Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi

Pengertian & Perbedaan Pendidikan Tinggi

pengertian-universitas

Pendidikan tinggi di Indonesia terbagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu kelompok pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

  • Kelompok pendidikan akademik dalam proses pendidikan dan pengajaran memiliki fokus pada penguasaan dan pemahaman ilmu pengetahuan bagi lulusannya, sedangkan untuk
  • Kelompok pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pada proses pengajaran dan pendidikan persiapan kelulusan agar dapat menerapkan / mengaplikasikan keahliannya.

Perguruan Tinggi yang menawarkan pendidikan akademik dan / atau vokasi juga dapat dibedakan berdasarkan jenjang dan juga program studi yang mereka tawarkan seperti universitas, institut, kolese, politeknik, akademi dan akademi komunitas. Setiap perguruan tinggi memiliki arti yang sama, namun ciri dan ciri khasnya masih bisa dilihat.

Definisi Universitas

Perguruan tinggi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan / atau teknologi. Jika sudah memenuhi persyaratan maka universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
Universitas juga menyelenggarakan kegiatan atau kegiatan dalam arti pendidikan yang sangat luas, selain pendidikan akademik juga ada pendidikan vokasi dan profesi.

Definisi Institut

Lembaga adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat / dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi pada sejumlah rumpun ilmu pengetahuan dan / atau teknologi tertentu dan jika memenuhi persyaratan, lembaga tersebut juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesional.

Perbedaannya adalah sejumlah rumpun Ilmu serta teknologi tertentu. Jadi pada hakikatnya lembaga ini lebih terbatas dari pada universitas yang cakupannya sangat luas. Jadi hanya di beberapa kelompok ilmu dan teknologi.

READ  17 Vocabulary Corner: Part of House (Bagian dari Rumah)

Contoh yang paling mudah misalnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Semua jurusan di ITB, meski ada beberapa kelompok keilmuan, semuanya hanya fokus pada unsur teknik dan teknologi. Jadi, Institut lebih fokus dan juga terbatas di bidangnya dibanding universitas.

Definisi Sekolah Menengah Atas

Sekolah menengah atas adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu dan jika memenuhi persyaratan, sekolah menengah tentunya juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesional.

Pendidikan tinggi bahkan dalam definisi dan diferensiasi yang lebih sempit, yaitu hanya dalam satu bidang ilmu. Contohnya adalah Sekolah Menengah Agama Islam (hanya fokus pada pendidikan di bidang Agama Islam), Keguruan dan Perguruan Tinggi Pendidikan (hanya berfokus pada pendidikan dan rumpun ilmu pengajaran), atau juga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (hanya fokus pada pendidikan di bidang kesehatan). ilmu).

Memahami Politeknik

Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai bidang atau kelompok Ilmu dan Teknologi dan apabila memenuhi persyaratan maka politeknik tersebut tentunya dapat menyelenggarakan pendidikan profesional.

Bedanya, Politeknik ini lebih menitikberatkan pada pendidikan vokasi, lebih mengarah pada penyiapan alumni untuk bisa langsung mengaplikasikan ketrampilan / keahliannya. Tentu saja keahliannya bisa bermacam-macam, bisa di bidang teknologi, ekonomi atau sebagainya. Biasanya levelnya ada level Diploma.

Memahami Academy

Akademi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi pada satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu. Akademi ini lebih sempit dibandingkan SMA dan politeknik, karena hanya menjalankan program pendidikan di satu atau hanya beberapa cabang ilmu saja.

Beberapa contoh dari akademi ini misalnya,

  • Akademi Kebidanan,
  • akademi keperawatan, atau
  • Akademi Militer
  • Akademi Polisi.
READ  Fakta sosial: Pengertian, Ciri, Jenis, Jenis, Contoh

Bedanya jika Akademi hanya fokus pada poin-poin keilmuan yang dipelajari sesuai dengan nama pendidikannya. Kalau Akmil (akademi militer), maka fokusnya hanya pada pendidikan vokasi militer, serta akademi lainnya.

Community Academy adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi pada jenjang satu dan / atau dua ijazah dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Akademi komunitas adalah universitas yang cakupannya paling sempit. Hanya vokasi, itupun hanya diploma jenjang satu dan dua dalam satu atau beberapa bidang ilmu. Di Indonesia akademisi ini sangat langka

Sumber :