Senyawa kimia: sifat, jenis, sifat, nama, jenis, rumus

Pengertian senyawa kimia
Buka baca cepat

Senyawa kimia adalah partikel kimia murni yang terdiri dari dua atau lebih partikel yang telah rusak lagi dan menjadi partikel yang darinya dibuat melalui reaksi kimia. Setiap senyawa kimia dapat dibedakan dengan rumus kimia, dengan mempertimbangkan jumlah atom penyusunnya. Senyawa kimia dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, dari padat, cair, hingga gas.

Senyawa-kimia-sifat-jenis-sifat-nama-jenis-rumus
Sifat senyawa kimia

Berikut ini adalah beberapa sifat dari senyawa kimia, diantaranya sebagai berikut:

Senyawa kimia adalah bentuk partikel tunggal
Ini dapat diperluas lagi sebagai jumlah partikel yang sesuai dengan beberapa partikel yang membuat atau membentuknya melalui proses atau reaksi kimia.
Bangunan atau partikel digunakan untuk membangun koneksi lain. Hal ini menyebabkan bentuk senyawa kimia tersebut berkontradiksi dengan bentuk partikel penyusunnya.
Senyawa kimia dibuat dengan menggabungkan partikel kimia dengan persamaan tertentu.

Jenis senyawa kimia

Berikut beberapa jenis senyawa kimia, diantaranya sebagai berikut:

Senyawa organik

Senyawa organik adalah suatu bentuk senyawa kimia yang dihubungkan oleh karbon dan hidrogen sebagai partikel utamanya. Namun, partikel lain seperti oksigen, halogen, sulfur dan fosfor juga diperoleh dalam senyawa ini.

Senyawa oksida

Senyawa oksida adalah suatu bentuk senyawa kimia yang partikelnya terdiri dari partikel oksigen dan partikel lainnya. Biasanya, senyawa ini muncul karena oksidasi partikel yang diciptakan oleh oksigen atmosfer.
Baca lebih lanjut: catatan kaki

READ  Penerapan Bioteknologi

Koneksi dasar

Senyawa basa adalah bentuk senyawa kimia yang melepaskan atau menghirup ion H +. Senyawa ini memiliki pH lebih besar dari 7 dan menghilangkan ion OH.

Senyawa ionik

Senyawa ionik adalah suatu bentuk senyawa kimia yang terbentuk dari partikel ionik. Partikel ion diambil dengan menggunakan gaya elektrostatis.
Sifat senyawa kimia

Di bawah ini adalah beberapa sifat dari senyawa kimia, diantaranya sebagai berikut:

Reaksi kimia membentuk senyawa dari beberapa partikel kimia.
Bentuk suatu senyawa tidak sesuai dengan bentuk partikel penyusunnya. Ini karena rasio partikel gabungan yang dimainkan dalam suatu senyawa kimia.
Senyawa dapat diregangkan menjadi partikel tertentu.
Itu tidak bisa diselesaikan secara fisik.

Jenis reaksi senyawa kimia

Berikut ini adalah beberapa reaksi dari senyawa kimia yaitu:
Baca lebih lanjut: Peninjau adalah

1. Reaksi substitusi

Reaksi substitusi adalah reaksi untuk mengganti satu atom dengan atom lainnya. Reaksi substitusi juga disebut sebagai reaksi penggantian tunggal. Reaksi substitusi dengan nukleofil disebut reaksi substitusi nukleofilik (SN), sedangkan reaksi substitusi dengan elektrofil disebut reaksi substitusi elektrofilik. Dalam reaksi substitusi, baik elektrofil dan nukleofil menggantikan atom hidrogen dan atom lain dalam gugus fungsi suatu senyawa. Secara umum, senyawa aromatik dan alifatik masuk ke dalam reaksi substitusi elektrofilik dimana atom H diganti dengan elektrofil.
2. Reaksi penggantian ganda

Reaksi penggantian ganda adalah reaksi di mana dua senyawa bertukar pasangan ion atau ikatan untuk membentuk senyawa baru yang berbeda.
3. Reaksi dasar

Reaksi elementer adalah reaksi degradasi paling sederhana di mana produk samping dapat muncul. Reaksi elementer hanya terdiri dari satu atau dua molekul karena molekul sulit untuk bergabung dalam reaksi ini.
4. Reaksi penjumlahan
Reaksi adisi adalah reaksi untuk memutuskan ikatan rangkap atau rangkap tiga menjadi ikatan kovalen tunggal. Reaksi adisi dapat digunakan untuk membedakan alkana dan alkena. Reaksi adisi elektrofilik adalah reaksi di mana elektrofil menggantikan ikatan rangkap membentuk karbokation dan kemudian bereaksi dengan nukleofil. Aturan Markovnikov menyatakan bahwa untuk molekul polar dalam alkena atau alkuna, dengan penambahan heterolitik, atom dengan keelektronegatifan lebih besar terikat pada atom karbon dengan jumlah atom hidrogen yang terikat paling sedikit.
5. Reaksi eliminasi
Reaksi eliminasi adalah reaksi itu

READ  Fakta sosial: Pengertian, Ciri, Jenis, Jenis, Contoh

 

LIHAT JUGA:

 

https://memphisthemusical.com/
https://officialjimbreuer.com/
https://timeisillmatic.com/
https://votizen.com/
https://boutiquevestibule.com/
https://ariatemplates.com/
https://worldbeforeher.com/
https://thinknext.net/
https://bootb.com/
https://excite.co.id/