Produksi dengan Modal Tetap
By: Date: July 28, 2020 Categories: Pendidikan

Produksi dengan Modal Tetap

Di depan sudah dijelaskan argument mengenai mengapa Islam tidak memperkenankan substitusi yang dipaksakan antara modal dan manusia (tenaga kerja). Sebagai implikasi dari hal ini, maka di sini akan dieksplorasi lebih jauh mengenai teknologi berproduksi yang memosisikan modal sebagai input tetap dan manusia (tenaga kerja) sebagai input variabel.

  1. Fungsi Produksi

Fungsi produksi menunjukkan berapa besar output, dengan kandungan berkah tertentu, bisa diproduksi dengan input-input yang disuplai ke dalam proses produksi dan dengan jumlah modal/kapital yang tertentu. Fungsi produksi seperti ini bisa dilihat di bawah ini:

Q = T f(K, HK, L, E, M, B)

  1. Produktivitas Rata-rata

      Produktivitas rata-rata biasanya selalu terkait dengan produktivitas dari suatu input. Definisi dari produktivitas rata-rata adalah sebagai berikut:

Karena dalaam produksi semua input digunakan secara bersama-sama (simultan), maka konsep produktivitas rata-rata ini akan menghasilkan suatu ukuran yang kurang teliti, sebab kontribusi dari faktor dengan faktor lain diasumsikan sama.

  1. Marginal Physical Product of Input dalam islam

               Marginal physical product (MPP) adalah kenaikan jumlah output fisik sebagai akibat dari adanya kenaikan salah satu input fisik, sementara jumlah input fisik lainnya adalah konstan.

  1. Penyebab Berubahnya Marginal Physical Product of Input

        Untuk melihat hal ini marilah kita ambil derivative total dari persamaan (7.17) di atas sebagai berikut:

 

Sumber :

https://zalala.co.id/pusat-riset-apple-diharapkan-dorong-konten-lokal/