Media visual adalah – Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Jenis

Memahami media visual
Buka baca cepat

Media Visual (Daryanto, 1993: 27) yang berarti bahwa semua alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat dinikmati dengan panca indera. Media visual (gambar atau simile) memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Media visual dapat memfasilitasi pemahaman dan memperkuat daya ingat. Visual juga dapat merangsang minat siswa dan menciptakan hubungan antara konten mata pelajaran dan dunia nyata.

Media-visual-adalah-Pengertian-Fungsi-Manfaat-dan-Jenis

Agar efektif, elemen visual harus ditempatkan dalam konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan elemen visual (gambar) untuk memastikan bahwa pemrosesan informasi berlangsung. Dengan demikian, media visual dapat diartikan sebagai sarana pembelajaran yang hanya berfungsi untuk memfasilitasi pemahaman dan memperkuat daya ingat terhadap isi topik.

Media visual bergerak adalah media yang dapat menampilkan atau memecah gambar atau bayangan yang dapat bergerak pada layar yang bias, mis. Misalnya: gambar bias yang ditampilkan oleh gambar bergerak dan film loop.

Penggunaan media bergerak dan tidak bergerak apapun, tergantung situasi dan kondisi operasi, tidak lepas dari kelebihan dan kekurangannya.

Fitur dan keunggulan media visual

Media visual digunakan untuk membawa pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan dikirim ditampilkan dalam simbol visual. Selain itu, media visual berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas penyajian ide, mendeskripsikan atau menghias fakta yang dapat dengan cepat terlupakan jika tidak divisualisasikan.
Jenis media visual

READ  Penerapan Bioteknologi

Media Visual terdiri dari:

1. Media yang tidak diproyeksikan

Benda tersebut tidak perlu dipresentasikan di dalam kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke benda tersebut. Keunggulan dari Realia Media ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada para siswa. Misalnya untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem dan organ tumbuhan.

Model adalah benda buatan dalam bentuk tiga dimensi yang merepresentasikan atau menggantikan benda nyata. Penggunaan model untuk mengatasi batasan tertentu sebagai pengganti Realia. Misalnya untuk mempelajari sistem lokomotor, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, ekskresi dan saraf pada hewan.

Media grafis tergolong media visual yang menyampaikan pesan melalui simbol visual. Media grafis berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas presentasi di kelas, dan menggambarkan suatu fakta atau konsep yang mudah dilupakan jika dilakukan hanya melalui penjelasan verbal.
2. Media proyeksi

Transparansi OHP adalah alat bantu pengajaran pribadi yang nyata karena ruang kelas tetap seperti biasa dan guru dapat bertemu dengan siswa secara langsung (tanpa harus berpaling dari siswa). Perangkat untuk media transparansi termasuk perangkat lunak (overhead transparansi / OHT) dan perangkat keras (overhead projector / OHP). Adapun teknik pembuatan media transparansi yaitu:

Ekstraksi dari barang cetakan menggunakan teknik tertentu.

Buat sendiri secara manual.

Frame / slide film adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm, dengan frame berukuran 2 x 2 inchi. Satu paket berisi beberapa film bingkai yang dipisahkan satu sama lain. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang lebih baik. Sedangkan kerugiannya adalah biaya produksi dan peralatan yang lebih mahal dan kurang praktis. Proyektor slide diperlukan untuk presentasi.

Pengenalan berbagai media visual, diantaranya sebagai berikut:
1. Media grafis

READ  Pengertian Afinitas Elektron, Sifat, Jenis Dan Polanya

Media grafis adalah media visual yang merepresentasikan fakta, ide atau gagasan melalui representasi kata, kalimat atau angka serta simbol / gambar. Grafik biasanya digunakan untuk menarik perhatian. Memperjelas penyajian ide dan mengilustrasikan kata-kata sehingga menarik dan mengingat perhatian orang.

Gambar / foto adalah media yang paling sering digunakan. Gambar / foto adalah bahasa yang paling umum sehingga mudah dimengerti.
Baca lebih lanjut: Peradaban Mesopotamia

Kelebihan atau kelebihan gambar atau foto sebagai media pembelajaran adalah:

Memberikan tampilan yang konkret.
Gambar dapat mengatasi batasan temporal dan spasial.
Gambar atau foto bisa mengatasi batasan pengamatan kita.
Dapat memperjelas masalah di area mana pun dan untuk semua kelompok umur.
Harganya murah dan mudah didapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.

2. Sketsa

Sketsa adalah

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/