Pengertin Asbab An Nuzul
By: Date: July 26, 2020 Categories: Otomotif

Pengertin Asbab An Nuzul

Secara Etimologi (bahasa),

Kata asbāb al-nuzūl berasal dari dua kata, yaitu  أسباب  dan  النزول.

Menurut  al-Munawwir, kata  أسباب  adalah bentuk plural dari kata السبب  yang berarti sebab, alasan, dan illat. Sedangkan kata النزول berasal dari kata نزل yang berarti turun.

Jadi, definisi asbāb al-nuzūl dari segi etimologis berarti sebab atau alasan turunnya ayat-ayat al-Quran.

Adapun dari segi terminologi (istilah),

Suhbhi al-Shalih mendefinisikan asbāb al-nuzūl sebagai sesuatu yang dengan sebabnya, turun satu atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban terhadap sebab itu, atau menerangkan hukumnya pada masa terjadinya sebab tersebut.

Muhammad ‘Ali al-Shobuni

memaparkan definisi asbāb al-nuzūl dalam dua bentuk, yaitu:

  1. Suatu kejadian atau peristiwa yang kemudian menyebabkan turun satu ayat atau beberapa ayat Alquran mengenai peristiwa itu.
  2. Ada kalanya timbulnya pertanyaan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad dengan maksud untuk mengetahui hukumnya atau penafsirannya tentang masalah-masalah keagamaan, maka turunlah ayat untuk menerangkan maksudnya.

 

  1. Hasbi al-Shiddieqy,mendefinisikan bahwa asbāb al-nuzūlialah sesuatu yang dengan sebabnyalah turun suatu ayat atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban tentang sebab itu, atau menerangkan hukumnya, pada masa terjadinya peristiwa itu.

Sumber :

https://pulauseribumurah.com/game-anak-sholeh-sajikan-petualangan-hingga-kisah-untuk-anak/