Cara cek saldo e-money di m-banking dan ATM

Hampir dalam satu dekade terakhir, masyarakat Indonesia bahkan dunia sudah mulai jarang menggunakan uang tunai sebagai media transaksi, sebagian besar sudah mulai menggunakan opsi lain sebagai media transaksi, termasuk e-money.

Cara cek saldo e-money di m-banking dan ATM

E-money sendiri merupakan salah satu media yang digunakan sebagai tempat penyimpanan uang berupa kartu elektronik yang diisi dengan uang untuk digunakan sebagai alat transaksi yang sah. Pada artikel ini, kami menjelaskan cara memeriksa saldo e-money.

Cara-cek-saldo-e-money-di-m-banking-dan-ATM

Daftar Isi Sembunyikan
1 Asal usul uang elektronik
2 jenis uang elektronik
2.1 1. Perangkat Lunak Prabayar
2.2 2. Kartu Prabayar
3 keuntungan uang elektronik
4 kelebihan dan kekurangan uang elektronik
4.1 1. Manfaat E-Money
4.2 2. Kekurangan uang elektronik
5 Cara Cek Saldo Mandiri e-money
6 cara cek saldo e-money dengan mobile banking
7 cara cek saldo e-money dengan ATM
8 masyarakat Indonesia menuju cashless society
Asal usul uang elektronik

Asal usul uang elektronik

E-money kini menjadi alat transaksi yang banyak digunakan, pengganti mata uang yang selama ini kita kenal. Meskipun perbedaan antara uang elektronik dan uang asli sangat terlihat, tidak ada perbedaan nilai tukar antara uang elektronik dan uang asli.

E-money sendiri lahir pada tahun 1960, berawal dari perusahaan IBM, perusahaan komputer terbesar, bekerja sama dengan American Airlines untuk membuat sistem lingkungan penelitian bisnis semi otomatis.

Diketahui pada tahun 1983, sebuah penemuan oleh ilmuwan David Chaum merilis sebuah terobosan baru berupa uang digital. Kemudian mendapat nama Digicash dan perusahaan pertama didirikan di Amsterdam, Belanda.
orang uang elektronik

READ  Cara Kirim Chip Higgs Domino Tercepat

orang uang elektronik

E-money terbagi menjadi dua jenis, berikut klasifikasi e-money untuk Anda pahami lebih lanjut diantaranya:
1. Perangkat Lunak Prabayar

Software prabayar atau sering juga disebut uang digital. Uang tunai digital sendiri adalah uang elektronik yang nilainya tersimpan di harddisk di komputer. Untuk proses transfer uang melalui Internet.
2. Kartu Prabayar

Kartu prabayar, juga dikenal sebagai pembelian elektronik, adalah uang elektronik yang nilainya disimpan dalam chip yang tertanam dalam kartu.

Flazz BCA adalah contoh pertama kartu prabayar dengan e-money. Sedangkan Mandiri E-Money adalah kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank Mandiri, Brizzi diterbitkan oleh Bank BRI, dan BNI Prabayar diterbitkan oleh Bank BNI.

Anda dapat menggunakan kartu ini di berbagai merchant yang bekerja sama dengan bank masing-masing. Selain bank-bank tersebut di atas, ada juga non-bank yang juga menerbitkan kartu prabayar, seperti B. Telkomsel.

Penggunaan e-money tidak memerlukan proses otorisasi seperti penggunaan PIN atau tanda tangan, karena e-money tidak terhubung langsung dengan rekening nasabah di bank.
Manfaat uang elektronik

Manfaat uang elektronik

Dengan menggunakan e-money, Anda sebagai pengguna layanan ini dapat dengan mudah dan nyaman melakukan banyak transaksi. Berikut adalah beberapa manfaat untuk membuat Anda, pengguna, lebih aman saat menggunakan e-money:

Sangat praktis dan mudah untuk melakukan berbagai operasi pembayaran. Jadi Anda sebagai pengguna tidak perlu ribet menyiapkan uang tunai sebagai transaksi.
Bagi sebagian orang, mendapatkan uang kembalian dengan pecahan kecil terkadang terasa rumit dan hal ini bisa diatasi dengan menggunakan e-money.
Dapat digunakan secara fleksibel dan sangat cocok untuk pembayaran umum, bernilai rendah, frekuensi tinggi, seperti saat Anda ingin membayar tol.

READ  Cara keluar grup WA tanpa ketahuan

Pro dan kontra dari uang elektronik

Penggunaan e-money sangat dianjurkan terutama di masa pandemi seperti uang tunai secara tidak langsung merupakan barang yang berpindah tangan, berikut ini beberapa manfaat menggunakan e-money:
1. Manfaat E-Money

Pro dan kontra dari uang elektronik

Alat khusus telah disediakan untuk kartu e-money. Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk keperluan transaksi.
Pengelolaan dilakukan dengan mesin dan teknologi canggih, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena transaksi lebih akurat.
Anda juga tidak perlu menunggu perubahan, karena nilai nominalnya dikurangi dengan jumlah uang yang dibutuhkan.
Anda tidak perlu mengingat uang yang digunakan sebagai database telah disediakan yang dapat mencatat semua transaksi Anda.

2. Kurangnya uang elektronik

Pro dan kontra dari uang elektronik

Harus diakui bahwa di Indonesia perkembangan teknologi sangat pesat, namun tidak semua orang bisa mengikutinya, perubahan generasi dengan pemahaman teknologi yang sangat lambat menjadi faktor yang tidak menghalangi setiap orang dari e-money.

Sumber :

loop.co.id
download video tiktok