Jokowi Serahkan KIP untuk 4.000 Pelajar di Gorontalo

Jokowi Serahkan KIP untuk 4.000 Pelajar di Gorontalo

Jokowi Serahkan KIP untuk 4.000 Pelajar di Gorontalo

Jokowi Serahkan KIP untuk 4.000 Pelajar di Gorontalo
Jokowi Serahkan KIP untuk 4.000 Pelajar di Gorontalo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)

kepada 4.000 pelajar SD sampai SMA/SMK di Gorontalo. Penyerahan KIP diadakan di Gelanggang Olahraga David-Tonny, Gorontalo, Jumat (1/3).

Pada kesempatan itu, Jokowi berharap agar dana bantuan pendidikan melalui KIP digunakan tepat sasaran. “Hati-hati. Anak-anakku semua, dana yang ada di kartu ini hanya digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkap skema pembiayaan bagi pelajar setiap tingkatan. Bagi pelajar SD dana yang diberikan sebesar Rp 450.000 per tahun. Pelajar SMP mendapatkan Rp 750.000, sedangkan tingkat SMA/ SMK sebesar Rp 1 juta.

“Anak-anak (SD) di kartunya ada dana Rp 450.000. Jadi hati-hati pegang kartunya.

Untuk yang SMP sudah tahu ada berapa? Rp 750.000. Yang SMA/SMK ada berapa dana yang ada di dalam kartu? Rp 1 juta,” ungkap Jokowi.

Diketahui, anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu dan yatim piatu terdaftar sebagai penerima bantuan tunai pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menjelaskan, penerima KIP pada 2019 di Gorontalo sebanyak 80.502 siswa.

“Jumlah siswa penerima KIP tahun 2019 untuk semua jenjang di Provinsi Gorontalo

sejumlah 80.502 siswa. Adapun nilai anggarannya adalah Rp 41.170.700.000,” jelas Muhadjir seraya menyebut jumlah penerima bakal bertambah seiring adanya usulan penerima KIP baru.

Sebelum menyerahkan KIP, Jokowi terlebih dahulu meresmikan rumah susun sederhana (rusunawa) Asrama Putri Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG). Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di UMG dengan menggunakan becak motor (bentor).

Bentor merupakan transportasi yang menjadi ciri khas Gorontalo. Ratusan mahasiswa/ mahasiswi tampak menyambut antusias kehadiran Jokowi dan Iriana. Jokowi menandatangani prasasti peresmian rusunawa yang memiliki empat lantai.

Pada kegiatan itu, Jokowi dan Iriana didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

 

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/lili.ariyanti/2018/08/12/sejarah-masjid-agung-sang-cipta-rasa/