Kemandirian yang tinggi terhadap negara
By: Date: September 3, 2020 Categories: Umum

Peran Budaya Demokrasi dan Pengaruhnya Terhadap Kejujuran Politik di Indonesia


Peran dari budaya demokrasi sendiri adalah mewujudkan masyarakat madani, yang pada akhirnya nanti akan menyokong tegaknya demokrasi. Masyarakat Madani adalah masyarakat uang anggotanya terdiri atas berbagai kelompok mayarakat berbeda etnis, agama, budaya, serta dapat hidup dan bekerja secara damai. Sedangkan ciri-ciri masyarakat madani adalah sebagai berikut :
1. Kesukarelaan
Kesukarelaan artinya suatu masyarakat madani bukanlah suatu masyarakat paksaan atau karena indoktrinasi, keanggotaan masyarakat madani adalah keanggotaan dari pribadi yang bebas, secara sukarela membentuk suatu kehidupan bersama dan oleh sebeb itu mempunyai komitmen bersama yang sangat besar untuk mewujudkan cita-cita bersama.
2. Keswasembadaan
Keswamasebadaan yang sukarela untuk hidup bersama tentunya tidak akan menggantungakan kehidupan kepada orang lain. Masyarakat tidak tergantung pada negara, juga tidak tergantung pada lembaga-lembaga atau organisasi lain. Setiap anggota mempunyai harga diri yang tinggi, yang percaya kepada kemampuan sendiri untuk berdiri sendiri bahkan untuk membantu sesama yang lain yang kekurangan. Keanggotaan yang penuh percaya diri tersebut adalah anggota yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan terhadap masyarakat.
3. Kemandirian yang tinggi terhadap negara
Berkaitan dengan ciri di atas, para anggota masyarakat madani adalah manusia-manusia yang percaya diri sehingga tidak tergantung kepada perintah orang lain termasuk negara. Bagi mereka, negara adalah kesepakatan bersama sehingga tanggung jawab yang lahir dari kesepakatan tersebut adalah juga tuntutan dan tanggung jawab dari tiap-tiap anggota. Inilah negara yang berkedaulatan rakyat.
4. Keterkaitan pada nilai-nilai hukum yang disepakati bersama
Hal ini berarti suatu masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang berdasarkan hukum dan bukan negara kekuasaan. Sebagai upaya membangun masyarakat madani di indonesia.
Dari beberapa pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa kejujuran politik diindonesia dapat dirubah dengan adanya budaya demokrasi yang pada akhirnya nanti akan mewujudkan masyarakat madani. Dan untuk tercapainya hal tersebut kita harus memperkuat masyarakat kalangan menengah.

KESIMPULAN

Untuk mewujudkan terlaksananya pemilihan umum yang benar-benar jujur dan adil, karena sesuai yang kita ketahui bersama bahwasanya sudah menjadi rahasia umum setiap ada pemilihan umum pasti ada yang namanya “serangan fajar” entah itu berupa uang, sembako atau modus-modus yang lain maka harus dirubah dengan adanya budaya demokrasi yang pada akhirnya nanti akan mewujudkan masyarakat madani.
Dan budaya demokrasi ini dapat terlaksana jika kita memeperkuat masyarakat kelas menenegah. Hal ini, karena yang dapat menyokong tegaknya demokrasi adalah kelas menengah, atau dapat dikatakan jika demokrasi ingin ditegakkan maka kelas menengah harus kuat. dimana masyarakat kelas menengah ini sebagai penghubung antara masyarakat kelas atas dengan kelas bawah.

Sumber: https://vds.co.id/