Tips Dan Cara Memilih Saham Yang Tepat dan Aman

Tips Dan Cara Memilih Stock Yang Tepat Dan Aman, Pemula Harus Tahu!!

Tips Dan Cara Memilih Saham Yang Tepat dan Aman

Tips Memilih Saham yang Tepat Sebelum Berinvestasi

Investasi saham tidak bisa dilakukan begitu saja, apalagi dalam memilih saham untuk investasi. Saham memang bisa memberikan keuntungan yang besar namun juga bisa memberikan kerugian yang besar jika salah langkah. Ada beberapa tips memilih saham yang bisa Anda ikuti sebelum berinvestasi di bawah ini.
1. Mengetahui kinerja perusahaan

Beli saham dari perusahaan yang memiliki pertumbuhan laba positif dan stabilitas pendapatan yang baik. Anda juga harus memperhatikan arus kas dan item operasional, nilai Return on Equity (ROE) di atas bunga kredit, apakah valuasinya murah atau mahal, yang semuanya bisa diketahui dengan cara analisis.

Anda harus bisa mendapatkan return gratis meski hanya sedikit, hindari saham yang memiliki potensi return minimal bahkan berpeluang merugi. Anda juga sebaiknya menghindari membeli saham hanya dengan tuntunan harga murah atau sedang populer, tetap harus memperhatikan kredibilitas perusahaan.
Baca Juga: Manajemen Risiko Investasi Saham Yang Harus Diketahui Investor Pemula
2. Pilih saham yang masuk indeks tertentu

Di pasar keuangan ada banyak sekali jenis saham, setidaknya Anda harus memilih jenis saham yang tercatat dalam daftar saham yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Jika masih bingung tidak perlu khawatir, apalagi bagi yang masih pemula yang bingung bagaimana memilih saham yang tepat untuk pemula, Anda bisa memilih saham di indeks IDX30 atau IQ45. Saham-saham yang masuk dalam daftar tersebut dijamin terpercaya, dan terbukti menjanjikan keuntungan.
3. Pilih jenis saham dengan biaya transaksi yang rendah

READ  Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis

Biaya transaksi yang dimaksud adalah biaya yang dikenakan pada saat jual beli saham. Fee ini merupakan keuntungan yang akan diperoleh perusahaan efek yang bersangkutan. Jadi sebaiknya pilihlah jenis saham dengan biaya transaksi yang rendah agar bisa mendapatkan keuntungan lebih bagi Anda sebagai investor.
4. Lakukan analisis stok

Melakukan analisa sebelum memilih suatu saham merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Analisa bisa dilakukan secara fundamental dan teknikal. Analisis fundamental mengacu pada kondisi keuangan perusahaan sedangkan analisis teknis lebih dinamis dan aplikatif sehingga membutuhkan ketekunan lebih untuk mempelajarinya. Penjelasan lengkap tentang metode analisis saham akan kami bahas di bawah ini.
5. Beli saham di perbankan atau barang konsumsi

Membeli saham dari perusahaan perbankan dan consumer goods merupakan pilihan yang bijak dan aman untuk memilih saham. Sebagian besar perusahaan ini memiliki reputasi yang baik untuk memberikan keuntungan jangka panjang. Ini yang paling direkomendasikan bagi investor jika bingung memilih saham, terutama bagi pemula yang baru pertama kali bermain saham.
6. Pantau tren harga saham

Harga saham dapat berubah dalam hitungan menit atau bahkan detik. Penyebabnya bisa karena faktor internal atau eksternal. Jadi Anda sebagai investor harus rajin mengamati pergerakan tren harga saham agar tahu kemana arahnya. Anda juga harus tertarik untuk menyempatkan diri membaca dan menonton berita seputar pasar modal, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi terkini mengenai tren harga saham.
Baca Juga: Tips Bermain Saham untuk Day Trading Bagi Pemula
Cara Memilih Saham dengan Model Analisis

Secara profesional, Cara Memilih Saham yang Tepat dapat dilakukan dengan analisis modal untuk membantu mengidentifikasi saham mana yang layak dibeli. Ada 2 model analisa yang bisa anda gunakan yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal.
1. Analisis Fundamental

READ  Rekomendasi Merk Emboss Towel Terbaik

Analisis fundamental bertujuan untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kondisi keuangan perusahaan untuk mengetahui karakteristik dan karakteristik operasi perusahaan. Dari tujuan tersebut, analisis fundamental berfokus pada aspek dan elemen keuangan seperti nilai buku ekuitas, nilai buku saham, dan rasio biaya perusahaan.

Investor yang menggunakan model analisis ini disebut investor nilai. Elemen mendasar yang perlu dipertimbangkan saat melakukan analisis adalah peningkatan penjualan dan peningkatan pendapatan. Tidak ada batasan khusus, paling tidak investor melihat sejauh mana perusahaan bisa mengembangkan bisnis dan mengelola keuangannya. Laporan tahunan perusahaan dan transparansi perusahaan dapat digunakan sebagai sumber informasi dan panduan dalam memilih saham yang tepat.

Sumber ;