TK Aisyiyah Busthanul Athfal Gelar Peringatan 100 Tahun

TK Aisyiyah Busthanul Athfal Gelar Peringatan 100 Tahun

TK Aisyiyah Busthanul Athfal Gelar Peringatan 100 Tahun

TK Aisyiyah Busthanul Athfal Gelar Peringatan 100 Tahun
TK Aisyiyah Busthanul Athfal Gelar Peringatan 100 Tahun

Taman Kanak-kanak Aisyiyah Busthanul Athfal (TK ABA) yang didirikan di Kauman Yogyakarta

memperingati 100 tahun kelahirannya. Sejarah telah merekam jejak pengabdian Aisyiyah pada pendidikan anak usia dini (PAUD) sejak 1919.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (15/8/2019), disebutkan pendidikan saat itu hanya tersedia untuk kalangan yang dekat dengan pemerintahan penjajahan Belanda. Pendidikan saat itu juga tidak mendidik anak secara Islami dan menjauhkan ideologi kebangsaan.

Aisyiyah sebagai sayap organisasi perempuan dari Muhammadiyah menyadari adanya persoalan

pendidikan anak yang memprihatinkan pada saat itu. Dengan pemikiran penguatan pada konsepsi institusi keluarga dan melahirkan generasi penerus yang berkualitas untuk membangun bangsa, Nyai Siti Walidah–istri KH Ahmad Dahlan–melalui Aisyiyah mempelopori kegiatan di bidang pendidikan bagi kaum wanita.

TK ABA merupakan PAUD yang pertama kali dimiliki pribumi di masa penjajahan Belanda. TK ABA berdiri atas inisiasi putri Muhammad Kamaludin Ningrat yang bernama Siti Umniyah yang saat itu menjabat ketua Siswo Proyo Wanito, sebuah perkumpulan pelajar wanita sekolah Muhammadiyah yang dibentuk oleh Sumo Dirjo.

Berawal dari TK ABA Kauman yang menjadi pelopor PAUD di Indonesia, saat ini TK ABA

yang dikelola Aisyiyah telah tersebar di seluruh penjuru Tanah Air hingga ke luar negeri.

Perayaan 100 tahun ini akan dijadikan momentum untuk Aisyiyah dalam aksi ber-ta’awun (tolong-menolong) dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang ramah anak dan berkualitas. Selain itu akan digelar berbagai acara mulai dari tingkat pusat, wilayah, daerah, cabang, dan ranting.

Kegiatan diawali talk show “Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Sarana Penanaman Nilai Nasionalisme dan Toleransi” di Jakarta. Selanjutnya pada 21-22 Agustus 2019 digelar seminar internasional di FKIP Universitas Hamka Jakarta, serta Tasyakur Akbar 100 Tahun TK Aisyiyah Busthanul Athfal pada 16 November 2019 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam acara tasyakur juga akan digelar Aisyiyah Education Expo 2019, Gerakan Philanthrophy 100 Tahun TK Aisyiyah Busthanul Athfal, dan pemberian penghargaan kepada pendidik dan penggiat PAUD Aisyiyah.

 

Baca Juga :