Contoh Explanation Text ‘RAIN’ Dalam Bahasa Inggris

Contoh Explanation Text Tentang Hujan Terlengkap dalam Bahasa Inggris

contoh-explanation

Apakah teman-teman IBI pernah mendengar teks Explanation dalam bahasa Inggris? Mengulas secara singkat teks eksplanasi dalam bahasa Inggris, teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses-proses yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmiah, budaya, dan lainnya.

Berikut ini akan dibahas teks eksplanasi dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan terjadinya hujan. Lihat ini

  • Kita semua pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya hujan, biasanya saat hujan kita suka dengan sesuatu yang hangat, maka tidak heran jika kita melihat banyak orang yang suka minum teh hangat atau kopi
  • hangat sebagai teman mereka saat itu. hujan.
  • Lalu apa arti dari hujan itu?
  • Jika kita berbicara tentang hujan, maka hujan adalah suatu proses presipitasi, yaitu jatuhnya sejumlah cairan yang berasal dari atmosfer bumi telah ada baik yang beku maupun cair yang turun ke permukaan bumi.
  • Atmosfer pada saat itu sangat membutuhkan hujan dalam proses pencarian suhu yang sesuai dengan titik leleh es di dekat dan di atas permukaan bumi.
  • Adapun Bumi, hujan adalah fenomena pengembunan, yaitu suatu peristiwa perubahan zat atau benda menjadi benda atau zat lain.
  • Yang mana proses tersebut adalah proses perubahan uap air hujan di atmosfer menjadi butir-butir air yang jatuh ke bumi.
  • Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian hujan.
READ  Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

B. Proses Terjadinya Hujan

Mengikuti Proses Terjadinya Hujan

Setelah kita mengetahui penjelasan singkat mengenai pengertian hujan, maka pada bab ini kita akan membahas tentang proses terjadinya hujan.
Secara ringkas, proses terjadinya hujan dapat dibagi menjadi 4 tahap:

1. Bantuan panas matahari

Pembantu matahari adalah faktor terjadinya hujan

Matahari merupakan faktor penting bagi terciptanya hujan di bumi, tanpa bantuan panas matahari maka rasanya tidak mungkin akan terjadi proses hujan.
Efek panas sinar matahari terhadap air di sungai, danau, laut dan samudera melakukan penguapan ke udara, dan panas matahari juga dapat menyebabkan penguapan yang terjadi pada manusia, hewan, tumbuhan dan benda lain yang mengandung air.

2. Pemadatan Kelembaban dengan Suhu Tinggi

Suhu Air Pemadatan
Selanjutnya, setelah air yang ada di bumi naik ke udara dengan berubah menjadi uap air, maka panas akan mengubah suhu uap air menjadi padat sehingga berubah menjadi embun. Kemudian semakin banyak embun yang terkumpul menjadi titik-titik yang semakin besar dengan dibantu suhu panas sehingga akan menjadi Cumulus.
Berdasarkan penelitian, pada tahap ini tetesan-tetesan air memiliki ukuran 5-20 mm dimana pada ukuran ini tetesan-tetesan air akan jatuh ke bumi dengan kecepatan 0,01-5 cm/s sedangkan kecepatan aliran udara ke bagian atas jauh lebih tinggi sehingga tetesan udara yang terbentuk tidak akan jatuh ke bumi.

3. Bantuan Angin

Proses Terjadinya Bantuan Angin Hujan
Setelah titik-titik awan di langit dan membentuk awan kecil, kemudian angin di udara membawa awan dan saling bertabrakan untuk bersatu membentuk kumpulan awan yang besar, setelah awan berubah menjadi besar, maka awan akan bergerak naik lagi ke titik suhu yang lebih rendah, hingga akhirnya awan akan berubah menjadi abu-abu.

READ  Contoh Kata Sandang: properti, fungsi, font, jenis

4. Hujan

Proses Penurunan Hujan
Setelah awan kecil bersatu dan membentuk awan besar, semakin lama warna awan akan semakin keabu-abuan karena banyaknya kandungan air, setelah kumpulan air semakin besar dan tidak terbendung lagi karena beratnya, maka butiran-butiran air akan jatuh ke bumi yang disebut dengan fenomena hujan. Penjelasan singkat tentang proses terjadinya hujan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Panas matahari menyebabkan penguapan air di muka bumi.
  • Menghasilkan awan uap-uap air yang naik dari Bumi.
  • Angin membawa awan dari benjolan kecil ke satu sama lain dan berkumpul menjadi awan besar.
  • Angin menjadi semakin kelabu karena semakin banyaknya kadar air, sehingga air turun ke bumi sebagai hujan.
  • Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian hujan dan hujan, semoga bermanfaat.

Kita semua pasti sangat familiar dengan yang namanya hujan, biasanya saat hujan kita menyukai sesuatu yang hangat, maka tidak heran jika kita melihat banyak orang yang suka minum teh hangat atau kopi panas sebagai teman saat hujan.

Lalu apa yang dimaksud dengan hujan?

Jika kita berbicara tentang hujan, maka hujan adalah proses presipitasi, yaitu jatuhnya sejumlah zat cair dari atmosfer bumi yang berbentuk cair atau beku yang jatuh ke permukaan bumi.

Hujan sangat membutuhkan suasana di dalam pro

Sumber :