Mahasiswa Universitas Brawijaya ciptakan penyedap “ogla”
By: Date: June 7, 2020 Categories: teknologi

Mahasiswa Universitas Brawijaya ciptakan penyedap “ogla”

Mahasiswa Universitas Brawijaya ciptakan penyedap ogla

Lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) Malang menciptakan penyedap rasa alami dari limbah air atau ekstrak pindang yang diberi nama Organic Glutamic Acid (Ogla) dan aman untuk dikonsumsi.

Ketua Tim pencipta Ogla, Bagas Prasetya, Selasa, mengatakan diciptakannya Ogla ini

dilatarbelakangi adanya keraguan masyarakat dalam mengkonsumsi penyedap rasa ber-MSG (vitsin) yang menjadi kontroversi. Hal ini terkait dampak akut (kronis) yang ditimbulkannya.

“Bahkan, Food and Drug Administration(FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengakui bahwa MSG hanya akan aman apabila dikonsumsi dalam takaran yang sesuai, namun dapat menimbulkan alergi terhadap orang yang berkebutuhan khusus atau sensitif terhadap MSG,” ujarnya di Malang, Jawa Timur.

Berdasarkan kondisi tersebut, lanjutnya, dimulailah diskusi dan riset terkait potensi

sumber daya perikanan yang dapat dijadikan inovasi produk penyedap rasa alami, yakni limbah air pindang ikan layang yang telah terstandarisasi bebas formalin dan senyawa bahaya lainnya.

Ia memaparkan air hasil rebusan pindang ikan layang ternyata mengandung asam glutamat yang tinggi dan menghasilkan rasa gurih alami. “Kalau ada air pindang yang bebas formalin dan pengolahannya menggunakan bahan-bahan alami, berikan pada kami biar kami olah,” ucapnya.

Menurut Bagas, perlu adanya upaya untuk mengolah limbah air pindang ikan

layang yang telah terstandarisasi tersebut agar lebih ramah lingkungan dan lebih bernilai ekonomi. Tentunya ini akan menjadi terobosan baru untuk mendongkrak perekonomian negara agar tidak bergantung lagi dengan produk-produk impor.

“Sekarang adalah waktunya untuk mencintai produk dalam negeri melalui karya-karya mahasiswa yang inovatif,” tuturnya.

sumber :

http://rahmad.blog.unismuhpalu.ac.id/seva-mobil-bekas/