Apa yang Harus Anda Harapkan dari Penggantian Double Hip
By: Date: October 7, 2020 Categories: Kesehatan Tags:

Selama operasi penggantian panggul (juga disebut artroplasti pinggul), ahli bedah mencoba mengangkat bagian sendi pinggul yang rusak, lalu menggantinya dengan bagian buatan baru.

Seringkali, operasi penggantian pinggul dilakukan pada sendi pinggul (secara sepihak). Namun terkadang, penggantian pinggul dilakukan di kedua sisi (bilateral).

Penggantian pinggul ganda lebih umum daripada penggantian pinggul unilateral. Dan ada berbagai cara untuk melakukan penggantian pinggul ganda.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggantian pinggul ganda, cara kerjanya, dan apa yang diharapkan selanjutnya.

Mengapa penggantian Double Hip dilakukan?

Operasi penggantian pinggul sering dilakukan untuk:

  • meningkatkan fungsi sendi pinggul
  • mengurangi rasa sakit

Operasi penggantian pinggul biasanya dipertimbangkan untuk orang yang mengalami nyeri pinggul yaitu:

banyak yang mengganggu gerak dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari
belum menanggapi perawatan non-bedah, seperti obat-obatan dan terapi fisik
Apa penyebab kerusakan sendi panggul?
Ada sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan atau kerusakan pada sendi panggul dan menyebabkan nyeri serta berkurangnya fungsi sendi, di antaranya:

  • osteoartritis
  • rheumatoid arthritis (RA)
  • osteonekrosis
  • displasia perkembangan
  • cedera, seperti paha patah

Terkadang, kondisi ini bisa memengaruhi sendi panggul. Misalnya, diprediksikan bahwa pada 42 persen orang yang mengalami osteoartritis, dua sendi pinggul terpengaruh – dan 25 persen orang yang terinfeksi akhirnya harus mengganti kedua sendi tersebut.

Bagi orang yang pernah mengalami kerusakan atau patah pada kedua sendi pinggul yang menyebabkan kesehariannya, penggantian pinggul dua kali dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi.

Tetapi penggantian pinggul ganda adalah sumber yang dapat diandalkan, menurut laporan 2015 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Apa jenis penggantian Double Hip?

Biasanya, penggantian pinggul ganda mencakup apa yang disebut penggantian pinggul total. Ini terjadi ketika kepala femoralis (bola di atas tulang paha Anda) dan asetabulum (soket di tulang pinggul) dari sendi pinggul diganti dengan bagian buatan.

Komponen tiruan, atau implan, dapat dibuat dari bahan seperti logam, keramik, atau kombinasi keduanya. Mereka ditempatkan di papan dengan jenis semen khusus atau agar jaringan tulang tumbuh secara alami di sekitarnya.

Ada dua jenis penggantian pinggul ganda: bertahap dan simultan. Penggantian pinggul ganda lebih sering dilakukan daripada penggantian pinggul ganda.

Penggantian pinggul ganda
Selama prosedur fase, penggantian pinggul terjadi beberapa kali:

Pembedahan dilakukan untuk mengganti salah satu sendi pinggul.
Setelah sekitar 3 sampai 6 bulan, sendi kedua diganti.

Baca juga: