Kiat Mudah Jaga Imun Tubuh Tetap Prima ketika Berpuasa

Puasa ramadan mewajibkan kita untuk menyangga rasa lapar dan haus, mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam. Karena pola santap berubah dari seringkali sementara kegiatan tetap saja, pastinya dapat memprovokasi sistem kekebalan tubuh atau imun. Padahal mengawal sistem imun menjadi di antara kunci penting supaya fokus dan stamina tetap prima, terlebih ramadan kali ini bersamaan dengan wabah virus yang mematikan.

Di tengah situasi ketika ini, anda tentu hendak puasa dan kegiatan kerja berjalan fasih serta mempunyai tubuh yang sehat supaya mudah mencegah penyakit. Maka dari itu, mengawal sistem imun menjadi sesuatu yang jangan disepelekan.

1. Asupan Makanan Sehat dan Bergizi

Pola santap yang berubah ketika puasa menciptakan sistem imun rentan menjadi lemah. Solusinya ialah dengan mengisi asupan nutrisi makanan ketika sahur dan puasa. Makanan sahur paling penting diacuhkan untuk menemukan sumber energi supaya kamu tetap bugar. Konsumsi makanan yang berisi karbohidrat kompleks, protein, kaya serat dan minum air putih yang cukup.

Pada ketika berbuka puasa konsumsi makanan enteng dahulu laksana kurma dan hindari makanan tinggi lemak. Awali dengan minum air putih atau air hangat dan hindari air dingin di mula karena bisa mengganggu tenggorokan dan pencernaan. Bagi makanan tidak terdapat bedanya dengan ketika sahur, tetap berisi karbohidrat, protein dan kaya serat. Saat berbuka puasa, ingatlah guna tidak santap terburu-buru dan berlebihan.

2. Tidur Cukup dan Teratur

Kurang tidur sekitar puasa dapat menjadi penyebab menurunnya sistem imun. Begitu pun bila tidurnya tidak berbobot | berbobot | berkualitas atau teratur. Karena mesti terjaga bangun sahur, pastikan kita tidak begadang atau istirahat larut malam. Untuk mengawal energi, kita juga dapat sejenak istirahat di siang hari. Pastikan tidak membudayakan terjaga di malam hari dan justeru tidur di pagi hari sampai bangun terlampau siang.

Tidur lumayan dan tertata tak melulu perkuat sistem imun namun pun turut menolong meregenerasi sel-sel tubuh, mengawal berat badan, pelancar metabolisme dan mengurangi hormon yang merangsang munculnya stress.

3. Berhenti Merokok

Tidak melulu selama puasa saja, bakal lebih baik lagi menghilangkan kelaziman merokok sepenuhnya dari hidup Anda. Sebab merokok ialah musuh terbesar antioksidan dalam tubuh, andai antioksidan lemah, sistem tubuh susah diperkuat. Lebih dari itu, efek mengisap rokok memperbesar resiko penyakit laksana kanker, paru-paru sampai pneumonia. Terlebih ketika ini tengah terjadi wabah yang mematikan.

4. Aktif Bergerak

Puasa ramadan dan kewajiban di lokasi tinggal saja tak kemudian menjadi dalil untuk malas bergerak. Justru sebab situasi physical distancing ketika ini, Anda mesti memperkuat sistem imun dengan aktif bergerak. Tidak berat kok, kita beraktivitas jasmani seperti biasa di lokasi tinggal saja, menyapu, mengepel, membasuh piring, tidak boleh terlalu lama duduk ketika bekerja maupun menonton.

Luangkan waktu guna olahraga enteng yang tidak mengeluarkan tidak sedikit energi dan keringat, sekadar stretching dan yoga juga bisa. Kalau merasa jenuh dan tidak cukup semangat aktif bergerak dari rumah, Anda dapat mencoba urusan baru dengan mengekor Get Fit With Isoplus.

Baca Juga :