Khasiat Dan Manfaat Belimbing Manis
By: Date: August 4, 2020 Categories: Umum
Khasiat Dan Manfaat Belimbing Manis

Khasiat Dan Manfaat Belimbing ManisKhasiat Dan Manfaat Belimbing Manis

Buah yang bernama latin Averrhoa carambola ini memiliki bentuk yang khas. Buah belimbing berasal dari Indonesia, India dan Srilangka. Sejak tahun 2007, di Indonesia, buah belimbing ini telah menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat.

Belimbing manis memiliki kandungan gizi yang didominasi oleh vitamin C. Dalam sebuah belimbing manis terkandung 24 mg vitamin C. Itu sama dengan 40% kebutuhan harian akan vitamin C. Dan tentunya masih banyak lagi gizi yang terkandung dalam buah belimbing manis ini, yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Diantaranya: vitamin A sebagai antioksidan, kalori, karbohidrat, glukosa, protein, lemak tak jenuh, vitamin, mineral (kalsium, kalium, atau natrium), dan masih banyak lagi.

Khasiat dan manfaat belimbing manis bisa didapatkan dengan dimakan langsung atau di jus untuk diambil sarinya. Namun saya lebih memilih dimakan langsung, karena terasa lebih segar serta kandungan gizinya tidak berkurang.

Berikut diantara khasiat dan manfaat buah belimbing manis untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Buah belimbing manis bisa mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Diantara gizi yang terkandung dalam buah belimbing manis ini adalah mineral dan elektrolit berupa kalium, fosfor, seng, dan besi. Yangmana Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Kalium dapat mengatur denyut jantung dan tekanan darah dalam tubuh. Jadi secara tidak langsung, belimbing manis dapat mengatasi efek negatif dari sodium penyebab hipertensi.

2. Buah belimbing manis dapat bermanfaat sebagai pencegah kanker

Vitamin C dan A yang terkandung dalam buah belimbing manis dapat bersama-sama sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh kita dalam melawan serangan radikal bebas dan memperbesar resistensi terhadap agen infeksi (bakteri, virus, debu) dan anti inflamasi yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan khasiat ini, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah belimbing manis sebanyak 2-3 buah setiap hari.

3. Buah belimbing manis dapat bermanfaat sebagai penumbuh dan penguat rambut

Belimbing manis mengandung vitamin B kompleks yang sangat baik untuk menumbuhkan dan menjaga kekuatan rambut. Sehingga rambut lebih tebal dan sehat. Caranya cukup diambil sarinya lalu gunakan layaknya shampo.

4. Buah belimbing manis dapat meningkatkan kinerja enzim tubuh

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa belimbing manis mengandung vitamin B kompleks seperti folat, riboflvin dan peridoksin. Dalam kerja yang sinergis komponen B kompleks tersebut bekerja bersama-sama sebagai co-faktor enzim untuk membantu kinerja enzime. Yaitu ketika tubuh melakukan metabolisme dan sintesis enzim dalam tubuh untuk berbagai keperluan.

5. Buah belimbing manis dapat menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat dan khasiat buah belimbing manis selanjutnya adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan. Buah belimbing mengandung serat yang tinggi. Serat tersebut sangat bermanfaat untuk membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL yang berbahaya bagi tubuh. Serat juga akan membantu mengurangi selaput lendir usus dari zat beracun yang masuk bersama makanan dengan cara mengangkat bahan kimia penyebab kanker di usus besar (kolon).

Kandungan serat ini lebih banyak terdapat pada kulit belimbing. Karena itu, untuk mendapatkan khasiat dan manfaat yang satu ini sebaiknya anda mengkonsumsi buah belimbing manis beserta kulitnya.

Sumber: https://ijateng.id/kapan-indonesia-siap-5g/