Cara menanam tomat dalam polybag

Cara menanam tomat dalam polybag

Cara menanam tomat dalam polybag

Tomat dikategorikan sebagai sayuran, meskipun mempunyai susunan buah. Tanaman ini dapat tumbuh baik didataran rendah maupun tinggi jadi berasal dari 0-1500 mtr. dpl, terkait berasal dari varietasnya. Tanaman tomat menghendaki tanah yang subur dan gembur, bersama pH kurang lebih 5,5-7.

Cara menanam tomat dalam polybag

Di alam bebas pohon tomat berbentuk layaknya perdu, ketinggiannya dapat capai tinggi 3 meter. Namun sehabis dibudidayakan tinggi tanaman ini tak lebih berasal dari 2 mtr. dan umumnya ditopang oleh ajir atau tali untuk menghindar agar tidak roboh.

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di bermacam tempat layaknya lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan tempat pot atau polybag. Pada peluang kali ini kami akan menguraikan berkenaan langkah menanam tomat dalam polybag. Bila dambakan mengetahui bercocok tanam tomat skala besar di lahan terbuka baca panduan lazim budidaya tomat.

Pemilihan style tanaman
Secara umum, orang membedakan tomat berasal dari wujud buahnya. Terdapat empat golongan tomat yang banyak beredar di pasaran yakni, (1) Tomat buah atau tomat granola, bentuknya bulat bersama pangkal mendatar (2) Tomat gondol, bentuknya lonjong biasa digunakan sebagai bahan baku saus, (3) Tomat sayur, teskturnya keras rasanya sedikit kecut, (4) Tomat cherry, bentuknya kecil rasanya manis kecut.

Cara menanam tomat dalam polybag tidaklah sulit. Langkah pertama menentukan style tomat dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan wilayah tempat budidaya bersama varietas tomat yang akan dipilih, lebih-lebih untuk suasana iklim dan ketinggian tempat.

Untuk hasil yang maksimal, menggunakan benih unggul berasal dari sumber yang terpercaya. Benih tomat berasal dari bermacam varietas dapat didapatkan di toko-toko pertanian. Keterangan berkenaan sifat-sifat tanaman dapat dibaca terhadap label yang tertera dalam kemasan benih.

Penyemaian benih tomat
Cara menanam tomat dalam polybag sebaiknya melalui step persemaian lebih-lebih dahulu. Benih yang berbentuk biji mesti disemaikan jadi bibit tanaman. Langkah ini diperlukan gara-gara benih yang baru tumbuh butuh perlakuan yang berlainan bersama tanaman yang sudah tumbuh besar.

Siapkan tempat dan tempat persemaian terlabih dahulu. Pilih tempat persemaian yang terlindung berasal dari hujan dan cahaya matahari secara langsung. Media persemaian dapat bermacam-macam, silakan baca langkah mengakibatkan tempat persemaian untuk hortikuktura.

Bentuk persemaian dapat berbentuk bedengan, rak semai, atau polybag semai. Untuk persemaian bersama bedengan, membuat larikan diatas bedengan bersama kedalaman 1 cm dan jarak antar larik 5 cm. Kemudian tanam benih tomat terhadap tiap larik bersama jarak 3 cm, tutup permukaannya dan siram secukupnya.

Untuk persemaian yang menggunakan ploybag, mengisi polybag bersama tempat persemaian. Bila tidak tersedia polybag dapat menggunakan daun pisang. Kemudian benamkan benih tomat sedalam 1 cm kedalam tempat tersebut. Lalu tutup permukaannya dan siram secukupnya. Setiap polybag cukup diisi satu benih.

Setelah benih disemaikan, laksanakan penyiraman tiap tiap 2 kali sehari bersama gembor yang halus. Berhati-hatilah saat menyiram, jangan hingga menyebabkan kerusakan permukaan persemaian.

Pemupukan tambahan dapat diberikan sehabis dua minggu bersama pupuk cair organik, pupuk kompos atau NPK. Perawatan lain yang mesti dilaksanakan adalah penyiangan. Jangan hingga tumbuh gulma dalam tempat persemaian. Bibit tanaman tomat siap dipindahkan berasal dari tempat persemaian ke dalam polybag sehabis 30 hari atau sudah mempunyai setidaknya 5 helai daun.

Pemindahan bibit tomat
Sebelum bibit dipindahkan, siapkan tempat tanam dan polybag. Isi polybag selanjutnya bersama tanah, arang sekam, dan kompos bersama perbandingan 2:1:1. Untuk lebih detailnya melihat langkah mengakibatkan tempat tanam untuk polybag.

Terdapat dua langkah menanam tomat berasal dari tempat persemaian ke dalam polybag. Pertama, memindahkan bibit bersama dicabut. Caranya, siram persemaian bersama air agar tempat tanam jadi lunak. Lalu cabut tanaman bersama hati-hati jangan hingga akar tanaman putus atau rusak. Kemudian masukkan tanaman selanjutnya secara tegak lurus terhadap lubang tanam yang tersedia dalam polybag. Posisi akar mesti tegak lurus jangan hingga bengkok atau terlipat. Atur kedalaman lubang tanam sesuai bersama panjang akar.

Kedua, memindahkan bibit bersama diputar. Caranya tanaman tomat diangkat bersama tempat yang tersedia disekitarnya. Untuk bibit berasal dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm bersama sekop atau tangan. Kemudian angkat dan pindahkan selanjutnya bersama tanahnya.

Untuk bibit dalam polybag semai, sobek atau tarik plastik polybag semai kemudian dipindahkan beserta tanahnya kedalam polybag yang lebih besar. Polybag semai berasal dari plastik dapat dipakai berulang-ulang.

Pemeliharaan dan perawatan
Pemeliharaan tanaman tomat dalam polybag atau pot relatif mudah. Kesehatan tanaman lebih lebih terkontrol gara-gara terhindar berasal dari penularan penyakit melalui akar. Jaga agar tempat tanam tidak terlampau kering. Siram setidaknya 2 kali sehari, tapi jangan terlampau basah untuk menjauhi busuk akar.

Siangi gulma yang terdapat dalam polybag secara teratur. Apabila tersedia tanaman yang layu atau mati, cabut langsung dan buang tempat tanamnya agar tidak menulari tanaman lain. Perawatan lain yang diperlukan adalah pemangkasan tunas dan pemberian ajir sebagai penopang tanaman.

Pupuk tanaman sehabis satu minggu bersama kompos sebanyak satu genggam untuk tiap tiap polybag. Lakukan penambahan pupuk kompos tiap tiap bulan, atau seandainya muncul tanaman tidak cukup subur. Bila tanaman akan berbuah dapat ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

Hama dan peyakit tanaman tomat cukup banyak. Bila muncul tersedia serangan hama, ambil hama selanjutnya secara manual. Buang daun atau batang yang rusak terkena hama. Penyemprotan hendaknya dilaksanakan seandainya terlampau diperlukan. Agar lebih safe untuk kesehatan dan lingkungan menggunakan pestisida organik yang lebih alami. Silahkan baca langkah mengakibatkan pestisida organik. https://www.budidayaternak.com/

Pemanenan
Tanaman tomat dalam polybag sudah dapat dipanen sehabis 3 bulan, terkait berasal dari varietasnya. Kriteria buah tomat yang siap dipanen adalah yang berubah warna berasal dari hijau ke kuning-kuningan atau tepi daun muncul kering dan batang menguning. Pemetikan dilaksanakan terhadap buah yang sudah matang saja.

Buah tomat tidak matang secara serentak. Lakukan pemetikan tiap tiap 2-3 hari sekali, jangan terlampau rapat untuk menjauhi kerusakan tanaman. Waktu pemetikan yang paling baik pagi dan sore hari, saat cahaya matahari tidak terlampau terik. Demikian uraian singkat tenang langkah menanam tomat dalam polybag.

Panduan teknis budidaya kopi

Panduan teknis budidaya kopi

Panduan teknis budidaya kopi

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang paling banyak diperdagangkan. Pusat-pusat budidaya kopi ada di Amerika Latin, Amerika Tengah, Asia-pasifik dan Afrika. Sedangkan customer kopi terbesar ada di negara-negara Eropa dan Amerika Utara. Wajar jika komoditas ini sangat aktif diperdagangkan.

Panduan teknis budidaya kopi

Kopi merupakan tanaman tahunan yang mampu menggapai usia produktif sepanjang 20 tahun. Untuk mengawali bisnis budidaya kopi, pilihlah style tanaman kopi bersama dengan cermat. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya kopi diantranya style tanaman, teknik budidaya, penanganan pasca panen dan Pemasaran product akhir.

Pemilihan style dan varietas
Tanaman kopi sangat banyak jenisnya, mampu menggapai ribuan. Namun yang banyak dibudidayakan hanya empat style saja yaitu arabika, robusta, liberika dan excelsa. Masing-masing style selanjutnya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Untuk lebih detailnya silahkan baca mengenal jenis-jenis kopi budidaya.

Memilih style tanaman untuk budidaya kopi, wajib sesuai bersama dengan daerah atau lokasi lahan. Lokasi lahan yang terdapat di ketinggian lebih berasal dari 800 meter dpl cocok untuk ditanami arabika. Sedangkan berasal dari ketinggian 400-800 meter mampu ditanami robusta. Budidaya kopi didataran rendah mampu pertimbangkan style liberika atau excelsa.

Selain berasal dari sisi teknis budidaya, hal yang patut dipertimbangkan adalah harga menjual product akhir. Kopi arabika cenderung dihargai lebih tinggi berasal dari style lainnya. Namun robusta mempunyai produktivitas yang paling tinggi, rendemennya juga tinggi.

Penyiapan bibit budidaya kopi
Setelah memastikan budidaya kopi yang cocok, cara selanjutnya adalah melacak bibit yang unggul, menyiapkan lahan dan pohon peneduh. Informasi tentang bibit unggul untuk budidaya kopi mampu ditanyakan ke Puslit Kopi dan Kakao atau toko bibit terpercaya. Sementara itu, pohon peneduh wajib telah disiapkan setidaknya 2 tahun sebelum budidaya kopi dilaksanakan.

Untuk budidaya kopi arabika sumber tanaman yang digunakan adalah varietas. Contohnya adalah varietas S 795, USDA 762, Kartika-1 dan Kartika-2. Sedangkan untuk budidaya kopi robusta sumber tanaman yang digunakan dalah klon. Contohnya klon BP 42 atau BP 358.

Perbanyakan bibit pohon kopi mampu didapatkan bersama dengan teknik generatif dan vegetatif. Perbanyakan generatif berasal dari biji umumnya digunakan untuk budidaya kopi arabika, sedangkan kopi robusta lebih kerap pakai perbanyakan vegetatif bersama dengan setek. Masing-masing metode perbanyakan bibit membawa kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. Lebih detailnya silahkan baca artikel terdahulu tentang perbanyakan bibit kopi bersama dengan biji dan perbanyakan bibit kopi bersama dengan setek.

Penyiapan lahan dan pohon peneduh
Budidaya kopi mampu dilakukan baik didataran tinggi maupun rendah, terkait berasal dari jenisnya. Secara umum kopi menghendaki tanah gembur yang kaya bahan organik. Untuk menambah kesuburan berikan pupuk organik dan penyubur tanah di lebih kurang daerah tanaman. Arabika bakal tumbuh baik pada keasaman tanah 5-6,5 pH, sedangkan robusta pada tingkat keasaman 4,5-6,5 pH.

Hal yang wajib disiapkan sebelum mengawali budidaya kopi adalah menanam pohon peneduh. Guna pohon peneduh untuk mengatur intensitas sinar matahari yang masuk. Tanaman kopi juga tumbuhan yang menghendaki intensitas sinar mataheri tidak penuh.

Jenis pohon peneduh yang kerap digunakan dalam budidaya kopi adalah dadap, lamtoro dan sengon. Pilih pohon pelindung yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan daunnya mampu jadi sumber pupuk hijau.

Pohon pelindung style sengon wajib ditanam 4 tahun sebelum budidaya kopi. Sedangkan style lamtoro mampu lebih cepat, lebih kurang 2 tahun sebelumnya. Tindakan yang diperlukan untuk menjaga pohon pelindung adalah pemangkasan daun dan penjarangan.

Penanaman bibit kopi
Apabila lahan, pohon peneduh dan bibit telah siap, cara selanjutnya adalah memindahkan bibit berasal dari polybag ke lubang tanam di areal kebun. Jarak tanam budidaya kopi yang dianjurkan adalah 2,75×2,75 meter untuk robusta dan 2,5×2,5 meter untuk arabika. Jarak tanam ini divariasikan bersama dengan ketinggian lahan. Semakin tinggi lahan makin lama jarang dan makin lama rendah makin lama rapat jarak tanamnya.

Buat lubang tanam bersama dengan ukuran 60x60x60 cm, pembuatan lubang ini dilakukan 3-6 bulan sebelum penanaman. Saat penggali lubang tanam pisahkan tanah galian anggota atas dan tanah galian anggota bawah. Biarkan lubang tanam selanjutnya terbuka. Dua bulan sebelum penanaman campurkan 200 gram belerang dan 200 gram kapur bersama dengan tanah galian anggota bawah. Kemudian masukkan kedalam lubang tanam. Sekitar 1 bulan sebelum bibit ditanam campurkan 20 kg pupuk kompos bersama dengan tanah galian atas, lantas masukkan ke lubang tanam.

Kini bibit kopi siap ditanam dalam lubang tanam. Sebelumnya papas daun yang terdapat pada bibit sampai tersisa ⅓ anggota untuk kurangi penguapan. Keluarkan bibit kopi berasal dari polybag, lantas gali sedikit lubang tanam yang telah dipersiapkan. Kedalaman galian mengatur bersama dengan panjang akar. Bagi bibit yang mempunyai akar tunjang usahakan sehingga akar tanaman tegak lurus. Tutup lubang tanam sehingga tanaman berdiri kokoh, jika diperlukan beri ajir untuk menunjang tanaman sehingga tidak roboh.

Perawatan budidaya kopi
Langkah yang diperlukan untuk pemeliharaan budidaya kopi adalah penyulaman, pemupukan pemangkasan dan penyiangan. Berikut penjelasannya:

a. Peyulaman
Setelah bibi ditanam di areal kebun, periksa perkembangan bibit selanjutnya setidaknya seminggu dua kali. Setelah bibit berumur 1-6 bulan periksa sedikitnya satu bulan sekali. Selama periode kontrol tersebut, jika ada kematian pada pohon kopi segera melaksanakan penyulaman. Penyulaman dilakukan bersama dengan bibit yang sama. Lakukan perawatan yang lebih instensif sehingga tanaman penyulam mampu menyamai perkembangan pohon lainnya.

b. Pemupukan
Pemberian pupuk untuk budidaya kopi mampu pakai pupuk organik atau pupuk buatan. Pupuk organik mampu didapatkan berasal dari bahan-bahan lebih kurang kebun layaknya sisa-sisa hijauan berasal dari pohon pelindung atau kulit buah kopi sisa pengupasan lantas dibikin jadi kompos. Kebutuhan pupuk untuk tiap-tiap tanaman lebih kurang 20 kg dan diberikan lebih kurang 1-2 tahun sekali.

Cara menambahkan pupuk bersama dengan memicu lubang pupuk yang mengitari tanaman. Kemudian masukkan kompos kedalam lubang pupuk tersebut. Bisa juga dicampurkan pupuk buatan kedalam kompos. Untuk tanah yang asam bersama dengan pH di bawah 4,5 perlindungan pupuk dicampur bersama dengan setengah kilogram kapur. Pemerian kapur dilakukan 2-4 tahun sekali.

Untuk memperkaya bahan organik areal perkebunan mampu ditanami bersama dengan tanaman penutup tanah. Tanaman yang biasa dijadikan penutup tanah dalam budidaya kopi diantaranya bunguk (Mucuna munanease) dan kakacangan (Arachis pintol). Tanaman penutup tanah berguna sebagai pelindung dan penyubur tanah, tak sekedar itu hijauannya mampu dijadikan sumber pupuk organik.

c. Pemangkasan pohon
Terdapat dua style pemangkasan dalam budidaya kopi, yaitu pemangkasan berbatang tunggal dan pemangkasan berbatang ganda. Pemangkasan berbatang tunggal lebih cocok untuk style tanaman kopi yang membawa banyak cabang sekunder contoh arabika. Pemangkasan ganda lebih banyak diaplikasikan diperkebunan rakyat yang menanam robusta. Pemangkasan ini lebih cocok pada perkebunan di daerah dataran rendah dan basah.

Berdasarkan tujuannya, pemangkasan dalam budidaya kopi dibagi jadi tiga macam yaitu:

Pemengkasan pembentukan, memiliki tujuan membentuk kerangka tanaman layaknya wujud tajuk, tinggi tanaman dan style percabangan.
Pemangkasan produksi, memiliki tujuan memangkas cabang-cabang yang tidak produktif atau cabang tua. Hal ini dilakukan sehingga tanaman lebih fokus menumbuhkan cabang yang produktif. Selain itu, pemangkasan ini juga untuk menyingkirkan cabang-cabang yang terkena penyakit atau hama.
Pemangkasan peremajaan, dilakukan pada tanaman yang telah mengalami penurunan produksi, hasil kuranng berasal dari 400 kg/ha/tahun atau wujud tajuk yang telah tak beraturan. Pemangkasan dilakukan setelah pemupukan untuk menjaga ketersediaan nutrisi.
d. Penyiangan gulma
Tanaman kopi wajib selamanya bersih berasal dari gulma, lebih-lebih selagi tanaman masih muda. Lakukan penyiangan tiap-tiap dua minggu, dan bersihkan gulma yang ada di bawah tajuk pohon kopi. Apabila tanaman telah cukup besar, pengendalian gulma yang ada diluar tajuk tanaman kopi mampu pakai tanaman penutup tanah. Penyiangan gulma pada tanaman dewasa dilakukan jika diperlukan saja.

Hama dan penyakit
Lahan budidaya kopi yang terserang hama dan penyakit bakal mengalami penurunan produktivitas, mutu mutu kopi dan bahkan kematian tanaman. Beberapa hama dan penyakit yang umum menyerang tanam kopi adalah sebagai berikut:

Hama penggerek buah kopi. Menyerang tanaman muda maupun tua. Akibat serangan buah bakal berguguran atau perkembangan buah tidak normal dan membusuk. Pengendalian mampu hama ini adalah bersama dengan menambah sanitasi kebun, pemapasan pohon naungan, pemanenan buah yang terserang, dan penyemprotan kimia.
Penyakit karat daun (HV). Biasanya menyerang tanaman arabika. Gejala serangannya mampu diamati berasal dari permukaan daun yang mengalami bercak kuning, makin lama lama jadi kuning tua. Bisa dihindari bersama dengan menanam kopi arabika diatas ketinggian 1000 meter dpl. Pengendalian lainnya mampu dilakukan bersama dengan penyemprotan kimia, menentukan varietas unggul, dan kultur teknis.
Penyakit serangan nematoda. Banyak ditemui di sentra-sentra perkebunan kopi robusta. Serangan ini mampu menurunkan produksi sampai 78%. Pengendalian penyakit ini mampu dilakukan bersama dengan menyambung tanaman bersama dengan batang bawah yang tahan nematoda.
Untuk lebih cermat tentang hama dan penyakit pada tanaman kopi silahkan baca artikel pengendalian hama dan penyakit kopi.

Panen dan pasca panen
Tanaman yang dibudidayakan secara intensif telah mampu berbuah pada usia 2,5-3 tahun untuk style robusta dan 3-4 tahun untuk arabika. Hasil panen pertama umumnya tidak sangat banyak, produktivitas tanaman kopi bakal menggapai puncaknya pada usia 7-9 tahun.

Pengertian kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian kewirausahaan Menurut Para Ahli
Pengertian kewirausahaan Menurut Para Ahli

Wirausaha dan kewirausahaan

  1. Pengertian kewirausahaan
  2. Pengertian harafiah / bahasa

Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke dan akhiran an. Wirausaha dari kata wira artinya perwira/pahlawan dan usaha artinya daya upaya.

  1. Pengertian kewirausahaan menurut pendapat :

Ø  ZIMMERER

Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan.

Ø  SAVARY

Kewirausahaan adalah orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui guna ekonomisnya akan dijual.

Ø  ROBIN

Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang /kesempatan untuk memenuhi kebutuhan/keinginan melalui inovasi tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan.

Ø  A.PEKERTI

Kewirausahaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendirikan, mengelola, mengembangkan perusahaan miliknya sendiri.

Ø  INPRES NO.4 TAHUN 1995 tentang GNMMK ( Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan )

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari menciptakan, menerapkan cara kerja dan tehnologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberi pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.

  1. Pengertian wirausaha
  2. AHLI EKONOMI/EKONOM

Wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang mengorganisasi factor – factor produksi yaitu alam, tenaga kerja, modal dan keahlian.

  1. PSIKOLOGI / AHLI  KEJIWAAN

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki dorongan kekuatan untuk memperoleh suatu tujuan, suka mengadakan eksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya , diluar kekuasaan orang lain.

  1. BUSINESMEN

Wirausaha adalah ancaman pesaing baru dapat seorang partner,pemasok,konsumen atau seseorang yang diajak kerjasama.

  1. GEDE PARMA

Wirausaha adalah orang yang berani memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain.

  1. J.A SCHUMPETER

Wirausaha adalah seorang inovator sebagai individu yang mempunyai naluri untuk melibatkan materi sedemikian rupa dan kemudian terbukti benar mempunyai semangat /kemampuan dan pemikiran untuk menaklukan cara berpikir lamban dan malas.

  1. Tujuan kewirausahaan
  2. Menumbuhkembangkan jumlah wirausaha yang berkwalitas
  3. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman kewirausahaan yang tangguh
  4. Meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan di masyarakat.
  5. Sasaran kewirausahaan
  6. Instansi pemerintah
  7. Pelaku ekonomi
  8. Generasi muda
  9. Asas kewirausahaan
  10. Kemampuan bekerja secara tekun,teliti dan produktif
  11. Kemampuan berkarya dengan mandiri
  12. Menciptakan etika bisnis yang sehat
  13. Memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistemmatis, termasuk keberanian mengambil resiko
  14. Manfaat kewirausahaan
  15. Mengurangi pengangguran
  16. Sebagai generator pembangunan
  17. Sebagai suri tauladan di masyarakat
  18. Mendidik masyarkat hidup yang hemat dan efisien.
  19. Proses kewirausahaan

Sikap dan perilaku wirausahawan

  1. Sikap wirausahawan
  2. Mampu berpikir dan bertindak kreatif dan innovatif
  3. Mampu bekerja tekun,teliti dan produktif
  4. Mampu berkarya berdasarkan etika bisnis yang sehat
  5. Mampu berkarya dengan semangat kemandirian
  6. Mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang sistematis dan berani mengambil resiko.
  7. Perilaku wirausahawan
  8. Memiliki rasa percaya diri
  9. Berorientasi pada tugas dan hasil
  10. Pengambil resiko
  11. Kepemimpinan
  12. Keorisinilan
  13. Berorientasi pada masa depan
  14. Ketrampilan yang harus dipunyai wirausahawan
  15. Ketrampilan dasar meliputi:
  • Memiliki mental dan spiritual yang tinggi
  • Memiliki kepribadian unggul
  • Pandai berinisiatif
  • Dapat mengkoordinasikan kegiatan usaha
  1. Ketrampilan khusus meliputi :
  • Ketrampilan konsep ( conceptual skill ) yaitu ketrampilan untuk melakukan kegiatan usaha secara menyeluruh berdasar konsep yang dibuatnya.
  • Ketrampilan tehnik ( technical skill ) yaitu ketrampilan melakukan tehnik tertentu dalam mengelola usahanya.
  • Human skill yaitu ketrampilan bekerjasama dengan orang lain, bawahannya dan sesama wirausahawan
  1. Karakteristik wirausahawan

Karakteristik wirausahawan adalah sifat atau tingkah laku yang khas dari wirausahawan yang membedakannya dengan orang lain.

Karakteristik yang perlu dimiliki wirausahawan yaitu:

  1. Kerja keras dan disiplin
  2. Mandiri dan realistis
  3. Komitmen tinggi
  4. Kreatif dan Inovatif
  5. Jujur
  6. Memiliki jiwa kepemimpinan
  7. Berpikir kedepan / prespektif

Karakteristik wirausahawan menurut pendapat :

  1. By Grave

Dikenal dengan 10 D yaitu :

  1. Dream yaitu mempunyai visi keinginan di masa depan dan mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impiannya.
  2. Decisivenees yaitu orang yang bekerja cepat dan selalu memperhitungkan apa yang akan dilakukan.
  3. Doers yaitu seorang wirausahawan dalam membuat keputusan akan langsung ditindaklanjuti.
  4. Determination yaitu melakukan kegiatan dengan penuh perhatian.
  5. Dedication yaitu mencurahkan perhatian pada bisnisnya.
  6. Devotion yaitu mencintai pekerjaan bisnis dan hasil produksi.
  7. Detail yaitu memperhatikan factor yang terkecil secara rinci
  8. Destiny yaitu bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai.
  9. Dollars yaitu tidak mengutamakan mencapai kekayaan, motivasinya bukan uang karena uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan.
  10. Distribute yaitu bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang – orang kepercayaannya.
  11. Fadel Muhammad
  12. Kepemimpinan
  13. Inovasi
  14. Cara pengambilan keputusan
  15. Sikap tanggung jawab terhadap perubahan
  16. Bekerja ekonomis dan efisien
  17. Visi masa depan
  18. Sikap terhadap resiko
  19. Drs Wasty Soemanto,M.pd
  20. Memiliki moral yang tinggi
  21. Sikap mental wiraswasta
  22. Kepekaan terhadap arti lingkungan
  23. Ketrampilan wiraswasta
  24. Mc. Celland
  25. Keinginan untuk berprestasi
  26. Keinginan untuk bertanggung jawab
  27. Preferensi kepada resiko – resiko menengah
  28. Persepsi kepada kemungkinan hasil
  29. Rangsangan oleh umpan balik
  30. Aktifitas energik
  31. Orientasi ke masa depan
  32. Ketrampilan dalam pengorganisasian
  33. Sikap tentang uang
  34. Keberhasilan dan kegagalan wirausaha.
  35. Keberhasilan wirausaha

* Dari sisi pengusaha meliputi :

  1. Jujur : Jujur terhadap diri sendiri,orang lain dan tujuan yang akan dicapai
  2. Disiplin dan berani :

~          Karena bakat , pengalaman dan pengetahuan

~          Karena keyakinan dan fasilitas

  1. Menguasi bidang usaha yang digeluti
  2. Dapat melaksanakan prinsip management dengan baik

*  Dari sisi produk

  1. Memiliki keunggulan yang berarti bagi konsumen, apakah dari segi harga,kualitas produk, prestise, manfaat dsb.
  2. Didukung oleh promosi yang efektif kepada public
  1. Kegagalan wirausaha :
  1. Tidak ada perencanaan yang matang
  2. Bakat yang tidak cocok
  3. Kurang pengalaman
  4. Tidak punya semangat berwirausaha
  5. Kurang modal
  6. Lemahnya pemasaran
  7. Tidak punya etos kerja yang tinggi
  8. Lokasi yang kurang strategis

Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/

Ini Dia Informasi-Informasi Seputar Hari Aksara Internasional!

Ini Dia Informasi-Informasi Seputar Hari Aksara Internasional!

Ini Dia Informasi-Informasi Seputar Hari Aksara Internasional!

Dengan pembahasan ini, menghendaki kamu seluruh mampu lebih memaknai pentingnya membaca dan menulis didalam kehidupan sehari-hari. Mau mengetahui apa saja pembahasannya? Yuk, langsung saja disimak informasinya!

Ini Dia Informasi-Informasi Seputar Hari Aksara Internasional!

1. Hari Aksara Internasional Ada Lantaran Keprihatinan Kurangnya Kesadaran Keberaksaraan
Penetapan Hari Aksara Internasional merupakan buah dari keprihatinan UNESCO pada suasana keberaksaraan penduduk dunia. Ditetapkan pada tahun 1966, hari besar ini bertujuan untuk mobilisasi penduduk dunia bakal pentingnya keberaksaraan.

Atas tujuannya itu, UNESCO lantas senantiasa memicu bervariasi kegiatan di beraneka belahan dunia untuk tingkatkan minat baca penduduk dunia. Menyongsong era digital selagi ini, UNESCO juga menggiatkan literasi digital.

Tujuan utama UNESCO juga menggiatkan literasi digital lantaran banyaknya informasi yang tidak benar tersebar lewat internet. Salah satu berarti ialah banyaknya hoaks yang menyebar di sarana sosial. Oleh sebab itu, UNESCO menyasar dunia digital agar penduduk dunia tidak terperangkap oleh beraneka informasi yang salah alias hoaks.

2. Buta Huruf Merupakan Dampak dari Kemiskinan
Buta huruf merupakan kasus dunia yang tetap jadi fokus utama UNESCO. Sebab, buta huruf memicu suatu negara susah berkembang. Asal kamu mengetahui nih Quipperian, salah satu penyebab mengapa banyak negara tetap dirundung kasus buta huruf lantaran suasana kemiskinan di negaranya.

Kemiskinan dan buta huruf adalah dua hal yang susah dipisahkan. Sebab, kemiskinan memicu orang susah untuk mengakses informasi yang notabenenya berada di lingkup lingkungan instansi pendidikan.

Kemiskinan memicu banyak orang putus sekolah yang selanjutnya berakibat pada kurangnya kesadaran pentingnya berliterasi. Apalagi, bagi si miskin, dibandingkan wajib mengejar edukasi, banyak yang lebih mengejar bagaimana memicu kehidupannya aman dahulu. Hal itu jadi suasana yang sangat memilukan.

Oleh sebab itu, kamu sebagai generasi muda Indonesia haruslah bersyukur sebab mampu menikmati dunia pendidikan. Sebab, di belahan dunia lain, tetap banyak anak muda yang susah mengakses pendidikan sebab dirundung kasus kemiskinan. Untuk itu, belajarlah dengan giat agar kamu mampu berfaedah untuk orang lain.

3. fungsi Membudayakan Literasi Bagi Masyarakat Dunia
Melalui Hari Aksara Internasional, UNESCO mengidamkan membudayakan literasi kepada penduduk dunia. Pada dasarnya, terdapat banyak faedah dari membudayakan literasi. Pertama, dengan membudayakan literasi serupa saja mengajak untuk lebih melek informasi. Dengan miliki kebiasaan berliterasi, layaknya membaca, menulis, dan berdiskusi, kami mampu mengetahui banyak informasi dari beraneka belahan dunia.

Kedua, kami mampu terhindar dari hoaks. Di era post truth, informasi banyak bertebaran di sarana sosial, portal daring, sampai mulut ke mulut. Untuk membedakan mana informasi yang tepat, bagi orang yang tidak cukup berliterasi kemungkinan bakal susah melakukannya.

Namun, bagi orang yang sering berkegiatan literasi, membedakan pada informasi yang benar dengan hoaks sangatlah mudah. Sebab, orang yang berliterasi mengetahui beraneka informasi dari beraneka sumber. Hal itu membuatnya mampu mengetahui ciri informasi yang benar dan terpercaya.

Dan, ketiga, dengan berliterasi, kami diarahkan untuk memicu karya yang mampu berfaedah kepada orang lain. Membuat karya merupakan anggota dari kegiatan berliterasi, yakni menulis. Karya tulis yang kami hasilkan memicu kami berkontribusi untuk mengentaskan buta huruf dan informasi kepada penduduk dunia.

4. Apa yang Harus Dilakukan selagi Hari Aksara Internasional?
Adapun, kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh suatu komunitas atau instansi pendidikan, jangan dianggap menjemukan. Sebab, kegiatan literasi yang dikerjakan itu tentu disesuaikan dengan zaman kekinian. Sehingga, bagi kamu generasi milenial dan generasi Z tentu saja puas mengikutinya.

Dan, ketiga, kamu mampu berkontribusi dengan menyumbangkan buku kepada orang yang membutuhkan. Ketika kamu menyumbang buku itu berarti kamu mendukung kegiatan berliterasi. Sebab, kamu membagikan sumber informasi kepada orang lain yang membutuhkannya.

Berbagi buku juga jadi upayamu menjauhi orang lain termakan hoaks. Karena, dengan buku yang kamu bagikan, orang lain miliki akses untuk memperoleh informasi yang tepat dan bukan sekadar kabar-kabar hoaks yang beredar di internet.

Itulah sebagian informasi berfaedah seputar Hari Aksara Internasional. Kalau kamu mengidamkan lebih berfaedah bagi orang lain, terlebih didalam hal dunia literasi, kamu wajib menyempatkan diri berkontribusi pada dunia literasi.

Lakukan hal-hal simple terjalin dengan kegiatan literasi, tak wajib mematok wajib jalankan hal besar dulu. Sebab, dengan kegiatan simple itu udah menunjukkan kamu berkontribusi pada dunia literasi.

sumber : https://www.ruangguru.co.id/

Maknai Hari Kereta Api Nasional, Simak Informasi dan Fakta Berikut!

Maknai Hari Kereta Api Nasional, Simak Informasi dan Fakta Berikut!

Maknai Hari Kereta Api Nasional, Simak Informasi dan Fakta Berikut!

Informasi dan fakta ini kiranya tetap jarang diketahui oleh penduduk umum. Mau paham informasinya seperti apa? Yuk, simak ulasannya berikut!

Maknai Hari Kereta Api Nasional, Simak Informasi dan Fakta Berikut!

1. Jalur Kereta Api Pertama di Indonesia
Jalur kereta api pertama di Indonesia ada sebagian versi yang perlu anda ketahui. Versi pertama ialah menurut PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan versi ke-2 berdasarkan arsip-arsip perkeretaapian yang disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Menurut versi KAI, jalan kereta api pertama kali ialah jalan kereta api di Kalimantan Selatan pada th. 1849. Jalur kereta api berikut merupakan jalan yang lantas jadi lori-lori batubara. Pembangunan jalan kereta api di Kalimantan Selatan dibangun berdasarkan persetujuan dari Sultan Banjar.

Lalu, berdasarkan arsip perkeretaapiaan di ANRI, diketahui bahwa pembangunan pertama jalan kereta api dilakukan di desa Kemijen pada tanggal 17 Juni 1864. Pada tanggal itu, Gubernur Jenderal Hindia Belanda Mr. Baron Sloet van den Beele mengimbuhkan cangkulan pertamanya. Setelah itu, dibangunlah jalan kereta api dari Kemijen ke Tanggung yang lantas dioperatori oleh Nederlandsche Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan kereta api swasta, pimpinan Ir. J.P. van Bordes.

Perbedaan pada jalan kereta api di Kalimantan Selatan dan di Pulau Jawa berikut ialah fungsinya. Jalur kereta api di Kalimantan Selatan bermanfaat sebagai jalan kereta api untuk keperluan pertambangan. Sedangkan, jalan kereta api di Kemijen befungsi sebagai jalan kereta api lazim komersil. Jadi, keduanya merupakan jalan kereta api pertama di Indonesia berdasarkan fungsinya masing-masing.

2. Pada 28 September 1945 Perusahaan Perkeretaapian Indonesia Berdiri
Penetapan tanggal 28 September jadi Hari Kereta Api Nasional tidak lepas dari berdirinya perusahaan perkeretaapian pertama Indonesia. Pasca mendeklarasikan kemerdekaannya, Indonesia lantas mendirikan perusahaan perkeretaapian milik Indonesia pertama pada tanggal 28 September 1945, bernama Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

Pendirian DKARI berikut dilakukan dengan cara merebut jalur-jalur kereta api beserta beraneka perangkat perusahaan kereta api pada era penjajahan Jepang. Kala itu, pengambilalihan dilakukan oleh Angkatan Moeda Kereta Api.

Angkatan Moeda Kereta Api berikut merupakan orang-orang Indonesia yang bekerja di jawatan kereta api milik Jepang selagi itu. Pasca perebutan itu, seluruh kereta api dan stasiun-stasiunnya diproklamirkan sebagai ‘Milik Repoeblik.’

3. PT KAI Beberapa Kali Berganti Nama
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perusahaan perkeretaapian Indonesia berdiri dengan nama DKARI. Namun, sehabis DKARI berdiri, Belanda ulang ke Indonesia dan mendirikan jawatan perkeretaapian yang diberi nama Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS).

Lalu, sehabis dilaksanakannya Konferensi Meja Bundar (KMB) pada Desember 1949, diputuskan bahwa Indonesia menyita alih aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda, juga aset-aset SS/VS. Setelah itu, DKARI dan SS/VS dilebur jadi satu dan bernama Djawatan Kereta Api (DKA) th. 1950.

Pada tanggal 25 Mei 1950, DKA berubah nama jadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Selain beralih nama, dikenalkan pula lambang Wahana Daya Pertiwi yang mencerminkan transformasi perkeretaapian Indonesia sebagai fasilitas transportasi andalan kegunaan mewujudkan kesejahteraan bangsa dan tanah air.

Setelah itu, pada th. 1971, Pemerintah Indonesia ulang mengubah struktur tubuh PNKA jadi Perusahaan Jawatan Kereta Api atau PJKA. Kemudian, pergantian ulang berlangsung pada th. 1991 jadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka). Perubahan itu dilakukan Pemerintah Indonesia untuk memaksimalkan layanan jasa angkutan umum.

4. PT KAI Berkembang Pesat dan Punya Beberapa Anak Perusahaan
Sebagai BUMN Perkeretaapian, PT KAI tentunya berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan keperluan penduduk akan transportasi kereta api. Hingga kini, PT KAI miliki sebagian anak perusahaan, seperti PT Kereta Api Logistik (Kalog), PT Reska Multi Usaha, PT Kereta Api Properti Manajemen, PT Kereta Api Pariwisata (Indotrailtour), PT Railink, dan PT Kereta Commuter Indonesia.

Masing-masing anak perusahaan itu miliki tugas dan fungsinya masing-masing. PT Kalog beroperasi di bidang pengantaran logistik melalui jalan kereta api. Lalu, Reksa Multi Usaha bergerak di bidang layanan di atas kereta api atau sepanjang perjalanan kereta api.

PT Kereta Api Properti Manajemen beroperasi di bidang pengelolaan aset dan properti milik PT KAI. Indotrailtour bergerak di bidang jasa wisata memakai kereta api. PT Railink merupakan anak perusahaan patungan pada PT KAI dengan PT Angkasa Pura II yang bergerak di bidang layanan kereta api bandara. Dan, PT Kereta Commuter Indonesia merupakan operator layanan jasa kereta api commuter di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Kompetensi Kepribadian Guru

Kompetensi Kepribadian Guru

Kompetensi Kepribadian Guru
Kompetensi Kepribadian Guru

A. Kompetensi Kepribadian Guru

Kompetensi kepribadian merupakan salah satu jenis kompetensi yang perlu dikuasai guru, selain 3 jenis kompetensi lainnya: sosial, pedagogik, dan profesional. Dalam Penjelasan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan disebutkan bahwa kompetensi kepribadian guru yaitu kemampuan kepribadian yang: (1) mantap; (2) stabil; (3) dewasa; (4) arif dan bijaksana; (5) berwibawa; (6) berakhlak mulia; (7) menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat; (8) mengevaluasi kinerja sendiri; dan (9) mengembangkan diri secara berkelanjutan. Sementara itu, Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru menjelaskankompetensi kepribadian untuk guru kelas dan guru mata pelajaran, pada semua jenjang pendidikan dasar dan menengah, sebagai berikut:
  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia, mencakup: (a) menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat, daerah asal, dan gender; dan (b) bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan sosial yang berlaku dalam masyarakat, dan kebudayaan nasional Indonesia yang beragam.
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat, mencakup: (a) berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi; (b) berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia; dan (c) berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.
  3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, mencakup: (a) menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil; dan (b) menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.
  4. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, danrasa percaya diri, mencakup: (a)  menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi; (b) bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri; dan (c) bekerja mandiri secara profesional.
  5. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru, mencakup: (a) memahami kode etik profesi guru; (b) menerapkan kode etik profesi guru; dan (c) berperilaku sesuai dengan kode etik guru.
B. Arti Penting Kompetensi Kepribadian Guru
Penguasaan kompetensi kepribadian guru memiliki arti penting, baik bagi guru yang bersangkutan, sekolah dan terutama bagi siswa.  Berikut ini disajikan beberapa arti penting  penguasaan kompetensi kepribadian guru:
  1. Ungkapan klasik mengatakan bahwa “segala sesuatunya bergantung pada pribadi masing-masing”. Dalam konteks tugas guru, kompetensi pedagogik, profesional dan sosial yang dimiliki seorang guru pada dasarnya akan bersumber dan bergantung pada pribadi guru itu sendiri. Dalam melaksanakan proses pembelajaran dan berinteraksi dengan siswa akan banyak ditentukan oleh karakteristik kepribadian guru yang bersangkutan. Memiliki kepribadian yang sehat dan utuh, dengan kerakteristik sebagaimana diisyaratkan dalam rumusan kompetensi kepribadian di atas dapat dipandang sebagai titik tolak bagi seseorang untuk menjadi guru yang sukses.
  2. Guru adalah pendidik profesional yang bertugas untuk mengembangkan kepribadian siswa atau sekarang lebih dikenal dengan karakter siswa. Penguasaan kompetensi kepribadian yang memadai dari seorang guru akan sangat membantu upaya pengembangan karakter siswa. Dengan menampilkan sebagai sosok yang bisa di-gugu (dipercaya) dan ditiru, secara psikologis anak cenderung akan merasa yakin dengan apa yang sedang dibelajarkan gurunya. Misalkan, ketika guru hendak membelajarkan tentang kasih sayang kepada siswanya, tetapi di sisi lain secara disadari atau biasanya tanpa disadari, gurunya sendiri malah cenderung bersikap tidak senonoh, mudah marah dan sering bertindak kasar, maka yang akan melekat pada siswanya bukanlah sikap kasih sayang,  melainkan  sikap tidak senonoh itulah yang lebih berkesan dan tertanam dalam sistem pikiran dan keyakinan siswanya.
  3. Di masyarakat, kepribadian guru masih dianggap hal sensitif dibandingkan dengan kompetensi pedagogik atau profesional. Apabila ada seorang guru melakukan tindakan tercela, atau pelanggaran norma-norma yang berlaku di masyarakat, pada umumnya masyarakat cenderung akan cepat mereaksi. Hal ini tentu dapat berakibat terhadap merosotnya wibawa guru yang bersangkutan dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi sekolah, tempat dia bekerja.
  4. Bukti-bukti ilmiah menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap perkembangan belajar dan kepribadian siswa. Studi kuantitatif yang dilakukan Pangky Irawan (2010) membuktikan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki hubungan erat dan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa. Sementara studi kualitatif yang dilakukan Sri Rahayu (2008) menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki kontribusi terhadap kondisi moral siswa. Hasil studi lain  membuktikan tampilan kepribadian guru akan lebih banyak mempengaruhi minat dan antusiasme anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran (Iis Holidah, 2010)
Dari uraian singkat di atas, tampak terang bahwa begitu pentingnya penguasaan kompetensi kepribadian bagi seorang guru. Kendati demikian dalam tataran realita upaya pengembangan profesi guru yang berkaitan dengan penguatan kompetensi kepribadian tampaknya masih relatif terbatas dan cenderung lebih mengedepankan pengembangan kompetensi pedagogik dan akademik (profesional). Lihat saja, dalam berbagai pelatihan guru, materi yang banyak dikupas cenderung lebih bersifat penguatan kompetensi pedagogik dan akademik.  Begitu juga, kebijakan pemerintah dalam Uji Kompetensi Guru dan Penilaian Kinerja Guru  yang lebih menekankan pada penguasaan kompetensi pedagogik dan akademik.
Sedangkan untuk pengembangan dan penguatan kompetensi kepribadian seolah-olah dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing dan menjadi urusan pribadi masing-masing. Oleh karena itu, marilah kita sama-sama mengambil tanggung jawab ini dengan berusaha belajar memperbaiki diri-pribadi kita untuk senantiasa berusaha menguatkan kompetensi kepribadian kita. Meski dalam berbagai teori kepribadian disebutkan bahwa kepribadian orang dewasa cenderung bersifat permanen, tetapi saya ingin mengutip apa yang disampaikan oleh sahabat saya DR. Uhar Suharsaputra, M.Pd. dalam bukunya “Menjadi Guru Berkarakter”, disebutkan bahwa: “Jika yakin bisa berubah, maka berubahlah… Jika Anda ingin menjadi guru yang baik dan lebih baik, katakanlah terus pada diri sendiri bahwa saya adalah guru yang baik dan lebih baik, dan bayangkan bahwa Anda adalah guru yang baik dan lebih baik dengan kepribadian yang baik dan lebih baik.”
Berkenaan dengan upaya peningkatan kepribadian, Essential Life Skill memberikan tips 10 cara untuk meningkatkan kepribadian, yang isinya dapat disarikan sebagai berikut: (1) Jadilah pendengar yang baik, jadikan teman bicara Anda merasa penting dan dihargai  (2) Perbanyaklah membaca dan perluas interes Anda, (3) Jadilah ahli pembicara yang baik, (4) Milikilah gagasan yang berbeda dan unik sehingga dapat memperluas perspektif  setiap orang tentang Anda, (5) Temui orang-orang baru, terutama yang berbeda dengan Anda, sehingga wawasan Anda menjadi semakin luas, (6) Jadilah diri Anda sendiri,  dengan menunjukkan keotentikan dan  keunikan yang Anda miliki, (7) Milikilah sikap dan pandangan positif, (8) Jadilah orang yang menyenangkan dan memiliki rasa humor, (9) Bersikap suportif  kepada orang lain yang membutuhkan Anda, dan (10) Miliki integitas dan perlakukan setiap orang dengan penuh hormat. Referensi :  www.kuliahbahasainggris.com

Belum Meluncur, Layar Redmi Note 6 dan 6 Plus Sudah Dijual di Toko Online

Belum Meluncur, Layar Redmi Note 6 dan 6 Plus Sudah Dijual di Toko Online

Belum Meluncur, Layar Redmi Note 6 dan 6 Plus Sudah Dijual di Toko Online

Gosipnya Xiaomi pas ini tengah menggarap Redmi Note 6, sebagai pengganti Redmi Note 5. Smartphone ini diperkirakan akan diumumkan sebelum akan akhir tahun ini dan akan bergabung bersama Redmi 6A, Redmi 6, dan Redmi 6 Pro yang belum lama ini udah dirilis.

Belum Meluncur, Layar Redmi Note 6 dan 6 Plus Sudah Dijual di Toko Online

Menariknya, belum terhitung diumumkan kehadirannya, foto tentang layar Redmi Note 6 udah bocor secara online. Sumber gambar berasal dari web belanja online AliExpress dan gambar yang udah diupload menunjukkan bahwa layar smartphone ini punya poni yang ukurannya sama bersama Redmi 6 Pro.

Poni yang ada dialokasikan untuk berisi sensor, lubang suara, kamera depan. Uraian dari unit berikut menjelaskan bahwa layarnya berukuran 6,18 inci dan punya resolusi 1.080 x 2.246 piksel dan tipenya LCD. Satu hal yang menarik, layar smartphone ini dijual amat murah, yakni seharga US$ 56,40.

Tak hanya layar Redmi Note 6, pas ditelusuri lebih dalam, toko online ini terhitung menjual layar yang belum pernah dirilis, yakni Redmi 6 Plus. Ya! Tampaknya akan ada Redmi 6 Plus dan layarnya terhitung terdaftar untuk dijual oleh penjaja yang sama.

Menurut deskripsi, layar Redmi 6 Plus punya ukuran 5,99 inci bersama resolusi 1.080 x 2.160 piksel seperti yang ada terhadap Redmi Note 5. Foto layar yang diperlihatkan oleh penjaja menunjukkan bahwa smartphone berikut terhitung punya poni, tetapi jauh lebih besar ketimbang Redmi Note 6.

Nah! Poni Redmi 6 Plus yang lebih besar sepertinya dialokasikan untuk berisi dua kamera depan, lubang suara, sensor, dan barangkali yang lainnya untuk memasang LED flash. Harga untuk layar ini adalah US$ 48,88.

Sumber : https://www.hargaponsel.net/

Belum Menyerah, HTC Bakal Garap Flagship Diotaki Snapdragon 855

Belum Menyerah, HTC Bakal Garap Flagship Diotaki Snapdragon 855

Belum Menyerah, HTC Bakal Garap Flagship Diotaki Snapdragon 855

Pada th. 2011 lalu, HTC berhasil menelurkan HTC Senation dan Sensation XL. Bahkan keduanya memetik penjualan yang memicu HTC begitu diperhatikan oleh pengagum gadget dan ditakuti oleh para kompetitornya. Namun sehabis itu, HTC justru mengalami penurunan di dalam hal pendapatan.

Belum Menyerah, HTC Bakal Garap Flagship Diotaki Snapdragon 855

Tak hanya pendapatan bulanan, untuk kuartalan dan tahunan, pendapatan HTC juga tetap meroso. Bahkan laporan paling baru yang bergulir di awal pekan ini mengatakan bahwa pabrikan smartphone asal Taiwan ini pendapatan tahunanya turun hingga 53%.

Melihatkan hal ini, tentu saja tak sedikit yang kini mencurigakan keberlangsungan usaha yang dikerjakan oleh HTC. Meski begitu, desain senior HTC, Kevin Duo mengutarakan lewat profilnya di LinkedIn bahwa HTC masih tetap mengusahakan menghadirkan perangkat terbarunya.

Ya! Setelah menggunakan Snapdragon 845 di awal th. ini, HTC tampaknya tengah mengembangkan sebuah smartphone yang di dalamnya bercokol chipset Snapdragon 855. Tentu saja ini sebuah sinyal yang dilempar oleh HTC bahwa mereka dapat senantiasa beradu di industri ini.

Snapdragon 855 adalah chipset milik Qualcomm yang hingga sementara ini belum diumumkan kehadirannya. Chipset ini sendiri digadang-gadang dapat dibangun menggunakan teknologi proses 7nm. Jelas, tak hanya menawarkan kinerja yang lebih baik, chipset ini juga dapat menyajikan efesiensi yang benar-benar signifikan.

Selain proses pengembangannya yang diperbarui, chipset ini juga dijanjikan dapat punya kinerja yang lebih baik berasal dari Kirin 980 buatan Huawei atau A12 yang diproduksi oleh Apple. Disebut-sebut, chipset ini juga dapat terintegrasi dengan modem Snapdragon X24 yang mencakup perlindungan 4G LTE.

Seperti yang ditulis oleh Duo di dalam profilnya, tampaknya HTC juga tengah merencanakan untuk mengadopsi Snapdragon X50 yang lebih superior. Sudah jelas, permintaan HTC ini untuk mewujudkan keinginannya mengembangkan sebuah smartphone dengan perlindungan konektivitas 5G.

Apakah trick yang dikerjakan oleh HTC dengan mengadopsi Snapdragon 855 dapat berhasil? Tentu saja pertanyaan ini baru sanggup terjawab jika HTC mengimplementasikan keinginanya tersebut dan smartphone yang dibuatnya itu menawarkan banyak fitur yang mengejutkan bagi calon penggunanya. Bukan begitu?

Trik Belajar Efektif Dan Efisien

Selain makanan, sandang dan juga papan, sebenarnya ada satu kebutuhan dasar lain yang juga sangat penting untuk dipenuhi yaitu pendidikan. Pendidikan ini adalah aspek penting untuk dipenuhi dalam rangka memberikan jaminan hajat hidup yang layak bagi rohani dan alam pikir kita.

Silhouette of Father and Son on a Golf Course
Silhouette of Father and Son on a Golf Course

Dalam dunia pendidikan yang juga terkait dengan sangat penting adalah soal belajar. Pendidikan tanpa belajar tentu ibarat manusia tanpa nyawa atau ibarat harimau tanpa taring yang tak ada pedang sama sekali dalam perlindungan dirinya. Belajar adalah aspek perlindungan diri dari ditindasnya kita oleh orang – orang yang lebih paham tentang definisi suatu ilmu sekaligus dapat menjadi sebuah aspek yang menjadi sangat penting dalam penerapannya. Lantas apa saja trik belajar yang efektif dan efisien untuk dilakukan?

Trik Belajar Efektif Dan Efisien 

Rangkum semua pokok pembelajaran

Ada baiknya sebagai langkah pertama dalam pembelajaran yang Anda lakukan adalah dengan Anda mencatat pokok – pokok pembelajaran. Aspek ini memang sangat penting. Mengapa? Hal ini karena jika Anda baca 1 buku maka tidak akan intensif dan efektif waktunya. Karena itu Anda rangkum dulu pokok pembelajaran dan kemudian Anda pahami saja rangkuman Anda. Ingat Anda perlu pahami bukan menghafal karena aspek yang satu ini tentu sangat baik dalam menerapkan metode belajar yang efektif dan efisien.

Modifikasi serupa dengan nama sesuatu

Metode yang satu ini juga menjadi sebuah metode yang sangat dianjurkan ketika menjelang ujian. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan nama – nama yang hampir mirip untuk dapat mengingatkan kita tentang materi. Cara ini juga efektif digunakan otak untuk mengingat lebih detail atas sesuatu hal.

Belajar dengan praktek

Belajar sembari dengan melakukan praktek memang langkah pembelajaran yang efektif. Cara belajar ini juga nantinya akan membuat Anda tak merasa bosan. Anda juga tidak akan mudah jenuh dengan penerapan metode dan cara belajar ini. Anda bisa coba melakukan prakteknya secara langsung. Misalkan IPA seperti botani atau avertebrata maka nantinya Anda dapat belajar sembari mengamati tumbuhan atau hewan yang ada kaitannya dengan pembahasan sehingga Anda cukup amati dan mengerti tanpa perlu menghafal yang berpotensi lupa.

Buat suasana belajar yang nyaman

Yang juga sangat penting Anda lakukan adalah bagaimana cara Anda dalam membangun suasana yang nyaman untuk belajar. Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, makan atau mungkin belajar di taman atau sebagainya. Yang penting ciptakan kondisi belajar yang nyaman.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Trik Belajar Efektif Dan Efisien. Semoga trik diatas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk Anda dan menjadi informasi yang menginspirasi. referensi  https://www.sekolahbahasainggris.com/

 

Tips Mendidik Anak Hiperaktif yang Benar

Siapa yang bilang jika mendidik anak hiperaktif tersebut susah. Malahan mendidik anak hiperaktif ini jauh lebih mudah lho dibandingkan mendidik anak pendiam. Anak yang hiperaktif ini sangat mudah diketahui apa yang dia mau, sementara itu anak yang pendiam umumnya suka buat bingung Anda untuk tahu dia maunya apa, sebab dia lebih suka diam atau pun malu untuk ungkapkan apa yang dia mau.

Tips Mendidik Anak Hiperaktif yang Benar
Tips Mendidik Anak Hiperaktif yang Benar

Nah, berikut ini kami informasikan beberapa cara atau tip mudahnya mendidik anak hiperaktif yang nantinya bisa membantu anak Anda untuk jadi cerdas dan berkarakter.

Tips mendidik anak hiperaktif

  • Pastikan anak Anda mendapat kegiatan tambahan. Dengan cara satu ini, maka anak memiliki tempat yang dapat dia gunakan untuk lapiaskan hiperaktifnya. Umumnya tempat yang paling pas untuk lakukan hal ini adalah karate, olahraga ola, atau renang. Beberapa kegiatan tambahan iu butuh kerja keras dan juga tantangan yang luar biasa, sehingga Anda dapat menjadikan anak lebih percaya diri lagi dan semakin baik prestasinya.
  • Jangan lupa juga untuk mengajarkan atau mendidik anak Anda untuk bisa duduk diam sewaktu makan. Walaupun anak Anda banyak tingkat, Anda juga harus bisa membuatnya mengerti bahasannya ada saatnya dimana dia tak boleh hiperaktif, yakni pada saat makan. Tak hanya makan, akan tetapi juga pada saat lakukan beberapa hal lainnya yang normalnya butuh ketenangan. Dengan mendidik anak untuk sikap baik seperti ini, maka mereka nantinya juga bisa jadi anak yang tahu sopan santun dan juga tahu kapan harus bersikap hiperaktif serta kapan harus bersikap yang normal atau pun tenang.
  • Jangan segan-segan untuk buat anak Anda jadi gembira di setiap mereka menginginkan. Pastikan anak Anda diberi beberapa fasilitas yang menyenangkan di dalam rumah. Hal yang demikian ini dapat Anda lakukan dengan cara membelikan anak mainan yang bermanfaat yang bisa bantu proses tumbuh kembangnya yang baik. Anda bisa memberi fasilitas internet untuk anak Anda, supaya dia juga bisa bermain sembari belajar. Cara tersebut juga bisa menjadikan anak Anda kenali sisi lain dari dunia teknologi dan juga membuat hiperaktifnya lebih terarahkan ke hal positif.
  • Sebaiknya Anda hati-hati saat memasukkan anak ke sekolah. Pilih sekolah yang akan menentukan perkembangan sifatnya yang lebih baik di kemudian hari. Kesalahan Anda di dalam memilihkan sekolah nantinya akan berakibat fatal dengan rusaknya moral anak Anda sendiri.

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya tentang tips mendidik anak hiperaktif yang benar, yang bisa kami bagikan. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : www.dosenpendidikan.com