YouTube: Pendapatan TV kabel di AS
By: Date: June 22, 2020 Categories: teknologi
YouTubePendapatan TV kabel di AS

YouTube: Pendapatan TV kabel di AS

 

YouTubePendapatan TV kabel di AS

YouTubePendapatan TV kabel di AS

Google Alphabet, perusahaan induk, membukukan pendapatan pada kuartal keempat 2019. Antara lain, Google

mengungkapkan pendapatannya dari iklan di platform hosting video populernya, YouTube.

Lebih menguntungkan daripada saluran berlangganan
Seiring YouTube tumbuh secara eksponensial selama bertahun-tahun, pendapatan perusahaan dari iklan di platform juga meningkat. Total pendapatan Alphabet adalah $ 162 miliar , dan 9,4% dari itu berasal dari iklan.

Pendapatan dari iklan YouTube pada 2017 adalah $ 8,15 miliar, pada 2018 naik menjadi $ 11,16 miliar, dan pada

2019 mencapai $ 15,15 miliar . Singkatnya, pendapatan Alphabet dari iklan YouTube meningkat 36% setiap tahun . Ini adalah peningkatan terbesar yang kami lihat, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan Alfabet lainnya . Misalnya, pendapatan dari iklan Google meningkat hanya 16% per tahun.

Menariknya, pendapatan iklan YouTube jauh lebih tinggi daripada perusahaan TV kabel di Amerika Serikat.

Menurut PCMag pada tahun 2018, NBC melaporkan pendapatan iklan sebesar $ 7 miliar. Masing-masing, CBS memiliki $ 6 miliar dan Fox hanya $ 5 miliar. Dengan kata lain, pendapatan iklan YouTube dua kali lipat dari kabel di Amerika Serikat.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar dari pendapatan ini ditransfer ke pembuat konten platform. Juga, server tempat konten disimpan dibayar dan dikelola oleh uang itu. Ini berarti bahwa tidak diketahui berapa penghasilan bersih Alphabet dari YouTube dan apakah platform itu menguntungkan atau tidak menguntungkan.

Baca Juga: