Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Kini

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Kini

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Kini

Mengenal pengertian Komputer, generasi komputer dan sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang | Komputer merupakan jenis alat teknologi canggih yang berfungsi dalam mengolah data dan perintah yang secara teknis sudah dirumuskan. Definisi secara luas, komputer diartikan sebagai suatu peralatan teknologi elektronik yang disusun oleh beberapa komponen.

Sehingga kombinasi komponen ini dapat bekerja sama dalam menghasilkan suatu informasi berupa program dan data. Beberapa komponen pendukung komputer yaitu CPU, layar monitor, keyboard, mouse, dan perlatan pelengkap lain seperti printer, scanner, speaker dan lainnya.

Seiring perkembangan komputer, komputer sudah semakin canggih. Tapi sebelum secanggih ini komputer mengalami perkembangan dari tahun pertama pembuatan hingga sampai saat ini. Nah informasi mengenai sejarah komputer ini patut anda ketahui. Karena percuma anda bisa menggunakan tapi tidak tahu sejarahnya. Itung itung ini untuk menambah pengetahuan anda.
Baca Juga:

5 Urutan Prosesor AMD Terbaik Dari Yang Terendah Hingga Tertinggi
TOP 10 Processor Komputer PC Terbaik Dari Intel dan AMD 2019
10 Processor Komputer PC Terbaik Saat Ini dari Intel dan AMD 2019

Menurut sejarah komputer mengalami 6 fase mulai dari lahirnya komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, komputer generasi kelima, komputer generasi kenam dan komputer generasi terbaru. Berikut ini Sejarah Perkembangan Komputer dari Awal Sampai Sekarang
Sejarah komputer dan cikal bakal lahirnya komputer

Ditahun sekitar 1791-1871, dikenal seorang ahli matematika asal inggris bernama charles babbage yang dikenal sebagai bapak komputer. Bapak charles atau yang dikenal dengan professor babbage adalah orang pertama yang memperkenalkan prinsip awal komputer digital yang menggunakan program.

Awal perkenalannya, saat itu professor babbage membuat mesin penyimpanan program yang berguna melakukan perhitungan dan mampu mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin ini dioperasikan menggunakan tenaga uap. Sehingga mesin ini disebut mesin diferensial.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama 1 smapai ke 5

Beberapa tahun kemudian, professor babbage merancang mesin yang lebih canggih lagi yang diberi nama mesin analitik yang merupakan mesin komputer general purpose yang pertama di dunia. Dimana mesin ini dirancang menggunakan 50.000 komponen.

Mesin ini memiliki desain dasar dengan mebggynakan kartu yang berlubang (perforasi) dimana kartu ini berisi intruksi operasional penggunaan mesin tersebut. Nah dari sinilah dimuali sejarah komputer dan perkembangan komputer.
Sejarah perkembangan komputer generasi pertama

Cerita sejarah komputer pun berlanjut. Perkembangan komputer sejak saat itu terus mengalami perkembangan. Seperti pada masa berlangsungnya perang dunia ke dua (1939-1945) mulai dikembangkan komputer modern generasi pertama. Dimana komputer ini dirancang dengan menggunakan tabung hampa udara (tabung vakum) yang dapat digunakan untuk memperkuat sinyal listrik.

Untuk desain dan ukuran komputer generasi pertama sangat besar, bahkan ukurannya bisa hampir sebesar rumah. Tentunya komputer generasi pertama ini harganya sangat mahal. Dan kekurangan dari komputer generasi pertama jnj, sistem operasinya tidak secepat seperti komputer sekarang ini dan energi yang diperlukan juga sangat besar. Selain itu komputer yang memiliki mainframe yang kuat ini mulai dikembangkan pada tahun 1950-1960.
Sejarah perkembangan komputer generasi kedua

Di jaman ini perlahan perkembangan komputer mulai terlihat. Dimana komputer generasi kedua ini dilengkapi dengan komponen elektronik transistor yang berguna sebagai penguat, pemotong, dan membagi arus listrik.Sehingga dengan komponen elektronik ini memberikan perubahan yang drastis pada perkembangan teknologi komputer. Tapi jangan khawatir ukuran transistor relatif kecil yakni ukurannya sebesar biji kacang. Sehingga
Sejarah perkembangan komputer generasi ketiga

Penemuan sejarah dan perkembangan komputer terus berlanjut yakni di tahun 1958,

seorang professor ahli bernama jack kilby telah berhasil mengembangkan sirkuit terpadu atau IC (integrated circuit) yang merupakan solusi dalam mengatasi kelemahan sistem transistor. Penggunaan komponen IC ini menjadi dasar penggunaan sistem operasi.

Perkembangan komputer menggunakan sistem sirkuit terpadu atau IC

menjadikan komputer generasi ketiga memiliki kecepatan yang tinggi, kapasitas memori yang besar, hemat listrik sehingga harga komputer generasi ketiga lebih murah dibandingkan komputer generasi kedua.
Sejarah perkembangan komputer generasi keempat

Pada komputer generasi keempat ini ukurannya menjadi semakin kecil.

Bahkan lebih kecil dari komputer generasi sebelumnyal hal ini dikarenakan seluruh komponen pada komponen diletakkan dalam sebuah chip berukuran kecil. Selain itu sistem komputansi pada generasi ini mulai berkembang.

 

Baca Juga :