Perbedaan Depth of Field dan Bokeh
By: Date: November 4, 2020 Categories: teknologi,Umum Tags:
Perbedaan Depth of Field dan Bokeh

Kami baru-baru ini membahas beberapa cara yang sudah terbukti untuk mendapatkan latar belakang yang membuat iri pada foto Anda, dan banyak pertanyaan serupa yang muncul sejak saat itu. Mencapai ambiguitas latar belakang berdasarkan berbagai faktor. Karena banyaknya permainan, agak membingungkan bagaimana faktor-faktor ini berbeda dan bagaimana mereka bekerja sama. Jadi kami membukanya untuk Anda hari ini. Kami menyederhanakan keburaman latar belakang dan membahas tiga elemen utama: Kedalaman Bidang, Bokeh, dan Kompresi. Orang sering bingung dengan istilah ini, tapi tidak sama!

Dengan menguraikannya, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan peralatan dan lingkungan untuk mengambil gambar yang Anda inginkan. Ini adalah bagaimana Anda dapat membantu mencapai ambiguitas yang luar biasa ini.

Table of Contents

Depth of Field

Perbedaan Depth of Field dan Bokeh

Istilah kedalaman bidang mengacu pada seberapa banyak fokus yang ada di depan dan di belakang subjek Anda. Ini pada dasarnya adalah seberapa dalam atau sempit fokus Anda. Jika panjang fokus Anda terlalu sempit (dicapai dengan pemotretan apertur tinggi seperti f / 2.0, Anda mungkin mendapatkan keburaman yang lebih besar di depan dan di belakang subjek. Sebaliknya, saat memotret dengan apertur sempit seperti f / 7.0, subjek dan latar belakang Anda mungkin terlihat lebih tajam).

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana bukaan dan kedalaman bidang terkait. Pada setiap gambar, titik fokusnya adalah mobil ungu, dan setiap gambar diambil dalam bukaan yang berbeda. Anda dapat melihat area fokus dengan memperhatikan fokus mobil dan pola karpet. Jika bukaan lebih lebar (angkanya lebih kecil), panjang fokusnya lebih kecil, disebut juga kedalaman pitch dangkal. Anda dapat melihat bahwa terdapat lebih banyak keburaman di depan dan di belakang subjek dalam fokus. Perhatikan bagaimana ini berubah dengan bukaan yang berbeda.

IMG_5185-Edit_BLOG

Bokeh

Kata bokeh berasal dari kata dalam bahasa Jepang “boke”, yang berarti kabut atau kabut. Menurut Wikipedia, bokeh adalah “kualitas estetika buram yang dihasilkan di bagian fokus yang tidak dihasilkan oleh lensa … Oleh karena itu, bokeh mengacu pada kualitas buram yang diperoleh dengan kedalaman bidang yang sempit. Lihat perbandingan di bawah. Gambar pertama 5.0, yang kedua dibuat dengan kompartemen 1.4 Perhatikan bagaimana kualitas bokeh di latar belakang meningkat dengan f-stop yang lebih kecil (kompartemennya lebih terbuka).

Jumlah bokeh yang Anda inginkan akan sangat bervariasi tergantung pada gaya Anda dan tampilan yang ingin Anda capai. Misalkan Anda sedang bersiap untuk sebuah pertunangan dan menginginkan foto lanskap besar dengan sepasang kecil dalam bingkai. Jika Anda ingin gunung di latar belakang terlihat jelas di foto, Anda perlu mempersempit bukaan ke f / 8.0 +. Jika Anda ingin bokeh memukau, pilih bukaan lebar f / 2.0!

Bokeh_5.0-1_BLOG

Kompresi

Bagaimana dengan kompresi? Pernahkah Anda melihat sebuah kata muncul dan bertanya-tanya apa artinya atau apa bedanya dengan bokeh dan depth of field? Kompresi adalah fenomena yang disebabkan oleh lensa telefoto saat latar belakang terlihat datar dan membentang lebih dekat ke subjek atau dikompresi. Kompresi dapat memberikan efek besar pada bokeh, memberikan efek yang sangat halus dan membuai. Bandingkan contoh di bawah ini. Gambar-gambar ini diambil pada f / 3.2, tetapi dengan panjang fokus berbeda. Perhatikan bahwa karena bidang pandang lebih kecil, latar belakang terlihat menjorok ke dalam, memberikan tampilan yang lembut. Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa lensa 35mm menghasilkan kompresi yang jauh lebih sedikit daripada lensa 135mm!

Kompresi_1_35mm-1_BLOG

Jangan pergi tanpa mendaftar untuk webinar Lightroom GRATIS kami!
mon-zack hijau
Jadi, berikut ringkasannya: Kedalaman bidang ditentukan oleh seberapa lemah area fokus Anda, dan area fokus yang sempit menghasilkan lebih banyak keburaman di depan dan di belakang subjek. Ambiguitas ini disebut Bokeh. Dan kompresi adalah fenomena yang mendekatkan latar belakang dan semakin memperhalus bokeh.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat latar belakang yang bagus untuk foto Anda, pastikan untuk memeriksa tutorial gratis ini.

Baca juga: