Arsenik dalam Anggur: Haruskah Anda Khawatir?
By: Date: November 4, 2020 Categories: Kesehatan Tags:
Arsenik dalam Anggur Haruskah Anda Khawatir

Arsenik adalah elemen di sebagian besar makanan. Ini berbahaya dan dapat menyebabkan kanker jika terpapar pada tingkat tinggi, maka Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA). mengontrol secara ketat kandungan arsenik air minum.

Sayangnya, beberapa anggur mungkin mengandung unsur ini dalam jumlah yang tidak aman. Hal ini sebagian disebabkan oleh penggunaan pestisida yang mengandung arsenik sebelumnya dan erosi batuan alam.

Artikel ini mengulas kandungan arsenik anggur, jenis anggur mana yang memiliki kadar tertinggi, apakah perlu dikhawatirkan dan apa yang harus dilakukan jika diduga keracunan arsenik.

Firm Studio / Stocksy United

Apa itu?

Arsenik dalam Anggur Haruskah Anda Khawatir

Arsenik adalah unsur alami yang ditemukan dalam jumlah kecil di hampir semua makanan. Dalam kebanyakan kasus, angka ini tidak cukup tinggi untuk menjadi berbahaya.

Namun, pada dosis tinggi dan seiring waktu, unsur-unsur ini bersifat toksik dan dapat meningkatkan risiko paru-paru, kulit, dan jenis kanker lainnya. Beberapa episode paparan dosis tinggi dapat menyebabkan keracunan jangka pendek atau akut (1, 2 sumber).

Untuk alasan ini, EPA secara ketat mengatur kandungan arsenik air minum, membatasinya hingga maksimum 10 bagian per juta (ppb) (3).

Sebelumnya, pertanian di Amerika Serikat dan tempat lain mengandalkan pestisida dan herbisida berbasis arsenik. Meskipun produk ini telah dilarang di Amerika Serikat sejak tahun 1980-an, produk ini masih menjadi masalah hingga saat ini (1Sure Source).

Pertama, makanan yang ditanam di daerah di mana pestisida telah digunakan memiliki kandungan arsenik yang lebih tinggi daripada makanan yang ditanam di tempat lain.

Kedua, pestisida ini cenderung telah menembus air tanah di banyak daerah, meningkatkan kandungan arsenik dalam persediaan air (1).

Ketiga, erosi batuan secara alami dan terus menerus dapat meningkatkan kandungan arsenik sumber air dan tanah serta makanan yang tumbuh di dalamnya (4).

RINGKASAN
Arsenik merupakan bahan alami yang bisa berbahaya dan menyebabkan kanker dalam dosis besar. Karena erosi alami dan penggunaan pestisida yang sebelumnya mengandung arsenik, beberapa sumber makanan dan air mungkin mengandung unsur-unsur yang tidak aman.

Apakah mengandung alkohol?

Anggur mengandung arsenik. Meskipun sebagian besar anggur rendah dan tidak berbahaya, beberapa anggur melebihi pedoman EPA untuk air minum hingga 10 ppb.

Misalnya, satu penelitian menguji 65 anggur merah di 4 negara bagian AS. dan menemukan bahwa semuanya melebihi pedoman EPA untuk air minum – dengan kandungan arsenik rata-rata 23 ppb (5).

Studi lain meneliti sampel anggur California yang lebih luas dan menemukan bahwa 28 varietas yang diklasifikasikan sebagai arsenik tinggi menurut medium mengandung rata-rata 25,6 ppb, sementara 73 anggur eceran yang dipilih secara acak mengandung rata-rata 7,4 ppb (6). ).

Menariknya, penelitian ini juga mengidentifikasi hubungan antara harga dan kandungan arsenik – anggur termurah mengandung paling tinggi (6).

Baca juga: