Mengenal Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
By: Date: August 17, 2020 Categories: Pendidikan,Umum Tags:

Filsafat menurut wikipedia adalah ilmu yang mempelajari semua fenomena kehidupan dan pemikiran kritis manusia dan dijelaskan dalam konsep dasar. Kehidupan manusia selalu tersentuh oleh kebijaksanaan, kebajikan, kebenaran, keindahan dan lain sebagainya. Itu pasti akan filosofis.

Table of Contents

Latar Belakang

Sebagai falsafah bangsa, Pancasila harus memiliki rumusan. Pancasila adalah anugerah terbesar dari Tuhan yang besar dan menjadi bintang terang bagi seluruh rakyat Indonesia di masa depan, baik sebagai pedoman untuk menentang kemerdekaan, maupun sebagai pemusatan kehidupan bermasyarakat, maupun sebagai pajangan kehidupan bagi kehidupan manusia Indonesia. ,

Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945 yang didirikan pada tanggal 18 Agustus 1945 bersama dengan Undang-Undang Dasar 1945. Suara dan ucapan Pancasila yang sebenarnya berdasarkan Inpres Nomor 12 Tahun 1968 adalah Yang Maha Esa. Kedua, kemanusiaan itu adil dan beradab. Ketiga, Persatuan Indonesia. Keempat, Kewarganegaraan diatur oleh kebijakan konsultasi / perwakilan. Kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah bangsa Indonesia sudah tercatat di antara para tokoh pencipta Pancasila pak. Mohammad Yamin, Prof. Paman Soepomo, dan Ir. Soekarno. Apa yang bisa ditawarkan Pancasila sangat kuat dan tentunya bisa bertahan dari krisis politik di negeri ini, yang pertama karena intrinsik dalam Pancasila mengandung toleransi, dan yang menentang Pancasila berarti memiliki toleransi yang berbeda.

Baca Juga: Memahami dan 16 Pelopor Epigrafi

Pancasila adalah falsafah dasar negara Indonesia yang harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia untuk menghormati, menghargai, memelihara, dan melakukan apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan proklamasi untuk kemerdekaan negara Indonesia ini. Sehingga baik tua maupun muda tetap meyakini Pancasila sebagai landasan negara Indonesia tanpa diragukan lagi guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Selama perjalanan hidup manusia tidak ada yang bisa menghindari aktivitas filosofis. Adapun pengertian Pancasila sebagai Sistem Filsafat adalah:

Suatu sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas non yang berbeda, masing-masing tidak yakin akan fungsinya sendiri, mempunyai tujuan yang sama, saling berhubungan (interconnected) dan interdependent (interdependent), menjadi satu dan utuh.Pancasila adalah sistem karena Pancasila adalah non-serikat. bisa dipisahkan.

Inti dari semua tolong juga persatuan. Pancasila berasal dari kepribadian Bangsa Indonesia dan sudah lama tidak dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Pancasila berbicara tentang Pancasila adalah fakta yang ada dan kebenarannya tidak diragukan lagi. Nilai-nilai Pancasila seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kewarganegaraan dan keadilan harus menjadi pedoman dan standar dalam semua kegiatan militer dan nasional Indonesia.

Sumber: https://blog.malavida.co.id