Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
By: Date: June 29, 2020 Categories: teknologi Tags:

Blogging adalah kegiatan yang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Semakin banyak blogger baru datang dengan topik penulisan dan gaya yang berbeda. Kita dapat menggunakan banyak platform untuk membuat blog, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy dan banyak lagi. Namun, saya sadar bahwa kebanyakan blogger Indonesia menggunakan WordPress dan Blogger (blogspot). Jadi saya akan berbicara sedikit tentang cara membuat blog di kedua platform ini.

Oh ya, saya membuat posting ini khusus untuk teman-teman yang tidak mengerti bagaimana membuat blog, apakah itu WordPress atau Blogger. Jadi jika Anda sudah mengerti caranya, menurut saya, artikel ini tidak perlu lagi dibaca. Nah, bagi Anda yang tidak mengerti cara menulis blog di WP atau Blogger, silakan baca terus, dan jangan lupa untuk menyiapkan makanan ringan dan minuman karena postingan ini agak lama.

Di sisi lain, saya menyebutkan bahwa kedua layanan ini – WordPress dan Blogger – menawarkan layanan blog gratis. Meskipun keduanya menyediakan layanan blog gratis, kedua platform ini berbeda satu sama lain. Nah, pertama-tama pelajari apa kelebihan dan kekurangan dari kedua platform ini untuk menemukan platform yang paling cocok untuk Anda.

Cara menjadi blog gratis di Blogger.com (Blogspot)

Membuat Blog dengan Blogger

Blogger.com adalah platform blogging gratis Google. Anda dapat membuat blog gratis di blogger, baik menggunakan subdomain dan gratis, atau menggunakan domain Anda sendiri dan gratis di blog. Nah, posting ini akan membahas cara membuat blog di Blogspot dengan subdomain dan gratis dengan Blogger.com.

Sebelum Anda membuat blog di blogger, saya sarankan Anda memiliki akun email untuk Google Mail (gratis). Ini akan menyederhanakan proses pembuatan blog Anda. Jika Anda tidak mengerti cara membuat email, Anda dapat membaca beberapa posting tentang cara membuat email. Jika Anda sudah memiliki akun email Gmail, cukup ikuti proses blogging blogspot, berikut caranya:

1. Langkah pertama adalah membuka Blogger.com, klik tautan ini untuk membuka Blooger Indonesia di browser Blogger.com Anda

Cara membuat blog gratis di Blogger.com
Cara membuat blog gratis di Blogger.com

2. Pada halaman Blogger.com, klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Enter”. Anda akan diarahkan ke halaman Pengajuan Akun Google. Masukkan alamat email Gmail Anda di bidang yang disediakan dan klik tombol Next

tampilan gambar

Buat blog di blog Anda
Masuk ke Akun Google Anda

3. Masukkan kata sandi email Anda di bidang yang Anda masukkan. Klik tombol Berikutnya

Buat blog di blog Anda
Masuk ke Akun Google Anda

4. Jika Anda pertama kali membuat blog di Blogger, Anda harus memilih profil Akun Google untuk bekerja. Anda dapat menggunakan akun Blogger biasa atau akun Google+. Dalam artikel ini, saya sarankan menggunakan akun Google+, klik tombol Buat Profil Google

Buat profil Google+
Buat profil Google+

5. Formulir untuk profil Google+ Anda terisi secara otomatis. Jika Anda ingin mengubah informasi pribadi Anda, seperti mengubah nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir Anda, Anda dapat mengubah halaman ini. Setelah selesai mengedit, klik KONTAK PROFIL.

Buat profil Google+
Buat profil Google+

6. Anda kemudian akan dibawa ke halaman berikutnya di mana Anda dapat menambahkan foto profil ke Akun Google Anda. Jika Anda tidak ingin menambahkan foto, Anda harus membuka SKIP.

Namun, untuk menambahkan gambar profil, Anda dapat mengklik logo kamera pada halaman dan kemudian mengunggah gambar. Ketika proses pengunduhan selesai, klik tombol SIMPAN.

Buat profil Google+
Buat profil Google+

7. Anda sekarang telah membuat akun Google+ Anda. Kemudian klik Lanjutkan di Blogger

8. Klik tombol CREATE NEW BLOG untuk mulai membuat blog baru, lihat gambar di bawah ini

Buat blog di blog Anda
9. Anda akan dibawa ke halaman berikutnya di mana Anda dapat mengirimkan “Alamat Blog”, tentukan nama subdomain / alamat, dan pilih topik untuk blog Anda.

Artikel ini telah tayang di: https://ojogaptek.com/