Pengertian Riset Pasar Tujuan, Jenis, dan Contoh
By: Date: June 29, 2020 Categories: Pendidikan Tags: , ,

Riset pasar adalah kegiatan penelitian yang dilakukan di bidang pemasaran. Kegiatan ini dapat memberikan informasi atau gambaran umum tentang jenis-jenis produk dan layanan baru yang dapat menguntungkan perusahaan.

Untuk produk dan layanan yang ada, riset pasar (riset pasar) dapat memberikan informasi dan tinjauan tingkat kepuasan pelanggan dengan perusahaan Anda.

Dengan demikian, artikel ini akan membahas masalah penelitian pasar secara lebih rinci. Untuk beberapa hal yang ingin Anda dengar dari pos ini, sertakan:

Pertama-tama Anda akan memahami apa itu riset pasar dan apa bedanya dengan pemasaran.
Kedua, Anda akan tahu jenis riset pasar.
Ketiga, Anda akan mengetahui fungsi dan tujuan riset pasar.
Keempat, Anda akan mengetahui beberapa metode untuk melakukan riset pasar.
Kelima, Anda melihat beberapa contoh riset pasar yang dilakukan oleh perusahaan terkenal.
Baca juga: Memahami Pemasaran

Memahami riset pasar

Sederhananya, konsep riset pasar adalah kegiatan atau proses penelitian (riset / riset) yang dilakukan dalam pemasaran.

Menurut Wikipedia, definisi riset pasar adalah perencanaan sistematis, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data dan temuan yang terkait dengan situasi pasar tertentu di suatu perusahaan.

Sementara itu, menurut American Marketing Association (AMA), riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan pemasar dan konsumen dan masyarakat dengan informasi tentang mengidentifikasi peluang dan masalah pasar.

Dari definisi definisi, kita dapat memahami bahwa jenis kegiatan penelitian ini harus dilakukan secara sistematis. Secara umum, proses riset pasar adalah sebagai berikut:

  • Struktur masalah
  • Menetapkan tujuan penelitian
  • Pengumpulan data
  • Pengolahan data
  • Interpretasi penelitian

Melalui riset pasar, perusahaan dapat mengetahui produk / layanan apa yang dibutuhkan konsumen, produk / layanan berkualitas apa yang dibutuhkan konsumen dan siapa yang menjadi target pasar untuk produk-produk ini.

Setiap perusahaan atau perusahaan dalam praktiknya akan melakukan riset pasar dalam beberapa cara sesuai dengan keadaan dan keadaannya.

Perbedaan antara riset pasar dan riset pasar

Banyak orang berpikir bahwa riset pasar dan riset pasar adalah sama. Meskipun keduanya terkait erat, riset pasar dan riset pasar pada dasarnya memiliki arti yang berbeda.

Riset pasar adalah kegiatan penelitian yang berfokus pada keadaan atau keadaan pasar. Sementara riset pasar tidak fokus pada variabel pasar atau pengukuran produk, tetapi memasukkan beberapa variabel lain dalam aktivitas pemasaran.

Dengan kata lain, riset pasar memiliki pemahaman yang lebih luas tentang di mana riset pasar masih menjadi bagian darinya. Sumber: guruakuntansi.co.id

Beberapa jenis riset pasar

Jenis-jenis riset pasar dapat dibagi menjadi dua:

1. Peneliti utama
Informasi dan data tentang survei primer berasal langsung dari respons atau tujuan survei. Tujuan dari penelitian utama adalah untuk mengumpulkan informasi / data tentang kondisi pasar saat ini.

Cara melakukan penelitian primer dapat dilakukan sebagai berikut:

Dengan wawancara baik melalui telepon / panggilan video / teleconference atau secara langsung.
Melalui survei (online atau melalui email).
Kualitas (online atau email)
Melalui diskusi kelompok di mana anggota membangun contoh pelanggan potensial atau pembeli untuk datang langsung.

2. studi sekunder
Informasi dan data yang dibutuhkan dalam survei sekunder berasal dari publikasi / laporan / masalah yang telah dipublikasikan. Tujuan dari penelitian sekunder adalah untuk menganalisis data, yang kemudian diperhitungkan dalam strategi pemasaran.

Melalui data sekunder ini, perusahaan dapat mengidentifikasi segmen pasar, pesaing, dan menetapkan kriteria kinerja untuk perusahaan mereka.