5 Momen Paling Bersejarah yang Tertangkap Kamera

5 momen paling bersejarah yang terekam kamera, kejam dan sadis!

momen-tertangkap-kamera

Setiap momen yang terjadi tidak terulang. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang mengabadikan momen terbaik mereka dalam foto dan video.

Seperti halnya sejarah dunia yang tidak akan pernah terulang, berbagai peristiwa penting telah terjadi di masa lalu dan sebuah cerita yang tak terlupakan telah ditulis.

Menariknya, ada banyak momen di masa lalu yang terekam kamera, lho! Dengan begitu, momen-momen tersebut bisa dikenang, meski hanya melalui foto atau video.

Nah, disinilah Jaka akan mengulas beberapa momen paling bersejarah yang terekam kamera. Baca selengkapnya di bawah ini, yuk!
Abadikan momen penting dengan kamera

Selama ini sudah banyak foto yang secara tidak sengaja mengabadikan momen-momen penting dan bersejarah dari masa lalu.

1. Kepala suku Maori

Salah satu foto sejarah yang paling menakutkan adalah foto Mayor Jenderal Horatio Gordon Robley. Foto ini diambil saat melayani di Selandia Baru pada tahun 1860.

Selain ketertarikannya pada tato wajah suku Maori, ia juga mengoleksi koleksi kepala suku asli Maori sebagai bentuk koleksi artefak pribadinya.

Meski terkesan sadis, kepala yang didapatnya berasal dari orang Maori yang tewas di medan perang.

2. Bom terbang V-1 “Buzz Bomb”

Nazi Jerman meluncurkan senjata pertamanya yang dikenal sebagai V-1. Pemukiman di London (Inggris) dan Antwerpen (Belgia) dibom dengan bom ini pada 13 Juni 1944.

READ  Tokoh dunia dalam penjelajah lautan dan gambar mereka

Para insinyur persenjataan Nazi Jerman merancang senjata ini agar bisa terbang dengan bebas. Oleh karena itu, V-1 dilengkapi dengan sayap di kanan dan kiri rudal.

Angkatan Udara Jerman atau Luftwaffe adalah pihak utama yang mengelola rudal pertama yang disebut Bom Buzz. Bom ini mengeluarkan suara khas saat terbang menuju sasaran.

3. Genosida Armenia

Pria berpakaian rapi di foto di atas adalah orang Turki. Dia menggoda anak-anak dan orang-orang lapar dengan sepotong roti.

Foto ini diambil selama Genosida Armenia. Pembersihan etnis orang-orang Armenia secara genosida dimulai pada 24 April 1915.

Diperkirakan 600.000 hingga 1.000.000 orang Armenia tewas akibat pembantaian tersebut. Yang lainnya diculik, disiksa dan diperkosa sampai harta benda mereka dijarah.

4. Pembantaian Nanking

Pada 13 Desember 1937, pasukan Jepang menguasai ibu kota Republik Tiongkok, Nanking. Mereka membunuh dan menyiksa warga sipil selama enam minggu.

Menurut Time, hingga 250.000 orang dikatakan tewas dalam pembantaian Nanking. Kejadian ini meninggalkan luka yang dalam bagi masyarakat Tionghoa.

Bahkan hingga saat ini, peristiwa menjelang Perang Dunia II masih menjadi topik kontroversial bagi warga Jepang dan Tiongkok.

5. Tragedi balon udara panas Hindenburg

Hindenburg adalah alat transportasi udara berupa balon yang dapat bergerak dengan tenaganya sendiri dan terbang dengan menggunakan gas hidrogen.

Transportasi udara, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1852 oleh seorang Prancis, Henri Giffard, melihat sebuah peristiwa yang masih dikenang hingga saat ini.

Balon udara panas Hindenburg terbakar saat berusaha mendarat di Lakehurst, New Jersey, AS pada 6 Mei 1937. 36 penumpang dan awak tewas dalam tragedi ini.

Sumber :