Apa Aja Sih Phobia-Phobia Dalam Dunia Teknologi

Apa Aja Sih Phobia-Phobia Dalam Dunia Teknologi

Apa Aja Sih Phobia-Phobia Dalam Dunia Teknologi

Apa Aja Sih Phobia-Phobia Dalam Dunia Teknologi
Apa Aja Sih Phobia-Phobia Dalam Dunia Teknologi

Hae bero, ada dari kalian yang mempunyai phobia gak? Kalo saya sih jujur aja phobia sama yang namanya ketinggian. Takut kalo tar jatoh gitu, kan atit. Apalagi jatoh ke hati cewek kece, ngeri deh bero, soalnya pasti ditolak. Nah tapi sebenernya apa sih phobia itu bero? Bukan phobia latjuba ceweknya aril noah itu loh bero, tapi phobia disini adalah kondisi dimana seseorang takut akan suatu hal secara berlebihan gitu.

Banyak banget contoh-contoh dari phobia ini, misalnya nih phobia akan ketinggian, phobia akan tempat sempit, phobia akan tempat gelap, bahkan saya pernah melihat di tipi ada orang yang phobia sama benda-benda yang ada disekitar kita kayak karet gelang dan balon.
Phobia Teknologi

Phobia Teknologi

Tapi nih bero, ternyata ada juga loh phobia yang berhubungan sama teknologi/gadget gitu. Menurut dokter spesialis phobia asal Canada yang bernama Dr. Martin Antony, phobia dapat dikatakan sebagai phobia yang spesifik gitu. Soalnya phobia akan teknologi/gadget ini kan jarang banget diidap oleh orang-orang gitu, tapi toh ternyata ada juga orang yang phobia terhadap teknologi/gadget, aneh-aneh aja ya bero.
1. Technopobia

Dari namanya juga udah bisa ditebak kalo phobia ini adalah ketakuan akan teknologi. Phobia akan teknologi ini pada awal mulanya disebabkan oleh revolusi industri gitu bero. Jaman dulu kan kalo pabrik-pabrik pake tenaga manusia buat menghasilkan suatu produk gitu, nah setelah adanya revolusi industri maka tenaga manusia sudah banyak digantikan oleh yang namanya alat-alat berteknologi canggih gitu. Mungkin karena adanya peralatan berteknologi canggih itu menyebabkan pekerja jaman dulu menjadi merasa tidak nyaman jika berada di antara alat-alat tersebut, hingga jadi takut berlebihan deh.
2. Nomophobia

Nomophobia adalah takut jika tidak membawa hape kemana-mana atau takut jika tidak mempunyai hape. Phobia

ini mungkin secara tidak sadar bisa menyerang salah satu diantara kita ya bero, maklum sekarang kan kita kemana-mana bawa hape gitu. Kalo lupa gak bawa hape udah kayak kehilangan nyawa aja. Nah menurut para pakar yang berkecimpung di dunia phobia, orang -orang yang seperti ini dapat dikatakan nomophobia. Nomophobia sendiri diambil dari kependekan kata Nomo yang berarti No Mobile atau tanpa hape dan kata phobia.
3. Cyberphobia

Cyberphobia adalah ketakutan akan komputer. Keliatannya aneh ya bero, tapi ternyata ada loh orang yang bener-bener takut sama komputer dan semua hal yang berhubungan dengan komputer. Padahal jaman sekarang banyak hal yang berkaitan sama komputer, jangan sampai kita mengidap phobia jenis ini bero, hiiii.
4. Telephonophobia.

Phobia ini bukan berarti phobia sama yang namanya telepon ya bero. Phobia ini adalah ketakutan untuk menjawab

telepon masuk dan takut akan bunyi dering telepon. Kalo ada orang yang merasa teritimidasi akan dua hal tersebut, maka orang tersebut bisa dikatakan mengidap telephonophobia. Paling phobia jenis ini banyak menyerang orang yang sering banget ditagih utangnya lewat telepon, atau menyerang orang yang sering diteror sama mantan lewat telepon juga bisa.
5. Selfiephobia.

Ternyata gak semua orang suka selfie ya bero. Bahkan ada juga orang yang takut jika harus memfoto dirinya

sendirian. Ketakutan tersebut dinamakan selfiephobia. Mungkin penyebab selfiephobia ini adalah kalo dia merasa tidak fotogenic gitu, jadi raut mukanya kalo pas selfie gak sedap buat dipandang mata. Wah sepertinya saya mengidap selfiephobia nih bero, soalnya tiap pas foto gitu muka saya keliatan jelek gak sedap dipandang, ato emang muka saya udah mentok kayak gitu ya? Hufftt.

gambar: Phobia Harus Dilawan via Shutterstock

Sumber:

https://www.urusizin.co.id/slots-pharaohs-way-apk/