MENGHEMAT BATTERY TABLET PC YANG MENGADOPSI

MENGHEMAT BATTERY TABLET PC YANG MENGADOPSI

MENGHEMAT BATTERY TABLET PC YANG MENGADOPSI

MENGHEMAT BATTERY TABLET PC YANG MENGADOPSI
MENGHEMAT BATTERY TABLET PC YANG MENGADOPSI

Jika di tanya tekhnologi apa yang saat ini yang lagi ngetrend? Jawabnya adalah Tablet PC, bahkan banyak yang bilang tahun 2011 adalah tahunnya Tablet PC. Berbagai macam Tablet PC muncul di pasaran seperti iPad, HP Slate 500, Asus Eee PC T91, Samsung Galaxy Tab, Dell streak, tablet PC keluaran china dan lain-lain. Sistem operasi yang di gunakan pada setiap Tablet PC juga bermacam-macam iPad dengan IPad OS, HP Slate 500 dengan Windows 7, Samsung Galaxy Tab dengan Androidnya. Setiap sistem operasi juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan penggunaan penggunanya.
Pada kesempatan kali ini penulis tidak akan membahas kelebihan dan kekurangam antar sistem operasi yang di gunakan Tablet PC tetapi akan membahas tips bagaimana menghemat battry Tablet PC yang menggunakan Windows 7. Mungkin sebagian pembaca tahu bahwa Windows 7 tidak di buat untuk Tablet PC tetapi untuk komputer reguler dan jika itu di terapkan pada Tablet PC tentu komsumsi battery-nya akan sangat besar, mungkin hanya iPad OS saja yang dibuat memang benar-banar untuk tablet PC karena Andriod OS juga sebenarnya dibuat untuk phonsel pintar.
Mengingat konsumsi battery yang sangat besar Windows 7 untuk Tablet PC penulis mempunyai beberapa tips agar dapat memperpanjang waktu hidup Tablet PC tersebut selain itu tips ini juga bisa di gunakan pada PC atau juga Laptop. Banyak perangkat seperti Bluetooth, kartu jaringan (NIC), Wireless Lan yang tetap memakan daya atau dalam keadaan On meski tidak di gunakan, hal itulah salah satu penyebab borosnya penggunaan battery. Karena itu kita harus dapat mengatur perencanaan daya agar tidak boros battery.
Untuk mengatur perencanaan daya pada Windows 7 ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka Power Option, dari Menu Start – Control Panel – Hardware and Sound kemudian klik Power Option.
2. Kemudian pada Power Option Klik Create a power plan.
Sebenernya kita juga bisa menggunakan Power Plan yang sudah ada kemudian mengeditnya, tetapi di syarankan untuk membuat Power Plan baru agar.

3. Muncul jendela Create a Power Plan, pilih Power Saver kemudian pada Plane Name isikan Penggunaan Hemat kemudian klik tombol Next.
Pada Power Plan terdapat 3 pilihan yaitu :
a. Balance : akan secara otomatis menyeimbangkan antara performance dan penggunakan daya berdasarkan kemampuan hardware
b. Power saver : akan menggunakan konsumsi daya seminimal mungkin, karena itu biasanya performance akan menurun, pilihan ini cocok jika Tablet PC, PC atau laptop tidak dalam keadaan ter-charge.
c. High performance: akan di gunakan daya yang maksimal demi performance, jelas pilihan ini akan boros daya. Sebaiknya menggunakan pilihan ini pada saat Tablet PC, PC atau laptop ter-charge.

4. Muncul jendela change settings for the plan: Pengguna hemat, kemudian pilih Create.
a. Dim the disyplay : untuk mengatur setelah menit keberapa layar akan di redupkan, baik ketika komputer dalam keadaan ter-charge atau tidak.
b. Turn off the display : untuk mengatur kapan layar akan di matikan di saat komputer tidak terpakai.
c. Put the computer to sleep : untuk mengatur kapan komputer akan berubah ke status sleep.
d. Adjust plan brightness : untuk mengatur tingkat kecerahan layar monitor, semakin cerah semakin banyak daya yang di pakai, sesuaikan dengan kebutuhan kamu jangan sampai terlalu cerah atau terlalu redup membuat matamu sakit.

Baca Juga :