Definisi e-book: definisi, jenis, sumber, kekuatan

Pahami ebook
Buka baca cepat
E-book atau e-book yang merupakan singkatan dari buku elektronik adalah buku yang disimpan dalam bentuk file dan biasanya diakhiri sebagai PDF dan dapat diunduh atau dikirim langsung ke email (email). Email artinya email. Ebook memang identik dengan buku elektronik. Dengan e-book, jarak tidak lagi menjadi masalah, dan buku tersebut sampai ke penerima atau pelanggan secara langsung dan tidak dipungut biaya. Jika e-book gratis, e-book bisa langsung diunduh. Saat e-book dibayar, pembayaran biasanya dilakukan terlebih dahulu dan kemudian dapat diunduh atau dikirim melalui email. Umumnya, untuk memperkecil file dan mempermudah pengunduhan (bila jumlah file besar), semua file dikompresi (dikompresi) menjadi satu file yang diakhiri dengan .zip. Untuk mengekstrak file, cukup klik dua kali file zip tersebut. Windows XP SP2 / SP3, Windows Vista dan Windows 7 membukanya secara otomatis. Selain format PDF, ada juga e-book dengan format .chm, .html, .doc dan lain-lain. Namun yang paling umum digunakan adalah PDF.

Definisi-e-book-definisi-jenis-sumber-kekuatan

Selain format .zip (akhiran), format lain mungkin juga ada. Setelah buku (e-book) diunduh, buku tersebut dapat dibaca di komputer tanpa harus terhubung ke Internet (offline). Untuk membaca file PDF, Anda dapat menggunakan Adobe Reader, Nitro Reader, atau program lain yang dapat membaca file PDF. Adobe Reader atau Nitro Reader dapat diunduh secara gratis dari Internet. E-book tidak hanya bisa dibaca di komputer, tetapi juga bisa dicetak di atas kertas, sedangkan format kertas dan resolusi cetaknya tergantung dari produsen e-book tersebut. Jika e-book dilindungi dari pencetakan, atau dengan kata lain fungsi pencetakan dimatikan, e-book hanya dapat dibaca dengan komputer dan tidak dapat dicetak di atas kertas. Jika e-book dikunci dengan kata sandi (kata sandi ditentukan), e-book tidak dapat dibaca sampai kata sandi (kata sandi) telah dipasang di e-book.
Jenis e-book

Jenis e-book berikut adalah:

Pertama, e-book yang tertutup dan hanya dapat dibaca dengan alat dan program khusus. Kedua, e-book yang dapat dibaca oleh berbagai perangkat digital (tidak secara spesifik). Dengan tipe pertama, setiap file hanya dapat dibaca dengan perangkat yang disiapkan khusus, mis. B. merek Rocket dan Softbook. Perangkat kerasnya portabel (portabel). Tidak hanya teks yang ditampilkan, tetapi juga suara video. Tentunya terdapat fitur polling untuk memudahkan pembaca berpindah-pindah. Perangkat atau reader jenis ini (e-book reader) masih kurang populer karena resolusi layarnya masih jauh lebih rendah dari resolusi kertas. Jika sebuah buku kertas bisa menawarkan resolusi 1200 dpi (titik per inci) sehingga mata kita tidak pernah bosan membaca, e-book seringkali hanya bisa mencapai 105 dpi atau bahkan 72 dpi. Pantas saja pembacanya sering mengeluh sakit kepala. Bentuk dan ukuran alat bacaan yang tersedia saat ini mirip dengan buku biasa, tetapi mungkin sedikit lebih berat.

Selain itu alat ini membutuhkan baterai yang masih pendek.

Jadi kalau lupa di charge akan kesal apalagi jika asyik membaca novel dan baterainya habis, seketika akan habis. Jenis e-book kedua yang tersedia di Internet adalah membaca di berbagai perangkat digital, dari (desktop, laptop hingga PDA (Personal Digital Assistants)). Kunci dari e-book jenis ini tentu saja adalah penggunaan bahasa presentasi standar. Perusahaan seperti Microsoft, Glassbook, dan Librius bekerja sama dengan Institut Nasional untuk Standar dan Teknologi untuk mencapai kesepakatan tentang standar presentasi teks untuk e-book yang dapat dibaca di komputer mana pun. Sudah ada standar yang bisa dibaca di berbagai perangkat digital, yaitu Open E-Book Publication Structure terbitan 1999 yang menggabungkan Hypertext Markup Language (HTML) dan eXtensible Markup Language (XML). Dengan standar ini, penerbit mana pun dapat membuat buku digital tanpa harus memikirkan versi yang berbeda untuk alat bacaan yang berbeda.
Selengkapnya: Video Link Bokeh Museum Full HD Download No Sensor terbaru

READ  Pengertian Selubung Mielin, Sturktur, Fungsi, dampak

Sumber daya e-book

Ada beberapa sumber buku elektronik yang bisa dicari di internet, baik gratis maupun prabayar untuk diakses.

Buku elektronik di Indonesia

Sumber buku elektronik legal di Indonesia telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dengan dibukanya Buku Sekolah Elektronik (BSE), antara lain. BSE adalah buku elektronik legal dengan lisensi terbuka untuk

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/