Misalnya, orang Jepang selalu membungkukkan badan mereka tanda hormat apabila bertemu dengan orang lain.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

HUT ke-42, PT DI Gelar Festival

HUT ke-42, PT DI Gelar Festival

HUT ke-42, PT DI Gelar Festival

HUT ke-42, PT DI Gelar Festival
HUT ke-42, PT DI Gelar Festival

BANDUNG-Akhir pekan ini Sabtu dan Minggu, tanggal 25 dan 26 Agustus 2018, PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) akan menggelar Festival Dirgantara Indonesia yang bertemakan Indonesia Mengangkasa yang akan dibuka oleh Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro di Kantor Pusat PTDI, Jl. Pajajaran No. 154, Bandung. Acara ini gratis dan terbuka untuk masyarakat umum dalam perayaan HUT ke-42 PTDI.

Food Jet Festival, akan menjadi pengalaman unik menikmati kuliner

khas nusantara di dalam kabin pesawat, sehingga dapat menjadi keunikan terutama bagi masyarakat yang ingin merasakan makan di dalam kabin pesawat.

Open House & Visit Hangar yang hanya diadakan tanggal 25 Agustus 2018, akan menjadi kesempatan yang istimewa bagi masyarakat untuk mengenal lebih dalam industri dirgantara Indonesia dan melihat secara langsung pesawat-pesawat terbaik buatan PTDI, diantaranya pesawat CN235-220, NC212i dan CN295.

Dalam acara Open House, masyarakat umum diperkenankan masuk dan plant tour mengelilingi hanggar dan kawasan produksi PTDI untuk melihat pesawat buatan PTDI menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh panitia. Pengunjung juga diperkenankan mengabadikan foto pesawat yang ditampilkan di depan apron hanggar Fixed Wing PTDI.

Pameran Sinergi BUMN Industri Strategis akan menampilkan

produk-produk terbaik dari BUMN yang tergabung dalam cluster NDHI (National Defence and High-Tech Industries), seperti produk terbaik dari PT Pindad (Persero), PT Dahana (Persero), PT INTI (Persero), PT Len Industri (Persero) dan PT Inuki (Persero). Selain itu, akan pula ditampilkan pameran pemenang lomba desain colour scheme body pesawat N219 Nurtanio dan pameran serta lomba foto dari Komunitas Fotografi Dirgantara (KFD) PTDI.

Festival Dirgantara Indonesia akan juga terdapat N219 Cockpit Demonstrator, dimana masyarakat dapat merasakan secara langsung menjadi seorang Pilot yang menerbangkan pesawat N219 Nurtanio.

Kemeriahan perayaan HUT ke-42 PTDI, akan menyuguhkan penampilan dari musisi-musisi tanah air, diantaranya Payung Teduh, Rama Band, Irene Idol dan Kuburan Band serta menampilkan Parade Band Karyawan PTDI.

Masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor baik r

oda dua maupun roda empat, dapat mengikuti Uji Emisi Kendaraan di Area Parkir PTDI, sebagai bentuk komitmen perusahaan menjaga kualitas udara di Kota Bandung. JO

 

Baca Juga :