TANTANGAN MANAJEMEN STRATEGIS
By: Date: July 29, 2020 Categories: Kesehatan

TANTANGAN MANAJEMEN STRATEGIS


Memiliki daya saing strategis dan laba diatas rata-rata adalah tantangan untuk perusahaan besar dan kecil seperti halnya sebuah toko. Menurut riset yang dilakukan untuk tahun tahun 1900 hanya 2 dari 25 perusahaan industri besar di Amerika Serikat di tahun 1900 yang masih bertahan didalam persaingan bisnis (23 sisanya telah gagal, bergabung/merger dengan perusahaan lainnya atau tidak lagi memiliki skala yang relatif besar dibandingkan dengan pesaingnya).

Andrew Grove, pimpinan Intel, mengamati bahwa hanya perusahaan paranoid yang dapat bertahan dan berhasil. Perusahaan-perusahaan ini menyadari bahwa keberhasilan saat ini tidak menjamin tingkat daya saing strategis dan laba diatas rata – rata dimasa mendatang. Karenanya perusahaan-perusahaan ini berusaha terus menerus untuk berkembang, sehingga tetap bersaing. Supaya dapat bersaing secara strategis dan memperoleh laba diatas rata-rata, perusahaan harus bisa bersaing dengan cara yang berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Untuk itu, perusahaan – perusahaan tersebut harus mengetahui dari mana implikasi masalah perusahaan. Apakah berasal dari lingkungan eksternal atau bahkan dari lingkungan internal perusahaan. Untuk itu, kita harus mengetahui lingkungan internal maupun eksternal perusahaan dan menganalisisnya menurut lingkungannya.

Linkungan Internal

Lingkungan internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan. Perusahaan sendiri sesuai konsep masa kini merupakan kumpulan dari berbagai macam sumber daya, kapabilitas dan kompetensi yang selanjutnya bisa digunakan untuk membentuk market position tertentu. Dengan demikian analisis lingkungan internal akan meliputi analisis mengenai sumber daya manusia, kapabilitas dan kompetensi inti yang dimiliki oleh perusahaan. Masing – masing komponen dari analisis lingkungan internal sebagai berikut:

Fungsional
Salah satu cara yang paling sederhana untuk memahami dan menganalisis lingkungan organisasi, khususnya lingkungan internal adalah melalui analisis fungsional yang meliputi fungsi produksi, fungsi pemasaran, fungsi keuangan, fungsi sumber daya manusia, dan fungsi R&D (Research development).

Sumber :

https://mitranet.co.id/hati-hati-malware-berkedok-episode-game-of-thrones/