apakah ada benturan antara peradaban barat dan peradaban islam
By: Date: September 16, 2020 Categories: Uncategorized

Penyebab terjadinya benturan peradaban

1. Faktor agama

Sejarah telah mencatat Baratlah yang memulai perang terhadap umat Islam yang kemudian lebih dikenal dengan Perang Salib atau Crusade. Perang Salib terjadi selama 1 abad (1096–1192 M), yang berlangsung selama tiga tahap: antara tahun 1096–1099 M; antara tahun 1147–1149 M; dan antara tahun 1189-1192 M.
hingga kini, ‘semangat’ Perang Salib ini masih melekat dalam benak orang-orang Barat, yang kemudian menjelma menjadi ‘prasangka buruk’ (stigma) terhadap ajaran Islam dan umat Islam.
2. Faktor ekonomi
Secara geopolitik, negeri-negeri Islam berada di kawasan jalur laut dunia yang strategis seperti Selat Gibraltar, Terusan Suez, Selat Dardanella dan Bosphorus yang menghubungkan jalur laut Hitam ke Mediterania, Selat Hormuz di Teluk, dan Selat Malaka di Asia Tenggara. Dengan menempati posisi strategis ini, kebutuhan dunia terutama Barat sangat besar akan wilayah kaum Muslim. Ditambah lagi dengan potensi penduduknya yang sangat besar
3. Faktor ideologi
Desember 2004 lalu, National Intelelligence Council’s (NIC) merilis sebuah laporan yang berjudul, “Mapping the Global Future”. Dalam laporan ini diprediksi empat skenario dunia tahun 2020, salah satu di antaranya adalah akan berdirinya “A New Chaliphate”, yaitu berdirinya sebuah khalifah. Sebuah pemerintahan yang dapat menantang nilai-nilai dan norma barat. Karena potensi utama dari negara Khilafah adalah ideologi yang diembannya. Khilafah Islam adalah negara global yang dipimpin oleh seorang khalifah dengan asas ideologi Islam.
Tentu saja Barat, dengan ideologi Kapitalismenya yang masih dominan saat ini, tidak akan berdiam diri. Berbagai upaya akan dilakukan Barat untuk menggagalkan skenario ketiga ini (kembalinya Khilafah). Secara pemikiran Barat akan membangun opini negatif tentang Khilafah Islam.

C. Cara menyikapi benturan peradaban islam dan barat
Secara umum metode yang digunakan untuk menyikapi benturan peradaban tersebut.
a. Mengkritisi pemikiran dan mengungkap makar asing
penghancuran islam sendiri terkadang tanpa di sadari dilakukan oleh kita sendiri. Oleh sebab itu mengungkap rencana tersembunyi oleh pemikir asing harus sellau dilakukan. Di sisi lain hendaklah kita menkritisi juga pemikiran-pemikiran asing yang menyimpang dan penuh kekeliruan.
b. Membangun kesadaran politik islam di kalangan masyarakat
Menjadi seorang aktivis menyampaikan gambaran syariat sebagai solusi peemcahan masalah. Menekan kan betapa pentingnya politik islam yang dapat membebaskan manusia dari ketertindasan dalam segala aspek semata-mata hanya menuju keridhaan Allah semata.


Sumber: https://www.dosenpendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/