Hindari 5 Kebiasaan buruk Ini ! Agar Plat Kopling Mobil Awet

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini! Sehingga cakram kopling mobil menahan

Hindari 5 Kebiasaan buruk Ini ! Agar Plat Kopling Mobil Awet

1. Kebiasaan menginjak pedal kopling terus menerus

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah penggunaan pedal kopling yang terus menerus diinjak. Kondisi ini tidak berdampak negatif jika tahap tidak mengaktifkan kopling. Namun saat diaktifkan, kopling pasti akan semi-terhubung, sehingga piringan kopling bisa terlihat seperti digosok atau di-ground. Jika ini terjadi terus-menerus, cakram kopling akan cepat aus. Untuk itu, disarankan agar Anda tidak malas mengangkat kaki dari pedal kopling mobil.
2. Kebiasaan menginjak kopling setengah

Kebiasaan buruk selanjutnya yang harus dihindari hampir sama dengan di atas, hanya saja kebiasaan buruk menginjak setengah kopling ini memang disengaja dari pihak pengemudi. Dimana keadaan setengah kopling adalah keadaan dimana kopling tertekan atau tidak tertekan. Ini biasanya dilakukan oleh pengemudi di lampu merah. Sebaiknya gunakan rem tangan untuk berhenti dan meletakkan transmisi di posisi netral di lampu merah agar cakram kopling awet dan tidak cepat aus.
3. Kebiasaan memulai dengan 2 kursus

Kebiasaan buruk berikutnya yang harus dihindari adalah menghindari start di gigi 2. Biasanya ini terjadi pada pengendara yang baru belajar atau mengemudi, start di urutan ke-2 sambil jalan lebih mudah karena tidak terlalu galak. Namun kebiasaan ini menyebabkan performa kopling menjadi semakin berat.
Viral: Jajaran Mobil Mewah Terkeren Populer di Indonesia
4. Kebiasaan malas meletakkan gigi pada posisi netral

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengendara saat malas di lampu merah adalah memindah transmisi ke posisi netral, sehingga kebiasaan buruk menginjak pedal kopling mobil merupakan cara efektif bagi pengendara. Saat lampu lalu lintas kembali hijau, mereka tinggal melepas rem tangan sambil akselerasi dan melepas pedal kopling. Namun tentu saja hal ini dapat menyebabkan keausan yang cepat pada piringan kopling mobil Anda dan bahkan dapat menjadi berbahaya jika Anda secara tidak sengaja mengendurkan plunger, yang dapat mengakibatkan Anda menabrak kendaraan di depan mobil Anda.
5. Kebiasaan ragu-ragu di tanjakan

READ  Video Bokeh Museum

Kebiasaan buruk terakhir yang harus dihindari adalah ragu-ragu pada tanjakan. Kebiasaan ini bisa terjadi karena keraguan, yang bisa menyebabkan pengendara sering mengganti gigi saat akan menanjak. Tak heran jika banyak pemilik mobil mengeluh kopling mobilnya mati setelah diajak berjalan di jalan yang banyak tanjakan, seperti di pedesaan di sebelah gunung.

Sumber :